4 Pemain Tajam EPL yang Tak Dibawa Inggris ke Euro 2024 

Dominic Solanke tak dipilih meski mencetak 21 gol semusim

Intinya Sih...

  • Dominic Solanke mencetak 21 gol dan 4 assist dari 42 penampilan bersama Bournemouth
  • Performa fantastisnya tidak membuat Gareth Southgate memasukkannya dalam skuad Timnas Inggris Euro 2024
  • Southgate lebih memilih Harry Kane, Ollie Watkins, dan Ivan Toney di posisi penyerang tengah

Sederet pemain asal Inggris menunjukkan performa yang cukup menjanjikan di level klub sepanjang English Premier League (EPL) 2023/2024. Tak sedikit dari mereka tampil tajam dan menjadi tumpuan di klub masing-masing.

Performa apik di level klub membuat beberapa nama dilibatkan dalam skuad asuhan Gareth Southgate proyeksi Euro 2024 yang dimulai pada 15 Juni 2024 mendatang. Sayangnya, keterbatasan kuota pemain membuat sejumlah nama pemain tak masuk skuad The Three Lions meski tampil moncer di klub masing-masing sepanjang EPL 2023/2024.

Empat pemain EPL berikut tampaknya harus menahan mimpi membela Timnas Inggris di Euro 2024. Apa pertimbangan Gareth Southgate atas keputusan ini? 

1. Callum Wilson tak berada dalam performa terbaiknya karena diganggu cedera

4 Pemain Tajam EPL yang Tak Dibawa Inggris ke Euro 2024 Callum Wilson (newcastleunited.com)

Callum Wilson sejatinya tak berada dalam performa terbaiknya pada 2023/2024 ini. Dirinya bebeerapa kali harus menepi lantaran cedera. Meski begitu, ia tetap mampu menunjukkan ketajamannya dengan mengemas 10 gol dan 1 assist dari 26 penampilan bersama Newcastle United di berbagai ajang.

Performa yang ditunjukkan pemain berusia 32 tahun itu belum dirasa belum cukup oleh Southgate. Pasalnya, posisi penyerang tengah di skuad The Three Lions diisi oleh beberapa pemain yang memang tampil fantastis pada musim ini. Sepanjang kariernya, Wilson baru mencatatkan 9 caps dengan torehan 2 gol bersama Timnas Inggris.

Baca Juga: 4 Pemain Liverpool yang Dipanggil Timnas Inggris ke Euro 2024

2. Elijah Adebayo mencetak hattrick saat Luton Town menang telak 4-0 atas Brighton

4 Pemain Tajam EPL yang Tak Dibawa Inggris ke Euro 2024 Elijah Adebayo (instagram.com/eadebayo_)

Luton Town harus kembali tampil di kasta kedua sepak bola Inggris, Championship, musim depan. Mereka dipastikan degradasi bersama dua tim lainnya yang juga berstatus sebagai tim promosi, yaitu Burnley dan Sheffield United. Meski begitu, beberapa pemainnya sejatinya menunjukkan performa yang menjanjikan sepanjang musim ini.

Elijah Adebayo menjadi salah satu pemain Luton Town yang layak mendapat perhatian lebih. Di berbagai ajang musim ini, ia mengemas 10 gol dari 32 penampilan. Pemain berusia 26 tahun itu bahkan sempat mencetak hattrick saat bertemu Brighton & Hove Albion pada pekan ke-22 di EPL.

3. Carlton Morris menjadi mesin gol Luton Town dengan mengemas 11 gol

4 Pemain Tajam EPL yang Tak Dibawa Inggris ke Euro 2024 Carlton Morris (instagram.com/carlton_morris)

Bersama Elijah Adebayo, Carlton Morris juga tampil apik bersama Luton Town sepanjang musim ini. Selain menjadi mesin gol, kemampuannya dalam memimpin juga membuatnya menjadi kapten tim di klub berjuluk The Hatters tersebut. Di berbagai ajang pada musim ini, ia berhasil mengemas 11 gol dari 43 penampilan.

Sepanjang kariernya, Morris belum pernah tampil membela timnas senior Inggris. Pemain berusia 28 tahun itu hanya mencatatkan dua caps untuk timnas Inggris U-19. Peluang untuk menembus skuad The Three Lions tampaknya tak akan mudah lantaran ia memang perlu bersaing dengan deretan penyerang top lain.

4. Dominic Solanke tak dipilih meski mencetak 21 gol sepanjang musim 2023/2024

4 Pemain Tajam EPL yang Tak Dibawa Inggris ke Euro 2024 Dominic Solanke (instagram.com/solanke)

Dominic Solanke menjadi salah satu pemain yang paling mencuri perhatian di EPL musim ini. Meski hanya membela tim sekelas Bournemouth, ia tampil begitu tajam dengan mengemas 21 gol dan 4 assist dari 42 penampilan. Jumlah gol itu bahkan lebih banyak dari beberapa pemain top lainnya, seperti Mohamed Salah dan Son Heung Min.

Sayangnya, performanya yang fantastis sepanjang musim ini belum bikin Gareth Southgate melirik. Di posisi penyerang tengah, pelatih berusia 53 tahun itu lebih memilih memanggil Harry Kane, Ollie Watkins, dan Ivan Toney. Padahal, secara produktifitas gol, Solanke jauh lebih unggul dari Toney yang hanya mengemas empat gol sepanjang musim ini lantaran ia lebih banyak menepi akibat hukuman larangan bertanding dari kasus perjudian.

Selain empat nama pemain tajam EPL tersebut, Southgate juga memutuskan untuk tak membawa beberapa pemain yang sebelumnya termasuk langganan menghuni skuad Timnas Inggris. Di antara para pemain ternama yang tak dibawa, paling mentereng ada nama Jordan Henderson, Marcus Rashford, Jadon Sancho, Ben White, hingga Raheem Sterling.

Baca Juga: 4 Pemain Crystal Palace yang Dipanggil Timnas Inggris ke Euro 2024

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya