4 Pemain yang Lakoni Debut Bareng Timnas Indonesia pada Maret 2024

Ragnar Oratmangoen mencetak satu gol pada laga debutnya

Tim Nasional Indonesia berhasil meraih hasil maksimal dalam dua laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Maret 2024. Dua kali bersua Vietnam, anak asuh Shin Tae Yong berhasil meraih dua kemenangan sekaligus.

Rizky Ridho dkk awalnya hanya mampu menang tipis 1-0 saat menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3/2024). Kemudian, pada pertemuan kedua di My Dinh Stadium, Selasa (26/3/2024), skuad Garuda berhasil membantai tuan rumah, Vietnam, dengan skor telak 3-0.

Hasil apik itu tak terlepas dari performa yang ditunjukkan beberapa pemain debutan. Kepercayaan yang diberikan Shin Tae Yong mampu mereka balas dengan performa yang menjanjikan.

Berikut empat pemain yang lakoni debut bareng timnas Indonesia pada Maret 2024.

1. Nathan Tjoe-A-On main selama 45 menit saat Indonesia menjamu Vietnam di SUGBK

4 Pemain yang Lakoni Debut Bareng Timnas Indonesia pada Maret 2024Nathan Tjoe-A-On (nomor 14) (pssi.org)

Nathan Tjoe-A-On merupakan pemain berusia 22 tahun yang berposisi utama sebagai bek kiri. Pemain kelahiran Rotterdam, Belanda, itu kini membela salah satu klub yang berlaga di Eredivisie, Heerenveen. Selama semusim ini, Heerenveen meminjam jasanya dari klub kasta kedua Inggris, Swansea City.

Setelah menjalani proses naturalisasi, pemain yang memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya itu mencatatkan debutnya saat Indonesia bertemu Vietnam di SUGBK. Pada laga itu, ia bermain selama 45 sebagai bek kiri sebelum akhirnya digantikan sang pencetak gol kemenangan, Egy Maulana Vikri, pada babak kedua.

2. Jay Idzes membawa Indonesia mencatatkan clean sheet

4 Pemain yang Lakoni Debut Bareng Timnas Indonesia pada Maret 2024Jay Idzes (nomor 4) (instagram.com/jayidzes)

Jay Idzes mendapat sorotan pada laga debutnya bersama Timnas Indonesia. Penampilannya di lini pertahanan menuai pujian dari berbagai pihak. Ketenangannya mengawal pertahanan bersama Justin Hubner dan Rizky Ridho berhasil membuat gawang Indonesia tak kebobolan satu gol pun saat mengalahkan Vietnam 1-0 di SUGBK.

Penampilannya bahkan makin membaik saat skuad Garuda melawat ke Vietnam. Pada laga keduanya bersama Indonesia, ia berhasil mencetak satu gol yang merupakan gol pembuka pada laga itu. Dengan usia yang masih 23 tahun, tentu Indonesia berharap banyak kepadanya.

Baca Juga: Timnas Indonesia Mulai Padu dengan Filosofi Permainan Shin Tae Yong

3. Thom Haye debut saat Indonesia bertandang ke Vietnam

4 Pemain yang Lakoni Debut Bareng Timnas Indonesia pada Maret 2024Thom Haye (pssi.org)

Berbeda dengan Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes, Thom Haye harus menunggu sedikit lebih lama untuk melakoni debut bareng Timnas Indonesia. Meski begitu, debutnya berakhir dengan cukup manis. Bermain selama 90 menit sebagai gelandang bertahan, ia membawa Indonesia menang telak di kandang Vietnam.

Pemain berusia 29 tahun itu merupakan rekan setim Nathan Tjoe-A-On di Heerenveen. Di level klub, ia mendapat menit bermain reguler musim ini. Di Eredivisie Belanda 2023/2024, ia sendiri telah mencatatkan 24 pertandingan dengan torehan 3 gol.

4. Ragnar Oratmangoen mencetak satu gol pada laga debutnya

4 Pemain yang Lakoni Debut Bareng Timnas Indonesia pada Maret 2024Ragnar Oratmangoen (instagram.com/0ratmangoen)

Debut Ragnar Oratmangoen bersama Timnas Indonesia berakhir dengan sangat manis. Ia mencetak satu gol dan membawa Indonesia menang telak 3-0 di kandang Vietnam. Pada laga itu, ia bermain selama 90 menit di sisi kiri lini serang.

Proses gol pemain berusia 26 tahun itu cukup ciamik. Setelah menerima umpan dari Nathan Tjoe-A-On, ia melakukan tusukan dari sisi kiri melewati beberapa pemain Vietnam sebelum akhirnya melakukan tendangan keras ke gawang mereka dengan kaki kiri. Penjaga gawang Vietnam, Filip Nguyen, yang sempat mampu membaca arah bola pun gagal mengantisipasi tendangan tersebut.

Kehadiran para pemain di atas berdampak cukup signifikan kepada permainan timnas Indonesia. Selain itu, mereka juga membawa Indonesia mengakhiri rekor buruk tak pernah menang di kandang Vietnam selama 20 tahun terakhir. Kini, Indonesia hanya butuh tiga poin lagi untuk meraih tiket ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga: 3 Debutan Timnas Inggris pada Jeda Internasional Maret 2024

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Suka nonton Highlight Ajax Amsterdam sewaktu kecil, tapi jadi fans MU pada akhirnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya