5 Pembelian Pemain Termahal Fulham Sepanjang Masa

Calvin Bassey direkrut dari Ajax Amsterdam

Sebagai salah satu tim promosi di English Premier League (EPL) 2022/2023, Fulham mampu tampil cukup apik. Di bawah arahan Marco Silva, The Cottagers mampu finis di posisi ke-10. Capaian itu lebih baik dari 2 tim promosi lainnya, yakni Bournemouth di posisi ke-15 dan Nottingham Forest di posisi ke-16.

Klub yang bermarkas di Craven Cottage itu tentunya ingin membuat capaian yang lebih baik lagi pada musim depan. Pada bursa transfer musim panas 2023, mereka telah mendatangkan seorang bek tengah dari Ajax Amsterdam, Calvin Bassey. Biaya yang dikeluarkan Fulham untuk merekrutnya menjadikannya salah satu rekrutan pemain termahal Fulham sepanjang masa. Termasuk Bassey, berikut kami ulas 5 rekrutan pemain termahal Fulham.

1. Jean Michaël Seri

5 Pembelian Pemain Termahal Fulham Sepanjang MasaJean Michaël Seri (fulhamfc.com)

Kedatangan Jean Michaël Seri ke Craven Cottage pada musim panas 2018 menjadikannya pemain termahal yang pernah didatangkan Fulham. Sebanyak 30 juta euro atau sekitar Rp500 miliar dikeluarkan The Cootagers pada saat itu. Itu sekaligus mengakhiri kebersamaan Seri dengan klub Prancis, OGC Nice, yang telah berlangsung sejak musim panas 2015.

Selama membela Fulham, ia mencatatkan 70 pertandingan dan mengoleksi 2 gol dan 9 assist. Pemain asal Pantai Gading itu juga turut mengantarkan The Cottagers menjuarai Championship 2021/2022. Pada musim panas 2022, ia hengkang ke Hull City dengan status bebas transfer.

2. Frank Anguissa

5 Pembelian Pemain Termahal Fulham Sepanjang MasaFrank Anguissa (instagram.com/anguiss_29)

Frank Anguissa didatangkan dari klub Prancis, Marseille, pada awal musim 2018/2019. Setelah menjadi andalan di lini tengah Les Phocéens pada musim sebelumnya, ia didatangkan ke Craven Cottage dengan biaya sebesar 24,8 juta euro atau sekitar Rp414 miliar. Pada musim pertamanya di EPL, ia mencatatkan 22 pertandingan.

Pada musim panas 2022, ia dipermanenkan Napoli setelah sempat menjadi pemain pinjaman pada musim sebelumnya. Hal itu lantaran ia mampu diandalkan di lini tengah. Kepindahan pemain timnas Kamerun itu ke Napoli berbuah manis ketika ia berhasil mengantarkan I Partenopei meraih trofi Serie A 2022/2023.

Baca Juga: Frank Anguissa, Jangkar Napoli di Jantung Timnas Kamerun 

3. Aleksandar Mitrovic

5 Pembelian Pemain Termahal Fulham Sepanjang MasaAleksandar Mitrovic (instagram.com/aleksandar_mitrovic_45)

Meski bukan salah satu klub top Inggris, Fulham memiliki seorang bomber tajam. Ia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah timnas Serbia, Aleksandar Mitrovic. Pada musim panas 2018, ia direkrut dari Newcastle United dengan biaya sebesar 24,7 juta euro atau sekitar Rp411 miliar.

Penampilan terbaik Mitrovic bersama Fulham terjadi pada 2021/2022. Berlaga di Championship, ia berhasil mencetak 43 gol dan 7 assist dari 46 pertandingan. Catatan itu sekaligus menjadikannya sebagai top skor.

4. Calvin Bassey

5 Pembelian Pemain Termahal Fulham Sepanjang MasaCalvin Bassey (instagram.com/cbasseyy)

Fulham berhasil mendaratkan seorang bek muda asal Nigeria pada musim panas 2023.  Calvin Bassey hengkang dari Ajax setelah sempat menjadi andalan di lini pertahanan pada musim lalu. The Cottagers menebusnya dengan biaya sebesar 22,5 juta euro atau sekitar Rp375 miliar.

Pemain berusia 23 tahun itu hanya semusim membela Ajax. Ia didatangkan dari klub Skotlandia, Rangers, pada musim panas 2022. Selama semusim itu, ia berhasil mencatatkan 39 pertandingan dan mencetak 1 gol dan 5 assist.

5. João Palhinha

5 Pembelian Pemain Termahal Fulham Sepanjang MasaJoão Palhinha (instagram.com/joaopalhinha6)

Joao Palhinha merupakan nama terakhir dalam daftar ini. Fulham menjadi klub non-Portugal pertama yang ia bela. Pada musim panas 2022, ia digaet dari Sporting CP dengan biaya sebesar 20 juta euro atau sekitar Rp333 miliar.

Berposisi utama sebagai gelandang bertahan, ia menjadi andalan bagi The Cottagers. Pemain yang meraih trofi Liga Portugal 2020/2021 mencatatkan 35 pertandingan dan mencetak 3 gol pada musim debutnya di EPL. Pemain berusia 28 tahun itu juga tercatat telah memainkan 21 pertandingan bersama Timnas Portugal.

Kedatangan Bassey tentunya akan menambah kedalaman skuad The Cottagers. Tosin Adarabioyo dan Issa Diop yang menjadi andalan di lini belakang pada musim lalu juga tentunya akan mendapat pesaing kuat. Patut dinantikan kiprah The Cottagers setelah kedatangan Bassey.

Baca Juga: 10 Potret Joao Palhinha, Gelandang Anyar Fulham asal Portugal

Firdaus Ala Illiyyin Photo Verified Writer Firdaus Ala Illiyyin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya