5 Penjualan Pemain Termahal RC Lens Sepanjang Masa

Ada pemain RC Lens yang hijrah ke Al Nassr!

RC Lens mampu tampil memukau di Ligue 1 Prancis 2022/2023. Anak asuh Franck Haise finis di posisi kedua klasemen akhir dengan raihan 84 poin. Ini merupakan pencapaian terbaik Les Sang et Or sejak promosi dari Ligue 2 pada 2020.

Performa impresif tersebut otomatis melambungkan nama beberapa pemainnya. Terbaru, sebanyak 2 pemain mereka direkrut klub lain dengan harga yang tidak murah. Hal itu juga membuat keduanya mengisi daftar penjualan pemain termahal dalam sejarah klub. Berikut kami ulas 5 penjualan termahal RC Lens sepanjang masa.

1. Lois Openda

5 Penjualan Pemain Termahal RC Lens Sepanjang MasaLois Openda (instagram.com/l.openda)

Luis Openda merupakan pemain termahal yang pernah dijual RC Lens. Ia diboyong RB Leipzig dengan biaya sebesar 43 juta euro atau sekitar Rp720 miliar. Pemain Timnas Belgia tersebut diikat kontrak hingga 5 musim ke depan.

Sejak didatangkan dari Club Brugge pada musim panas 2022, ia mampu menunjukkan penampilan yang mengesankan sebagai seorang penyerang. Dari 42 pertandingan, ia berhasil mencetak 21 gol dan 4 assist di semua ajang. Tak heran RB Leipzig mau merekrutnya dengan biaya yang tidak murah.

2. Seko Fofana

5 Penjualan Pemain Termahal RC Lens Sepanjang MasaSeko Fofana (rclens.fr)

Pemain RC Lens tak luput dari pantauan klub Arab Saudi. Klub Cristiano Ronaldo, Al-Nassr, merekrut  kapten RC Lens pada 2022/2023, Seko Fofana. Sang pemain diboyong dengan mahar sebesar 25 juta euro atau sekitar Rp418 miliar.

Sejak bergabung dengan RC Lens dari klub Italia, Udinese Calcio, pada musim panas 2022, Fofana mampu menunjukkan penampilan yang mengesankan. Berposisi sebagai gelandang, ia mampu menjadi andalan dan pemimpin bagi rekan setimnya. Pencapaian RC Lens di Ligue 1 2022/2023 tentunya tak lepas dari pemain asal Pantai Gading itu.

Baca Juga: 9 Fakta Datro Fofana, Pemain Muda Teranyar Chelsea asal Pantai Gading

3. Cheick Doucoure

5 Penjualan Pemain Termahal RC Lens Sepanjang MasaCheick Doucoure (instagram.com/cheick.doucoure20)

Cheick Doucoure merupakan pemain asal Mali yang berposisi sebagai gelandang. Ia membela RC Lens pada 2018-2022. Pada musim panas 2022, ia hengkang ke EPL dengan membela Crystal Palace yang menebusnya dengan biaya sebesar 22,6 juta euro atau sekitar Rp378 miliar.

Bergabung dengan RC Lens ketika masih berusia 18 tahun, ia mampu tampil apik dan menjadi andalan. Pemilik 12 caps bersama tim nasional itu turut mengantarkan Les Sang et Or promosi ke kasta tertinggi pada 2020. Bersama Crystal Palace, ia terikat kontrak hingga 2027.

4. Loic Bade

5 Penjualan Pemain Termahal RC Lens Sepanjang MasaLoic Bade (instagram.com/l.bade28)

Selanjutnya, ada pemain berkebangsaan Prancis yang biasa bermain sebagai pemain bertahan. Loic Bade membela RC Lens pada 2020/2021. Direkrut secara gratis dari Le Havre AC, ia mampu tampil impresif hingga menarik Rennes untuk merekrutnya pada musim panas 2021 dengan biaya sebesar 17 juta euro atau sekitar Rp283 miliar.

Pada paruh kedua 2022/2023, ia dipinjamkan Rennes ke Sevilla. Selama setengah musim tersebut, ia turut mengantarkan Los Palanganas meraih trofi Liga Europa. Saat Sevilla menyingkirkan Manchester United di babak perempat final, ia turut menyumbang 1 gol.

5. El-Hadji Diouf

5 Penjualan Pemain Termahal RC Lens Sepanjang MasaEl-Hadji Diouf (fifa.com)

Kepindahan El-Hadji Diouf ke Liverpool pada musim panas 2002 masih tercatat sebagai salah satu penjualan pemain termahal dalam sejarah RC Lens. Saat itu, The Reds merekrutnya dengan biaya sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp251 miliar. Liverpool yang saat itu dilatih Gérard Houllier kepincut olehnya setelah musim yang menjanjikan bersama RC Lens.

Sebelum memutuskan pensiun dari sepak bola profesional pada 2016, ia sempat membela beberapa klub. Salah satu klub yang ia bela adalah klub Saddil Ramdani, Sabah FC. Saat ini, ia menjabat sebagai direktur olahraga di Guédiawaye FC.

RC Lens hampir saja mampu meruntuhkan dominasi Paris Saint-Germain di Ligue 1. Bahkan, mereka hanya berjarak 1 poin dari skuad yang diisi beberapa pemain bintang, seperti Kylian Mbappe, Lionel Messi, dan Neymar tersebut. Mampukah mereka kembali mencatatkan penampilan apik di Ligue 1 2023/2024?

Baca Juga: 5 Pemain RC Lens dengan Nilai Pasar Tertinggi pada 2022/2023

Firdaus Ala Illiyyin Photo Verified Writer Firdaus Ala Illiyyin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya