Rapor 4 Laga Juventus di Serie A pada Maret 2024, Tak Pernah Menang!

Desakan #AllegriOUT makin menguat

Intinya Sih...

  • Juventus kini berjarak 17 poin dengan Inter Milan di puncak klasemen Serie A 2023/2024.
  • Rentetan hasil buruk, kini Juventus malah bersaing berebut tiket ke UEFA Champions League 2024/2025 dengan Bologna.
  • Juventus hanya meraih 1 kemenangan dari 9 laga terakhir, memperkuat desakan #AllegriOUT di media sosial.

Peluang Juventus untuk menjuarai Serie A 2023/2024 pupus. Dengan torehan 59 poin dari 30 laga yang telah dijalani, anak asuh Massimiliano Allegri kini berjarak 17 poin dengan Inter Milan di puncak klasemen. Padahal, pada awal paruh kedua berlangsung mereka masih menjadi pesaing terkuat Inter Milan meraih scudetto dengan hanya berjarak beberapa poin saja.

Rentetan hasil buruk sepanjang 2024 bikin Juventus harus mengubur asa itu. Performa tim pada Maret 2024 pun makin memperparah keadaan. Jangankan scudetto, kini Juventus malah sedang ketar-ketir bersaing dengan Bologna merebutkan tiket jatah ke UEFA Champions League (UCL) 2024/2025. 

1. Juventus takluk 1-2 di kandang Napoli

Rapor 4 Laga Juventus di Serie A pada Maret 2024, Tak Pernah Menang!Napoli melawan Juventus di Serie A 2023/2024. (legaseriea.it)

Juventus gagal meraih poin saat datang ke markas Napoli, Minggu (3/3/2024). Oleh Victor Osimhen dkk. yang tak meraih kemenangan dalam tiga laga sebelumnya, Si Nyonya Tua takluk 1-2. Kurang maksimalnya lini depan dalam memanfaatkan peluang emas menjadi salah satu faktor kekalahan Juventus pada laga tersebut.

Napoli mampu memimpin terlebih dahulu pada laga itu berkat gol yang dicetak Khvicha Kvaratskhelia pada menit 42. Juventus yang terus menerus memberikan perlawanan akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit 81 melalui tendangan keras Federico Chiesa. Sayang, peluang Si Nyonya Tua untuk meraih satu poin di Stadio Diego Armando Maradona gagal setelah Giacomo Raspadori mencetak gol penentu kemenangan bagi Napoli pada menit 88.

Baca Juga: 5 Kiper Asing yang Menjadi Pilihan Utama Klub Serie A 2023/2024

2. Juventus susah payah meraih satu poin saat menjamu Atalanta pada pekan ke-28

Rapor 4 Laga Juventus di Serie A pada Maret 2024, Tak Pernah Menang!Juventus melawan Atalanta di Serie A 2023/2024. (legaseriea.it)

Menjamu Atalanta di kandang sendiri pada pekan ke-28, Minggu (10/3/2024), seharusnya menjadi momen penting bagi Juventus untuk bangkit setelah kalah dari Napoli. Sayangnya, status tuan rumah gagal dimanfaatkan Si Nyonya Tua. Tampil tanpa Vlahović di lini depan, Juventus ditahan imbang 2-2.

Hasil seri ini sekaligus membuat Juventus akhirnya melorot satu peringkat ke posisi 3. Mereka tergeser oleh AC Milan yang menang tipis 1-0 atas Empoli pada pekan yang sama. Sejak saat itu, Juventus belum mampu lagi kembali ke posisi 2.

3. Juventus kembali tak mampu menang di kandang saat menjamu Genoa pada pekan ke-29

Rapor 4 Laga Juventus di Serie A pada Maret 2024, Tak Pernah Menang!Juventus melawan Genoa di Serie A 2023/2024. (legaseriea.it)

Setelah hanya berbagi poin dengan Atalanta, Juventus kembali tak mampu menang pada pekan selanjutnya. Kembali tampil di hadapan pendukung sendiri, Si Nyonya Tua ditahan imbang Genoa dengan skor 0-0. Menurunkan Vlahovic dan Chiesa sebagai ujung tombak, Juventus gagal menembus rapatnya pertahanan tim tamu.

Beberapa peluang emas gagal dimaksimalkan Juventus pada laga tersebut. Salah satunya tandukan Vlahovic pada menit 75 yang masih melambung di atas gawang. Penampilan apik kiper Genoa, Josep Martínez, juga menjadi salah satu faktor kegagalan Si Nyonya Tua mencetak gol pada laga itu.

4. Kebobolan di menit akhir, Juventus kalah 0-1 dari Lazio pada pekan ke-30

Rapor 4 Laga Juventus di Serie A pada Maret 2024, Tak Pernah Menang!Lazio melawan Juventus di Serie A 2023/2024. (legaseriea.it)

Setelah menjalani tiga laga tanpa kemenangan, Juventus justru kehilangan Dusan Vlahovic saat tandang ke markas Lazio pada pekan ke-30, Sabtu (30/3/2024), akibat menjalani hukuman kartu merah yang ia terima di laga sebelumnya. Nahas, Juventus tetap tak tampil ngotot sama sekali. Mereka tidak bermain seperti tim haus kemenangan yang sudah tak mereka rasakan dalam 8 laga terakhir.

Sudah tak bermain apik selama 90 menit, mereka malah kebobolan gol menit akhir dari sundulan Adam Marusic pada menit 90+3 yang jadi penentu kemenangan Lazio. Satu-satunya gol ke gawang Wojciech Szczęsny pada laga itu terjadi melalui proses yang cukup mengejutkan. Pasalnya, pemain Juventus sebetulnya sudah menumpuk di kotak penalti ketika momen itu terjadi. Namun, entah apa yang mereka jaga di dalam kotak penalti tersebut saat Marusic dengan bebasnya menyambut umpan silang Guendozi.

Pada masa bakti keduanya ini, apa yang ditampilkan Massimiliano Allegri jauh lebih buruk dibandingkan Juventus era Luigi Del Neri medio 2010-an silam. Catatan 1 kemenangan dari 9 laga ini jadi bukti bahwa Allegri tak lagi relevan menangani Juventus. Tak heran jika tagar #AllegriOUT pun makin masif beredar di linimasa media sosial. 

Baca Juga: 5 Kemenangan Napoli atas Juventus di Laga Kandang Serie A Italia

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Suka nonton Highlight Ajax Amsterdam sewaktu kecil, tapi jadi fans MU pada akhirnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya