5 Rekrutan Gratis Terakhir Galatasaray dari Klub Inggris, Zaha Terbaru

Terdapat nama Juan Mata dan Wilfried Zaha

Klub-klub Super Lig Turki seringkali menjadi tujuan para pesepak bola yang hengkang dari klub Inggris. Hal ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi klub-klub tersebut. Pengalaman mereka merumput di salah satu liga terbaik dunia diharapkan mampu mendongkrak prestasi klub yang mereka bela. Bahkan, beberapa di antaranya direkrut dengan status bebas transfer.

Yang terbaru, Galatasaray telah mendatangkan Wilfried Zaha dari Crystal Palace secara gratis. Ia sekaligus menambah deretan pemain yang pernah direkrut Galatasaray secara gratis dari klub Inggris. Termasuk Zaha, berikut lima pemain terakhir yang diboyong Galatasaray dari klub Inggris secara gratis.

1. Ryan Babel

5 Rekrutan Gratis Terakhir Galatasaray dari Klub Inggris, Zaha TerbaruRyan Babel (instagram.com/ryanbabel)

Ryan Babel merupakan mantan pemain Liverpool dan Fulham. Pada musim panas 2019, ia didatangkan Galatasaray setelah kontraknya habis bersama Fulham. Pemain berusia 36 itu hanya bermain untuk Fulham selama setengah musim.

Bersama Galatasaray hingga musim panas 2022, ia mengoleksi 17 gol dan 8 assist dari 100 pertandingan di semua ajang. Salah satu golnya ia cetak ketika bersua Marseille di Liga Europa 2021/2022. Pada 2022/2023, ia bermain untuk Eyüpspor dan ditugaskan sebagai kapten tim.

2. DeAndre Yedlin

5 Rekrutan Gratis Terakhir Galatasaray dari Klub Inggris, Zaha TerbaruDeAndre Yedlin (instagram.com/yedlinny)

DeAndre Yedlin didatangkan Galatasaray pada Februari 2021 setelah hanya bermain dalam 6 pertandingan bersama Newcastle United pada paruh pertama EPL 2020/2021. Ia telah menjadi bagian dari The Magpies sejak 2016. Secara total, pemain asal Amerika Serikat itu mencatatkan 125 pertandingan dan mencetak 3 gol dan 11 assist bersama Newcastle United di semua ajang.

Kebersamaan Yedlin dengan Galatasaray hanya berlangsung selama satu musim. Pada Februari 2022, ia kembali ke negaranya dan bermain untuk klub yang saat ini dibela Lionel Messi, Inter Miami. Pemilik 81 caps bersama tim nasional itu terikat kontrak hingga 2025.

Baca Juga: 7 Pemain Terakhir yang Didatangkan Galatasaray dari Liga Inggris

3. Patrick van Aanholt

5 Rekrutan Gratis Terakhir Galatasaray dari Klub Inggris, Zaha TerbaruPatrick van Aanholt (instagram.com/patrickvanaanholt)

Patrick van Aanholt merupakan pemain yang pernah membela beberapa klub Inggris. Memulai karier profesionalnya di Chelsea dan sempat pindah ke Sunderland pada 2014, ia lalu hengkang ke Crystal Palace pada 2017. Pemain berusia 32 tahun itu bermain untuk The Eagles hingga 2021 sebelum hengkang ke Galatasaray secara gratis.

Bersama Sarı Kırmızılılar, total ia telah mencatatkan 62 pertandingan dan mencetak 3 gol dan 5 assist hingga kini. Namun, sejak Januari 2023, ia dipinjamkan ke klub Belanda, PSV Eindhoven hingga Juni 2024. Meski begitu, ia berhak atas trofi Super Lig 2022/2023.

4. Juan Mata

5 Rekrutan Gratis Terakhir Galatasaray dari Klub Inggris, Zaha TerbaruJuan Mata (instagram.com/juanmatagarcia)

Selanjutnya, ada mantan bintang Manchester United dan Chelsea. Setelah membela The Red Devils selama lebih dari 8 musim, ia hengkang ke Galatasaray pada September 2022 dengan status bebas transfer. Dengan pengalaman dan kualitas yang ia miliki, sebuah keuntungan tentunya bagi klub yang bermarkas di Türk Telekom Arena itu.

Dari 18 pertandingan, Mata berhasil mencetak 3 gol dan 2 assist . Peraih trofi Piala Dunia 2010 itu turut mengantarkan Galatasaray menjuarai Super Lig 2022/2023. Sejak berpisah dengan Galatasaray pada akhir musim 2022/2023, ia masih berstatus tanpa klub hingga kini.

5. Wilfried Zaha

5 Rekrutan Gratis Terakhir Galatasaray dari Klub Inggris, Zaha TerbaruWilfried Zaha (instagram.com/wilfriedzaha)

Wilfried Zaha menjadi pemain Galatasaray terakhir yang didatangkan dari klub Inggris secara gratis. Ia berpisah dengan Crystal Palace setelah bermain untuk klub tersebut sejak 2015. Sebelumnya, ada beberapa klub yang dirumorkan menginginkan jasanya, seperti Atletico Madrid, Lazio, Fenerbahce, dan Al Nassr.

Meski performanya telah menurun, ia diharapkan mampu membawa menjadi ujung tombak Galatasaray pada musim depan. Kualitas dan pengalamannya tak perlu diragukan lagi. Di EPL, secara total ia telah mencetak 68 gol dan 43 assist dari 305 pertandingan.

Di Galatasaray, Zaha akan bekerja sama dengan beberapa pemain berpengalaman lainnya. Salah satunya ialah mantan pemain AS Roma, Nicolò Zaniolo. Dengan kedatangan Zaha, mampukah Galatasaray mempertahankan gelar juara Super Lig?

Baca Juga: 5 Pemain Afrika yang Flop Bersama Manchester United, Ada Zaha

Firdaus Ala Illiyyin Photo Verified Writer Firdaus Ala Illiyyin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya