5 Rekrutan Gratis Terakhir Boca Juniors dari Klub Eropa, Ada Cavani

Tiga mantan pemain Manchester United

Pamor Liga Argentina memang tak sementereng liga-liga di Eropa. Meski begitu, beberapa klub memiliki daya tarik tersendiri di mata para pencinta sepak bola. Sejumlah pemain top dunia juga tercatat pernah bermain untuk beberapa klub Argentina dalam perjalanan karier mereka.

Yang terbaru, pemain yang telah malang-melintang di Eropa, Edinson Cavani, direkrut salah satu klub tersukses di negara yang terletak di Amerika Selatan itu, Boca Juniors. Diboyong secara gratis dari Valencia, ia sekaligus mengikuti jejak beberapa pemain lain yang pernah bergabung dengan Xeneizes secara gratis dari klub Eropa dalam beberapa musim terakhir.

1. Daniele De Rossi membela Boca Juniors setengah musim setelah pergi secara gratis dari AS Roma

5 Rekrutan Gratis Terakhir Boca Juniors dari Klub Eropa, Ada CavaniDaniele De Rossi (bocajuniors.com.ar)

Daniele De Rossi hanya bermain untuk dua klub selama karier profesionalnya. Setelah 17 tahun membela AS Roma, ia hengkang ke Boca Juniors dengan status bebas transfer. Pengabdian panjangnya untuk I Giallorossi layak membuatnya menjadi salah satu legenda klub.

Pemilik 117 caps bersama Timnas Italia itu sendiri hanya membela Boca Juniors selama setengah musim. Meski begitu, ia turut mengantarkan klub asal Buenos Aires itu meraih trofi kasta tertinggi Liga Argentina pada 2020. Setelah mengumumkan pensiun pada Januari 2020, De Rossi sempat menjadi pelatih klub kasta ketiga Italia, SPAL.

2. Marcos Rojo meninggalkan Eropa untuk kembali ke Argentina dan menjadi kapten Boca Juniors

5 Rekrutan Gratis Terakhir Boca Juniors dari Klub Eropa, Ada CavaniMarcos Rojo (instagram.com/marcosrojo)

Pada Februari 2021, Marcos Rojo memutuskan meninggalkan sepak bola Eropa dan pulang kampung untuk membela Boca Juniors. Beberapa klub Eropa yang pernah ia bela adalah Spartak Moscow, Sporting CP, dan Manchester United. Beberapa gelar telah ia menangi bersama The Red Devils, salah satunya Liga Europa 2016/2017.

Dengan segudang pengalaman yang dimiliki, Rojo ditunjuk untuk menjadi kapten Xeneizes. Lebih dari 2 musim membela Boca Juniors, ia telah memenangi 4 trofi. Pemilik 61 caps untuk Timnas Argentina itu terikat kontrak hingga Desember 2023.

3. Facundo Roncaglia kembali ke Boca Juniors setelah merantau ke Eropa

5 Rekrutan Gratis Terakhir Boca Juniors dari Klub Eropa, Ada CavaniFacundo Roncaglia (instagram.com/facuroncaglia10)

Facundo Roncaglia merupakan pemain berpaspor Argentina yang biasa bermain sebagai pemain bertahan. Sepanjang kariernya, ia mengoleksi 14 pertandingan untuk La Albicelestes. Pertandingan melawan Bolivia pada 2017 tercatat menjadi pertandingan terakhirnya.

Memulai karier profesional ketika diorbitkan dari akademi Boca Juniors, ia lalu beberapa kali pindah klub. Rocaglia sempat mencicipi Serie A Italia dan LaLiga Spanyol. Pada musim panas 2022, ia pulang ke klub masa kecilnya, Boca Juniors, setelah kontraknya dengan klub asal Siprus, Aris Limassol, berakhir. Pada 2022/2023, ia mencatatkan 21 pertandingan dan mencetak 1 gol di semua ajang.

4. Sergio Romero, rekan setim di Argentina dan MU, menyusul Marcos Rojo ke Boca Jurniors

5 Rekrutan Gratis Terakhir Boca Juniors dari Klub Eropa, Ada CavaniSergio Romero (instagram.com/sergioromero)

Sergio Romero menyusul mantan rekan setimnya di Timnas Argentina dan Manchester United, Marcos Rojo, dengan bergabung ke Boca Juniors. Ia direkrut dari klub kasta kedua Italia, Venezia. Pemain berusia 36 tahun itu tercatat hanya semusim membela Venezia.

Memulai kariernya dengan bermain untuk Racing Club, ia bertualang ke Eropa pada 2007. Selain MU dan Venezia, ia tercatat pernah bermain untuk klub Eropa seperti AZ Alkmaar, Sampdoria, dan AS Monaco. Meski tak lagi muda, ia mampu menjadi andalan untuk Boca Juniors dengan mencatatkan 31 pertandingan pada 2022/2023.

5. Edinson Cavani baru pindah ke Boca Juniors setelah menghabiskan waktu di Valencia

5 Rekrutan Gratis Terakhir Boca Juniors dari Klub Eropa, Ada CavaniEdinson Cavani (instagram.com/cavaniofficial21)

Edinson Cavani akan berkarier di Argentina setelah lebih dari 16 musim berkarier di Eropa. Semusim membela Valencia, ia direkrut Boca Juniors dengan status bebas transfer. Pada usianya yang telah menginjak 36 tahun, ia diharapkan mampu memberi pengaruh positif kepada skuad Xeneizes.

Berbagai gelar telah Cavani menangi sepanjang kariernya. Ketika membela Paris Saint-Germain, pemilik 58 gol untuk Timnas Uruguay itu tercatat memenangi 6 trofi Ligue 1 Prancis. Beberapa gelar individu juga pernah ia dapatkan, termasuk 2 gelar top skor Ligue 1 dan 1 gelar top skor Serie A.

Edinson Cavani menyusul dua eks Manchester United lain yang telah lebih dahulu bergabung dengan Boca Juniors, Marcos Rojo dan Sergio Romero. Sebuah keuntungan tersendiri bagi Xeneizes untuk mendapatkan jasa pemain dengan segudang pengalaman dalam sosok Cavani. Di bawah asuhan Jorge Almiron, ia dituntut untuk membawa Boca Juniors kembali bersaing di papan atas setelah hanya mampu finis di posisi ketujuh kasta tertinggi Liga Argentina 2022/2023.

Firdaus Ala Illiyyin Photo Verified Writer Firdaus Ala Illiyyin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya