5 Rekrutan Mahal Arsenal yang Dilepas Gratis, Pepe Hengkang!

Kontrak Nicolas Pepe diputus oleh Arsenal

Arsenal hampir meraih trofi Premier League pada 2022/2023 setelah terakhir meraihnya pada 2003/2004. Skuad asuhan Mikel Arteta yang mengandalkan beberapa pemain muda harus mengakui ketangguhan Manchester City yang pada akhirnya keluar sebagai juara. The Gunners yang finis di posisi kedua kemudian melakukan beberapa pembenahan pada musim panas 2023.

Selain mendatangkan beberapa pemain baru, Arsenal juga dipastikan melepas beberapa pemainnya. Nicolas Pepe, pemain yang dibeli dengan harga mahal pada musim panas 2019, menjadi salah satu pemain yang hengkang dari Emirates Stadium. Kepergiannya secara gratis menyusul sederet pemain lainnya yang dilepas oleh Arsenal secara gratis meski direkrut dengan harga yang tidak murah.

Berikut lima rekrutan termahal Arsenal yang dilepas secara gratis.

1. Shkodran Mustafi pergi ke Schalke setelah lebih dari 4 musim membela Arsenal

5 Rekrutan Mahal Arsenal yang Dilepas Gratis, Pepe Hengkang!Shkodran Mustafi (arsenal.com)

Kebersamaan Shkodran Mustafi dengan Arsenal bermula ketika ia direkrut dari Valencia pada musim panas 2016. The Gunners yang saat itu masih dilatih Arsene Wenger memboyongnya dengan biaya sebesar 41 juta euro atau sekitar Rp675 miliar. Kedatangannya ke Emirates Stadium bersamaan dengan Granit Xhaka yang saat itu direkrut dari Borussia Mönchengladbach.

Berposisi utama sebagai bek tengah, pemain asal Jerman itu menjadi andalan Arsenal di lini pertahanan selama beberapa musim. Namun, performanya menurun seiring berjalannya waktu. Setelah hanya tampil dalam tiga pertandingan pada paruh pertama EPL 2020/2021, ia menolak untuk memperpanjang kontrak dan memilih hengkang ke Schalke pada musim dingin 2021 secara gratis.

2. Mesut Özil hengkang ke Fenerbahce setelah dirinya dan Arsenal sepakat untuk mengakhiri kontrak

5 Rekrutan Mahal Arsenal yang Dilepas Gratis, Pepe Hengkang!Mesut Özil (arsenal.com)

Setelah menjadi andalan dan memenangi beberapa gelar bersama Real Madrid selama 3 musim, Mesut Ozil didatangkan ke Emirates Stadium pada musim panas 2013. Oleh The Gunners ia diboyong dengan harga sebesar 47 juta euro atau sekitar Rp774 miliar. Ozil kemudian menjelma pemain penting di lini tengah The Gunners.

Mesut Ozil total bermain untuk Arsenal selama lebih dari 7 musim. Dari 254 pertandingan, juara dunia 2014 itu berhasil mencetak 44 gol dan 79 assist. Pada musim dingin 2021, Ozil hengkang ke Fenerbahce secara gratis setelah dirinya dan Arsenal sepakat untuk mengakhiri kerja sama.

Baca Juga: 5 Eks Arsenal yang Bermain di Ligue 1 pada 2023/2024

3. Alexandre Lacazette pulang ke Olympique Lyon setelah 5 musim bermain di EPL

5 Rekrutan Mahal Arsenal yang Dilepas Gratis, Pepe Hengkang!Alexandre Lacazette (arsenal.com)

Penampilan apik Alexandre Lacazette bersama Olympique Lyon mampu menarik minat Arsenal yang berhasil merekrutnya pada musim panas 2017. Tak tanggung-tanggung, The Gunners menggelontorkan dana sebesar 53 juta euro atau sekitar Rp872 miliar. Torehannya di Ligue 1 Prancis 2016/2017 terbilang impresif. Dari total 30 pertandingan, ia berhasil mencetak 28 gol.

Pemain berpaspor Prancis itu selalu menjadi andalan di lini serang Arsenal selama 5 musim. Untuk The Gunners, ia berhasil mengoleksi 71 gol dan 36 assist dari 206 pertandingan di berbagai ajang. Pada musim panas 2022,  Lacazette memutuskan untuk kembali ke Olympique Lyon secara gratis setelah kontraknya bersama The Gunners berakhir.

4. Pierre-Emerick Aubameyang pergi ke Barcelona setelah sempat bersitegang dengan Mikel Arteta

5 Rekrutan Mahal Arsenal yang Dilepas Gratis, Pepe Hengkang!Pierre-Emerick Aubameyang (arsenal.com)

Pierre-Emerick Aubameyang tampil cemerlang selama bermain untuk Borussia Dortmund pada 2013—2018. Arsenal yang ditinggal dua striker sekaligus pada musim dingin 2018, Alexis Sanchez dan Oliver Giroud, tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk merekrut Aubameyang. Oleh The gunners, ia dibeli dengan harga 63,7 juta euro atau sekitar Rp1 triliun.

Pemain berpaspor Gabon itu membela The Gunners selama 4 musim. Ia menjelma menjadi salah satu pemain penting di lini serang. Musim 2018/2019 menjadi musim terbaiknya dengan catatan 31 gol dan 8 assist dari 51 pertandingan di berbagai ajang. Setelah sempat terjadi ketegangan antara dirinya dengan Mikel Arteta, pemain jebolan akademi AC Milan itu akhirnya memutuskan untuk pergi dari Emirates Stadium untuk bergabung dengan Barcelona secara gratis pada musim dingin 2022.

5. Arsenal memutus kontrak Nicolas Pépé meski masih tersisa 1 tahun

5 Rekrutan Mahal Arsenal yang Dilepas Gratis, Pepe Hengkang!Nicolas Pépé (instagram.com/nicolas.pepe19)

Kedatangan Nicolas Pepe ke Emirates Stadium pada musim panas 2019 mampu memecahkan rekor pembelian termahal klub yang sebelumnya dipegang Aubameyang. Arsenal yang saat itu dilatih Unai Emery memboyongnya dengan biaya sebesar 80 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun. Bersama klub sebelumnya, LOSC Lille, Pepe tampil tajam sebagai seorang penyerang.

Biaya besar yang dikeluarkan Arsenal tak berbanding lurus dengan penampilannya. Setelah hanya mencetak 1 gol dari 20 pertandingan di EPL 2021/2022, ia dipinjamkan ke OGC Nice pada musim berikutnya. Setelah kembali dari peminjaman, pemain asal Pantai Gading itu hengkang ke Trabzonspor secara gratis. Pihak klub memutus kerja sama dengannya meski kontraknya masih tersisa satu tahun.

Beberapa pemain tak mampu tampil sesuai ekspektasi meski diboyong dengan harga mahal. Rekor pembelian termahal Arsenal yang dipegang Nicolas Pepe bertahan selama beberapa musim sebelum akhirnya dipecahkan Declan Rice. Diboyong dari West Ham United dengan dana sebesar 116,6 juta euro atau hampir setara Rp2 triliun. Mampukah Rice memikul beban yang diberikan kepadanya?

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Pakai Nomor Punggung 19 Sebelum Nicolas Pepe

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo
  • Mayang Ulfah Narimanda

Berita Terkini Lainnya