5 Rekrutan Pemain Termahal Burnley Sepanjang Masa

James Trafford baru direkrut Burnley dari Manchester City

Tak butuh waktu lama bagi Burnley untuk kembali ke kasta tertinggi Liga Inggris, English Premier League (EPL). Setelah sempat terdegradasi pada 2021/2022, The Clarets kembali akan berlaga di EPL pada 2023/2024 setelah berhasil memuncaki klasemen akhir Championship 2022/2023. Anak asuh Vincent Kompany berhasil mengumpulkan 101 poin dari 46 pertandingan.

Kesempatan kembali berlaga di kasta tertinggi tentunya tak ingin disia-siakan oleh Burnley. Hal itu mereka buktikan dengan mendatangkan beberapa pemain pada bursa transfer musim panas 2023. Bahkan, terdapat pemain yang direkrut dengan harga yang tidak murah hingga memecahkan rekor transfer klub. Berikut kami ulas lima rekrutan termahal Burnley sepanjang masa.

1. Zeki Amdouni

5 Rekrutan Pemain Termahal Burnley Sepanjang MasaZeki Amdouni (instagram.com/zekiamdouni)

Zeki Amdouni merupakan pemain berkebangsaan Swiss yang biasa bermain sebagai penyerang. Ia direkrut dari klub yang mengoleksi 20 trofi juara Liga Swiss, FC Basel, pada musim panas 2023. Burnley menebus pemain berusia 22 tahun tersebut dengan mahar sebesar 18,6 juta euro atau sekitar Rp311 miliar.

Burnley merupakan klub Non-Swiss pertama yang ia bela. Beberapa klub Swiss yang pernah ia bela ialah Etoile Carouge, Stade-Lausanne, Lausanne-Sport, dan FC Basel. Bersama FC Basel, ia berhasil meraih gelar top skor di ajang UEFA Europa Conference League pada 2022/2023.

2. Wout Weghorst

5 Rekrutan Pemain Termahal Burnley Sepanjang MasaWout Weghorst (manutd.com)

Nama Wout Weghorst melambung ketika ia dipinjam Manchester United dari Burnley pada paruh kedua musim 2022/2023. Ia diproyeksikan untuk mengisi posisi penyerang yang saat itu baru saja ditinggalkan Cristiano Ronaldo. Bersama The Red Devils, ia mencatatkan 31 pertandingan dan mencetak 2 gol dan 3 assist.

Pemain berusia 30 tahun itu telah menjadi bagian dari Burnley sejak Januari 2022. Saat itu, ia didatangkan dari klub Jerman, VfL Wolfsburg, dengan biaya sebesar 17,5 juta euro atau sekitar Rp293 miliar. Bersama The Clarets, ia baru mengoleksi 2 gol dan 3 assist dari 20 pertandingan di semua ajang.

Baca Juga: Aksi Tepuk Simbol Anfield Berujung Kontroversi Buat Weghorst

3. James Trafford

5 Rekrutan Pemain Termahal Burnley Sepanjang MasaJames Trafford (instagram.com/jamestrafford)

Burnley menyambut EPL 2023/2024 dengan merekrut seorang penjaga gawang potensial. James Trafford diboyong dari Manchester City U-21 dengan biaya sebesar 17,3 juta euro atau sekitar Rp290 miliar. Ia diikat kontrak hingga 2027.

Belum lama ini, Trafford mencatatkan penampilan gemilang bersama tim nasional Inggris. Di ajang EURO U-21, ia tampil memukau dan membawa The Young Lions menjadi juara. Bahkan, dari 6 pertandingan, gawangnya sama sekali tak kebobolan.

4. Ben Gibson

5 Rekrutan Pemain Termahal Burnley Sepanjang MasaBen Gibson (instagram.com/benj_gibson)

Ben Gibson bermain untuk Burnley pada 2018—2021. Ia didatangkan dari Middlesbrough dengan biaya senilai 16,9 juta euro atau sekitar Rp282 miliar. Saat itu, pemain berpaspor Inggris itu berusia 25 tahun.

Selama tiga musim berseragam The Clarets, ia tidak mampu memberikan kontribusi yang cukup bagi tim. Pemain yang biasa bermain sebagai bek tersebut hanya mencatatkan 9 pertandingan dan mencetak 1 gol. Pada musim panas 2021, ia dipermanenkan Norwich setelah hanya menjadi pemain pinjaman pada musim sebelumnya.

5. Chris wood

5 Rekrutan Pemain Termahal Burnley Sepanjang MasaChris wood (instagram.com/woodsy39)

Yang terakhir ada seorang pemain berkebangsaan Australia. Chris Wood direkrut Burnley pada musim panas 2017 dari Leeds United. Ia ditebus dengan harga 16,4 juta euro atau sekitar Rp274 miliar.

Berposisi utama sebagai penyerang tengah, ia mampu tampil cukup apik bersama The Clarets. Dari 165 pertandingan, ia berhasil mencetak 53 gol dan 9 assist. Pada musim panas 2023, pemilik 33 gol bersama Timnas Selandia Baru itu direkrut Notthingham Forest dari Newcastle United.

Zeki Amdouni dan James Trafford baru saja didatangkan The Clarets pada musim panas ini. Dengan biaya yang tidak murah, mereka diharapkan mampu berkontribusi maksimal. Di bawah asuhan mantan bintang Manchester City, Vincent Kompany, mampukah The Clarets bersaing dengan klub-klub top Inggris lainnya?

Baca Juga: 6 Pemain Andalan Kompany yang Bawa Burnley Promosi ke EPL 2023/2024

Firdaus Ala Illiyyin Photo Verified Writer Firdaus Ala Illiyyin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya