5 Rekrutan Termahal RB Leipzig Sepanjang Sejarah Klub

Castello Lukeba baru saja direkrut dari Olympique Lyon

RB Leipzig ditinggal tiga pemain andalannya sekaligus pada musim panas 2023. Josko Gvardiol, Dominik Szoboszlai, dan Christopher Nkunku akan saling bersaing satu sama lain di English Premier League (EPL) 2023/2024 setelah bersama-sama mengantarkan Die Bullen finis di posisi tiga besar Bundesliga 2022/2023. Kepergian Gvardiol ke Manchester City tentu meninggalkan lubang di lini pertahanan.

Tak butuh waktu lama bagi Die Bullen untuk menyipkan pengganti pemain Timnas Kroasia itu. Klub asuhan Marco Rose telah mendapatkan jasa Castello Lukeba dari Olympique Lyon. Bahkan, nilai transfernya menjadikan pemain berusia 20 tahun itu masuk dalam daftar lima rekrutan termahal dalam sejarah klub.

1. Loïs Openda mencetak 21 gol selama semusim bersama RC Lens

5 Rekrutan Termahal RB Leipzig Sepanjang Sejarah KlubLois Openda (instagram.com/l.openda)

Kedatangan Lois Openda pada musim panas 2023 membuatnya berada di puncak daftar ini. Nilai transfernya melampaui rekor yang selama ini dipegang Josko Gvardiol kala bergabung pada 2021/2022. Biaya sebesar 43 juta euro atau sekitar Rp721 miliar dikeluarkan RB Leipzig untuk mendapatkan tanda tangannya.

Bukan tanpa alasan, Openda telah membuktikan kualitasnya di Ligue 1 bersama RC Lens. Pada 2022/2023, pemain Timnas Belgia itu mencetak 21 gol dan 4 assist dari 38 pertandingan. Bersama Die Bullen, ia diharapkan mampu melanjutkan menampilan apiknya dan mengisi peran yang ditinggalkan Christopher Nkunku.

2. Nilai pasar Josko Gvardiol meningkat pesat selama membela RB Leipzig

5 Rekrutan Termahal RB Leipzig Sepanjang Sejarah KlubJosko Gvardiol (instagram.com/josko_gvardiol)

Nama Josko Gvardiol melambung belum lama ini. Setelah penampilan impresifnya bersama RB Leipzig dan Timnas Kroasia, Manchester City memboyongnya dengan biaya fantastis sebesar 90 juta euro atau sekitar Rp1,5 triliun. Nilai itu meningkat pesat dibanding jumlah yang dikeluarkan RB Leipzig untuk merekrutnya pada musim panas 2021, yaitu 36,8 juta euro atau sekitar Rp617 miliar.

Ketangguhan lini belakang Die Bullen selama dua musim terakhir tak lepas dari peran pemain berusia 21 tahun itu. Pada 2022/2023, mereka termasuk tiga klub yang kebobolan paling sedikit dengan 41 gol. kesempatan berkembang dan meraih lebih banyak trofi tentu terbuka lebar dengan membela The Citizen.

Baca Juga: Gvardiol Bersyukur Gabung ManCity: Gak Harus Hadapi Haaland

3. Dominik Szoboszlai menjadi sosok penting di lini tengah selama lebih dari dua musim

5 Rekrutan Termahal RB Leipzig Sepanjang Sejarah KlubDominik Szoboszlai (instagram.com/szoboszlaidominik)

Tak hanya Gvardiol, kepindahan Dominik Szoboszlai ke Inggris dengan bergabung bersama Liverpool juga membuat namanya naik belum lama ini. Nilai transfernya ketika direkrut The Reds hampir setara dua kali lipat biaya yang dikeluarkan RB Leipzig saat mendatangkannya pada musim dingin 2021. Saat itu, ia diboyong dari RB Salzburg dengan biaya sebesar 36 juta euro atau sekitar Rp603 miliar.

Selama lebih dari dua musim membela Die Bullen, Pemain Timnas Hungaria itu menjadi sosok penting di lini tengah. Total ia mencatatkan 91 pertandingan dan mencetak 20 gol dan 22 assist di semua ajang. Satu gol di antaranya ia cetak ke gawang Manchester City kala bertemu di UEFA Champions League.

4. Castello Lukeba diikat kontrak hingga lima musim

5 Rekrutan Termahal RB Leipzig Sepanjang Sejarah KlubCastello Lukeba (instagram.com/jrcastello_)

Castello Lukeba merupakan seorang bek tengah berpaspor Prancis. Ia mengasah kemampuannya di akademi Olympique Lyon sejak 2011. Penantian panjangnya berbuah manis ketika dipromosikan ke tim utama pada 2021/2022. Pemain berdarah Angola itu mampu menjawab kepercayaan yang diberikan kepadanya dengan cukup baik.

Selama dua musim bersama Les Gones, ia tampil kokoh di lini pertahanan hingga mampu menjadi andalan. Berposisi utama sebagai bek tengah, ia juga mengoleksi 4 gol dari 68 pertandingan. Die Bullen mengikatnya hingga 5 musim ke depan dengan biaya sebesar 30 juta euro atau sekitar Rp504 miliar.

5. Sebelum bersinar bersama Liverpool, Naby Keïta bermain untuk RB Leipzig selama dua musim

5 Rekrutan Termahal RB Leipzig Sepanjang Sejarah KlubNaby Keita (instagram.com/keitanabydeco)

Sebelum bersinar bersama Liverpool, Naby Keita lebih dulu bermain untuk RB Leipzig. Die Bullen mendatangkannya dari RB Salzburg dengan biaya sebesar 29,7 juta euro atau sekitar Rp499 miliar. Perannya di lini tengah selama dua musim berseragam RB Leipzig sangat diandalkan.

Berposisi utama sebagai gelandang tengah, kapten Timnas Guinea itu juga beberapa kali dimainkan di posisi lain di lini tengah. Bersama Die Bullen, total ia mencatatkan 71 pertandingan dan mencetak 17 gol dan 15 assist. Setelah kontraknya bersama Liverpool berakhir, Keita kembali ke Bundesliga Jerman dengan bermain untuk Werder Bremen.

Beberapa pemain RB Leipzig jadi buruan utama oleh beberapa klub top pada musim panas 2023. Hal itu membuktikan bahwa klub tersebut merupakan tempat cocok untuk berkembang demi kebaikan karier mereka. Mampukah Castello Lukeba mengikuti jejak para pemain tersebut?

Baca Juga: 7 Pemain yang Dijual RB Leipzig pada Musim Panas 2023

Firdaus Ala Illiyyin Photo Verified Writer Firdaus Ala Illiyyin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya