5 Rekrutan Termahal Union Berlin Sepanjang Masa, Gosens di Puncak!

Union Berlin akan bermain di UCL

Penampilan Union Berlin pada 2023/2024 patut dinanti para pencinta sepak bola. Klub yang baru bermain selama 4 musim di kasta teratas Jerman itu untuk pertama kalinya akan tampil di UEFA Champions League (UCL). Tiket untuk berlaga di kompetisi Eropa didapatkan klub berjuluk Die Eisernen setelah mampu finis di posisi keempat Bundesliga 2022/2203.

Sehubungan dengan itu, klub asuhan Urs Fischer melakukan perombakan skuad pada musim panas 2023 demi bersaing di papan atas Bundesliga dan berkompetisi dengan klub-klub top Eropa di UCL. Biaya yang tak sedikit dikeluarkan klub untuk memboyong beberapa pemain baru. Bahkan, pembelian Robin Gosens dari Inter Milan memecahkan rekor pemain termahal yang pernah direkrut Union Berlin.

Berikut lima rekrutan termahal Union Berlin sepanjang masa.

1. Robin Gosens memecahkan rekor Josip Juranovic dan Taiwo Awoniyi dengan 15 juta euro

5 Rekrutan Termahal Union Berlin Sepanjang Masa, Gosens di Puncak!Robin Gosens (instagram.com/robingosens)

Union Berlin cukup serius dalam menghadapi 2023/2024. Die Eisernen bahkan mengeluarkan biaya sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp250 miliar untuk memboyong Robin Gosens dari Inter Milan. Nilai itu sekaligus memecahkan rekor yang selama ini dipegang Josip Juranovic.

Berposisi sebagai gelandang, Gosens mampu menjadi andalan selama semusim membela Nerazzurri. Pemain berusia 29 tahun itu mencatatkan total 49 pertandingan dan mencetak 4 gol. Oleh Union Berlin, ia diikat kontrak hingga 2028.

2. Josip Juranovic didatangkan pada pertengahan musim 2022/2203 dengan harga 8,5 juta euro

5 Rekrutan Termahal Union Berlin Sepanjang Masa, Gosens di Puncak!Josip Juranovic (instagram.com/jurki17)

Josip Juranovic didatangkan Union Berlin pada pertengahan musim 2022/2023. Pemain Timnas Kroasia itu diboyong dari klub Skotlandia, Celtic FC, dengan mahar sebesar 8,5 juta euro atau sekitar Rp142 miliar. Die Eisernen mengikatnya dengan kontrak hingga 2027.

Berposisi utama sebagai bek kanan, Juranovic mampu tampil cukup produktif. Pemain berusia 28 tahun itu total telah mencetak 4 gol dan 3 assist dari 19 pertandingan di semua ajang. Salah satu golnya ia cetak ke gawang Ajax Amsterdam di ajang Liga Europa.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dipinjamkan Union Berlin pada Musim Panas 2023

3. Taiwo Awoniyi tampil impresif setelah dipermanenkan dari Liverpool dengan 8,5 juta euro

5 Rekrutan Termahal Union Berlin Sepanjang Masa, Gosens di Puncak!Taiwo Awoniyi membawa bola. (instagram.com/awoniyi18)

Taiwo Awoniyi merupakan seorang striker berkebangsaan Nigeria. Pada musim panas 2022, ia dipermanenkan Union Berlin setelah hanya bermain sebagai pemain pinjaman dari Liverpool selama semusim. Biaya sebesar 8,5 juta euro atau sekitar Rp142 miliar dikeluarkan Die Eisernen untuk mendapatkan tanda tangan pemilik enam caps bersama tim nasional itu.

Setelah resmi menjadi milik Union Berlin, penampilan Awoniyi makin bersinar. Pada 2021/2022, ia mencetak 20 gol dan 5 assist dari 43 pertandingan. Pada musim panas 2022, ia memutuskan kembali berkarier di Inggris setelah menerima pinangan Nottingham Forest.

4. Diogo Leite ditebus dengan 7,5 juta euro dari FC Porto setelah dipinjam terlebih dahulu

5 Rekrutan Termahal Union Berlin Sepanjang Masa, Gosens di Puncak!Diogo Leite (fc-union-berlin.de)

Selanjutnya, ada bek tengah berpaspor Portugal. Diogo Leite dipermanenkan Union Berlin pada musim panas 2023 setelah dipinjam selama semusim dari klub Portugal, FC Porto. Pemain berusia 24 tahun itu ditebus dengan biaya sebesar 7,5 juta euro atau sekitar Rp125 miliar.

Selama masa peminjaman, Leite menjadi andalan dan tampil kokoh di lini pertahanan. Ia berhasil mencatatkan total 40 gol dan 1 assist. Jika mampu tampil apik di UCL, maka bukan tidak mungkin ia akan mendapat menit pertamanya merumput bersama tim nasional.

5. Jordan direkrut untuk menggantikan Taiwo Awoniyi dengan harga 6 juta euro

5 Rekrutan Termahal Union Berlin Sepanjang Masa, Gosens di Puncak!Jordan (bundeliga.com)

Yang terakhir, ada striker asal Amerika Serikat. Jordan baru semusim membela Union Berlin. Ia didatangkan dari klub Swiss, BSC Young Boys, dengan biaya sebesar 6 juta euro atau sekitar Rp100 miliar dengan durasi kontrak hingga 2026. Kehadiran Jordan salah satunya adalah untuk mengisi lubang yang ditinggalkan Taiwo Awoniyi.

Musim pertama pemain berusia 27 tahun itu terbilang belum maksimal. Diandalkan sebagai penyerang utama, ia hanya mencetak 5 gol dan 3 assist. Dalam perjalanan kariernya, ia telah mencatatkan 6 pertandingan dan mengoleksi 2 gol di UCL.

Pengalaman Robin Gosens bermain di UCL tentu akan berguna bagi Union Berlin. Di sisi lain, kesempatan berlaga di kompetisi Eropa harus dimanfaatkan para pemain Union Berlin untuk mampu membuat nama mereka lebih bersinar. Mampukah Union Berlin bersaing di UCL dan lolos dari babak grup?

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Union Berlin dari Sesama Klub Jerman, Siapa Saja?

Firdaus Ala Illiyyin Photo Verified Writer Firdaus Ala Illiyyin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya