3 Trofi yang Diraih Thiago Silva Bersama Chelsea

Thiago Silva akan meninggalkan Chelsea

Chelsea dipastikan akan ditinggal salah satu pemain seniornya pada akhir musim 2023/2024. Bek berusia 39 asal Brasil, Thiago Silva, telah mengonfirmasi dirinya hendak pergi dari klub yang bermaskas di Stamford Bridge tersebut.

Keputusan ini sekaligus mengakhiri kebersamaannya dengan klub yang telah ia bela sejak musim panas 2020. Pada saat itu, dirinya diboyong secara gratis dari Paris Saint-Germain. Bersama The Blues sejauh ini, Silva telah mencatatkan 151 penampilan dengan torehan 9 gol dan 3 assist di berbagai ajang.

Selama 4 musim, pemain kelahiran Rio de Janeiro, Brasil, itu juga berhasil mengantarkan Chelsea memenangi beberapa gelar bergengsi. Secara total, Chelsea berhasil memenangi tiga trofi selama dibela Silva. Berikut tiga trofi yang diraih Thiago Silva bersama Chelsea.

1. Thiago Silva langsung membawa Chelsea meraih trofi UCL pada musim pertamanya

3 Trofi yang Diraih Thiago Silva Bersama ChelseaThiago Silva (chelseafc.com)

Thiago Silva langsung mampu memberi pengaruh signifikan pada musim pertamanya membela Chelsea. Dengan segudang pengalaman yang dimiliki, dirinya berhasil membawa Chelsea memenangi UEFA Champions League 2020/2021. Selain Silva, beberapa rekrutan baru juga berperan penting atas capaian gemilang itu, seperti Kai Havertz, Timo Werner, dan Edouard Mendy.

Silva tampil dalam delapan pertandingan di UCL musim itu. Sebagai bek tengah, dirinya menjadi tembok kokoh di pertahanan The Blues. Chelsea yang saat itu dilatih Thomas Tuchel bahkan tak pernah kebobolan lebih dari 1 gol dalam 1 pertandingan.

Baca Juga: 5 Klub Eropa yang Paling Sering Mengalahkan Thiago Silva

2. Bersama Chelsea, Thiago Silva berhasil memenangi UEFA Super Cup pada 2021/2022

3 Trofi yang Diraih Thiago Silva Bersama ChelseaPara pemain Chelsea melakukan selebrasi setelah meraih trofi UEFA Super Cup 2021/2022. (twitter.com/tsilva3)

Status sebagai juara UCL 2020/2021 membuat Chelsea berhak tampil untuk memperebutkan trofi UEFA Super Cup pada 2021/2022. The Blues harus berhadapan dengan juara Europa League, Villarreal. Sebelumnya, Villarreal berhasil meraih trofi Europa League 2020/2021 setelah mengalahkan Manchester United lewat adu penalti di final.

Sayangnya, Tuchel tak memainkan Silva pada laga penting ini. Pelatih asal Jerman itu lebih memilih memasang Kurt Zouma, Antonio Ruediger, dan Trevoh Chalobah di posisi bek tengah. Tanpa Silva, The Blues berhasil meraih trofi UEFA Super Cup setelah mengalahkan Villarreal lewat adu penalti.

3. Thiago Silva membawa Chelsea juara FIFA Club World Cup 2022 tanpa perlawanan berarti

3 Trofi yang Diraih Thiago Silva Bersama ChelseaThiago Silva (chelseafc.com)

Tak hanya UEFA Super Cup, status sebagai juara UCL 2020/2021 juga membuat Chelsea berhak tampil di FIFA Club World Cup 2022. Chelsea berhasil keluar sebagai juara tanpa halangan berarti. Setelah berhasil mengalahkan Al-Hilal dengan skor 1-0 pada babak semifinal, anak asuh Thomas Tuchel mengalahkan Palmeiras pada babak final.

Thiago Silva berperan penting atas prestasi gemilang tersebut. Dirinya selalu tampil penuh dalam dua laga yang dijalani The Blues. Bersama Andreas Christensen dan Antonio Ruediger yang juga dipasang sebagai bek tengah dalam dua laga itu, Silva berhasil mempersembahkan trofi FIFA Club World Cup pertama untuk Chelsea.

Meski telah berusia 29 tahun, Silva belum memutuskan untuk gantung sepatu dari sepak bola profesional. Pemain dengan 113 caps untuk Timnas Brasil itu pun dikabarkan tengah didekati beberapa klub. Namun, kabar paling kencang menyebutkan, ia akan kembali ke klub yang ia bela sebelum bergabung dengan AC Milan, yaitu Fluminense.

Selain pernyataan hengkang, Silva juga mengungkapkan hal lain. Dirinya menyatakan, ada kemungkinan akan kembali menjadi bagian dari Chelsea dengan peran berbeda pada masa mendatang.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Tertua di Premier League, Thiago Silva Cetak Rekor!

Firdaus Ala I Photo Verified Writer Firdaus Ala I

Loving football since 6

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya