5 Bek Top yang Berpotensi Jadi Penerus Gerard Pique di Barcelona

Siapa pilihanmu, cules?

Gerard Pique adalah sosok yang akan menjadi legenda ketika memutuskan gantung sepatu. Bek asal Spanyol telah memenangi segalanya di level klub dan internasional, serta telah menjadi salah satu bek tengah terbaik di Eropa. Pique tidak hanya sosok luar biasa di lapangan, tetapi juga seorang pemimpin hebat di ruang ganti.

Kini ia sudah memasuki usia senja, 34 tahun, dan Barcelona harus segera mencari suksesornya. Mengingat kesulitan keuangan Barcelona, menggantikan sosok legendaris seperti Pique akan menjadi tugas yang sulit. Namun, status Barcelona sebagai klub elite masih memungkinkan mereka mendatangkan seorang pemain bintang. Berikut ini lima pemain yang bisa jadi penerus Geard Pique sebagai bek andalan.

1. Matthijs de Ligt

5 Bek Top yang Berpotensi Jadi Penerus Gerard Pique di BarcelonaMatthijs de Ligt (squawka.com)

Matthijs de Ligt merupakan buruan utama Barcelona pada 2018/2019 saat tampil impresif bersama Ajax. Namun, Juventus mengalahkan Blaugrana untuk mendapatkan tanda tangannya.

De Ligt sendiri mengakui bahwa dia hampir menandatangani kontrak dengan Barca, tetapi merasa bisa tumbuh lebih cepat di Juventus. Dua tahun sejak pindah ke Turin, De Ligt kesulitan beradaptasi dengan gaya bermain tim.

Dia bahkan beberapa kali hanya menjadi pelapis Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini. Mengingat krisis keuangan Juventus, mereka sangat mungkin melepas bek 22 tahun itu dengan harga yang tepat. De Ligt memiliki klausul pelepasan sebesar 160 juta euro. Namun, dengan negosiasi yang tepat, ia bisa saja dilepas dengan harga lebih rendah.

2. Aymeric Laporte

5 Bek Top yang Berpotensi Jadi Penerus Gerard Pique di BarcelonaAymeric Laporte (skysports.com)

Di bawah asuhan Pep Guardiola, Aymeric Laporte menjadi salah satu bek tengah terbaik di Eropa. Sebelum kedatangan Ruben Dias, posisinya tak tersentuh di Manchester City. Dia dikenal mampu menahan tekanan tinggi lawan. Namun, musim lalu, posisinya sempat tergantikan oleh performa apik John Stones.

Untungnya, Laporte berhasil bangkit musim ini. Dia kembali menjadi andalan Pep Guardiola. Lewat duet Laporte dan Ruben Dias, Manchester City menjadi tim kedua dengan pertahanan terbaik di Premier League dengan kebobolan enam gol.

Saat ini, dia berada di usia emasnya, 27 tahun. Dia memiliki pengalaman di La Liga bersama Athletic Bilbao. Laporte bisa menjadi suksesor yang pantas bagi Pique.

Baca Juga: 5 Bek Tengah yang Berpotensi Jadi Suksesor Gerard Pique di Barcelona

3. Diego Carlos

5 Bek Top yang Berpotensi Jadi Penerus Gerard Pique di BarcelonaDiego Carlos (twitter.com/SevillaFC_ENG)

Ketika Ivan Rakitic hengkang ke Sevilla, Barcelona bersikeras menginginkan kesepakatan pertukaran untuk Diego Carlos, tetapi itu tidak terwujud. Tim Catalan tertarik kepadanya karena penampilannya yang luar biasa musim lalu. Dia masuk dalam daftar 10 bek terbaik La Liga.

Diego Carlos dikenal karena ketenangannya dan mampu membaca permainan dengan baik. Untuk seorang bek, statistik operannya pun luar biasa. Dia juga cukup produktif dengan mencetak 2 gol dari 10 laga di La Liga musim ini. Diego Carlos bahkan mampu bermain sebagai gelandang bertahan.

4. Pau Torres

5 Bek Top yang Berpotensi Jadi Penerus Gerard Pique di BarcelonaPau Torres (villarrealusa.com)

Pau Torres menjalani musim 2020/2021 dengan luar biasa. Itu membuatnya pantas menggantikan Gerard Pique di timnas Spanyol. Dia adalah kunci Villarreal menjuarai Liga Europa musim lalu. Berkat performa impresifnya itu, Torres menjadi incaran banyak tim besar musim panas lalu, seperti Manchester United, Real Madrid, dan Barcelona.

Pada usianya yang baru 24 tahun, dia dianggap sebagai calon andalan pertahanan Spanyol berikutnya. Dia ahli dalam melakukan umpan pendek, clearance, dan tekel yang akurat. Fisiknya yang tangguh membuatnya menjadi sosok yang mahir dalam duel udara. Barcelona sendiri sudah tertarik kepada sang pemain sejak musim lalu. Musim depan bisa menjadi waktu yang tepat baginya hijrah ke klub yang lebih besar.

5. Jules Kounde

5 Bek Top yang Berpotensi Jadi Penerus Gerard Pique di BarcelonaJoules Kounde (twitter.com/EuropaLeague)

Jules Kounde hampir saja bergabung dengan Chelsea pada musim panas lalu. Namun, Sevilla membatalkan transfer tersebut pada detik akhir. Kounde memang tak memiliki tinggi yang ideal sebagai bek, tetapi dia memiliki penempatan posisi yang sangat baik. Pembacaan permainan Kounde luar biasa dan dia sosok yang tenang ketika bertahan. Di juga cepat dan mumpuni dalam membaca permainan.

Berkat performa impresifnya, bek 22 tahun itu mulai dipanggil timnas Prancis. Dia bisa menjadi bagian dari proyek jangka panjang Barcelona dengan usianya yang masih muda. Dia juga tak perlu lagi beradaptasi dengan gaya bermain La Liga, yang membuatnya memiliki nilai plus dari kandidat lainnya.

Prestasi Gerard Pique di Barcelona selama hampir 13 tahun memang akan sulit untuk digantikan. Dia bukan hanya seorang pemain, melainkan juga pemimpin yang jadi andalan tim pada saat-saat terburuk. Kini ia sudah dimakan usia. Cepat atau lambat Barcelona harus segera menemukan pengganti yang sepadan.

Baca Juga: 5 Bek Terbaik dalam Sejarah LaLiga, Gerard Pique hingga Sergio Ramos

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya