Comscore Tracker

5 Debutan Termuda dalam Sejarah Manchester City, Siapa Saja?   

Ada yang sukses, ada juga yang gagal

Dalam satu dekade terakhir, Manchester City dianggap klub paling sukses di Premier League dengan meraih 5 gelar di antaranya. Kekuatan finansial yang besar dan deretan pemain bintang membuat The Cityzens kini bertransformasi menjadi klub raksasa. Musim ini sendiri, City bahkan untuk pertama kalinya lolos ke final Liga Champions, meskipun harus kalah dari Chelsea.

Selain diisi pemain bintang, City pun kerap mempromosikan pemain akademinya, yang dikenal memiliki kualitas menjanjikan. Sepanjang sejarahnya, inilah 5 pemain debutan termuda yang pernah tampil untuk Manchester City.

1. Glyn Pardoe (15 tahun, 314 hari)

5 Debutan Termuda dalam Sejarah Manchester City, Siapa Saja?   Glyn Pardoe (fourfourtwo.com)

Glyn Pardoe telah menjadi debutan termuda klub selama lebih dari 59 tahun setelah melakukan debutnya untuk The Cityzens melawan Birmingham City pada tahun 1962. Pardoe baru berusia 15 tahun 314 hari ketika menjalani laga pertamanya itu, yang menjadi titik awal karier berkilaunya bersama City.

Dia memenangkan empat trofi utama, termasuk Premier League dan Piala Winners, sebelum dipaksa untuk pensiun menyusul tekel horor dalalm laga derby Manchester di tahun 1970.

2. Paul Simpson (16 tahun dan 68 hari)

5 Debutan Termuda dalam Sejarah Manchester City, Siapa Saja?   Paul Sampson (citytilidie.com)

Pemain sayap Paul Simpson masih anak sekolah ketika dia membuat penampilan pertamanya untuk City. Dia bermain melawan Coventry pada tahun 1982 setelah merayakan ulang tahunnya yang ke-16 dua bulan sebelumnya.

Ia kemudian tampil reguler untuk membuat lebih dari 100 penampilan untuk City sebelum pindah ke Oxford United, Derby County dan beberapa klub lain selama 23 tahun karier sebagai pemain.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Pernah Berseragam Manchester City, Para Veteran!

3. Karim Rekik (16 tahun and 294 hari)

5 Debutan Termuda dalam Sejarah Manchester City, Siapa Saja?   Karim Rekik (skysports.com)

Bek Belanda, Karim Rekik adalah lulusan akademi termuda yang bermain untuk City hingga saat ini. Rekik baru berusia 16 tahun 294 hari ketika dia tampil melawan Birmingham City pada September 2011 untuk debut seniornya.

Itu adalah salah satu dari hanya tiga penampilan yang dia buat untuk The Cityzens. Setelah dipinjamkan ke Portsmouth, Blackburn Rovers dan PSV untuk mendapatkan pengalaman bermain lebih, pada 2015 ia bergabung dengan Marseille dengan kontrak permanen.

4. Tommy Caton (16 tahun dan 297 hari)

5 Debutan Termuda dalam Sejarah Manchester City, Siapa Saja?   Tommy Caton (manchestereveningnews.co.uk)

Bek tengah Tommy Caton menjalani debutnya untuk City pada usia 16 tahun 297 hari di bawah asuhan Malcolm Allison pada Agustus 1979. Itu terbukti menjadi keputusan yang tepat. Dengan permainannya yang tenang, dia menjadi bagian reguler di tim senior dan menjadi remaja pertama yang mencatat 100 penampilan sebelum ulang tahunnya yang ke-20.

Dia terpilih sebagai MCFC Player of the Year pada musim 1981/82, tetapi setelah City terdegradasi pada 1983, Caton bergabung dengan Arsenal. Dia kemudian bermain untuk Oxford United dan Charlton Athletic. Sayangnya, Tommy meninggal karena serangan jantung pada tahun 1993 di usianya yang baru 30 tahun.

5. Marcos Lopes (17 tahun dan 9 hari)

5 Debutan Termuda dalam Sejarah Manchester City, Siapa Saja?   Marcos Lopes (mancity.com)

Marcos Lopes membuat awal yang fantastis untuk kariernya di City ketika ia turun dari bangku cadangan melawan Watford pada Januari 2013 untuk mencetak gol lewat sentuhan pertamanya.

Hasilnya, Lopes menjadi pencetak gol termuda klub di usia 17 tahun 9 hari. Luar biasanya lagi, itu juga menjadi laga debutnya di level senior. Seperti Rekik, dia pun mendapatkan sedikit kesempatan tampil di tim utama, yang membuatnya meninggalkan City ke Monaco pada 2015 lalu.

 

Meski memiliki akademi yang kerap melahirkan pemain-pemain muda potensial, mereka kadang kesulitan mendapatkan satu tempat di tim utama Manchester City. Deretan pemain bintang yang mengisi skuad jadi batu sandungan tersendiri bagi pemain muda. Meski begitu, para pemain muda di atas bisa tetap tampil memikat di klub lain.

Baca Juga: 7 Pemain Terlama yang Membela Manchester City di Era Modern

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya