Comscore Tracker

5 Pemain Bintang yang Bikin Juventus Menyesal Melepasnya, Ada Zidane

Mereka penuh telenta luar biasa

Juventus merupakan klub paling sukses di Serie A dengan 36 Scudetto. Mereka pun pernah berjaya di Eropa dengan koleksi 2 trofi Liga Champions dan 3 Liga Europa. Tidak mengherankan jika dalam sejarahnya klub ini selalu menjadi tujuan pemain-pemain bintang untuk bermain.

Strategi transfer Bianconeri selalu dinilai jitu dan efektif. Tidak jarang mereka sukses mendatangkan pemain bintang dengan harga rendah ataupun gratis. Andrea Pirlo, Paul Pogba, dan Aaron Ramsey menjadi salah satu contohnya. Meski demikian, tidak jarang mereka pun melakukan blunder dengan melepas pemain bintangnya terlalu cepat sehingga membuat fans menyesal karena klub melepasnya. Berikut ulasannya.

1. Roberto Baggio

5 Pemain Bintang yang Bikin Juventus Menyesal Melepasnya, Ada Zidanejuventus.com

Pada tahun 1990 Juventus mendapatkan Roberto Baggio dari Fiorentina dengan biaya transfer 13 juta euro. Di klub asal Turin itu dia tampil memukau selama lima musim dengan persembahan masing-masing satu Scudetto dan UEFA Cup Winner. Bahkan, pada tahun 1993 dia dianugerahi Ballon d'Or dan Pemain Terbaik FIFA berkat performa apiknya itu.

Total Baggio mencetak 115 gol dari 200 pertandingan di semua ajang. Namun, pada tahun 1995 Juventus justru melepasnya ke rival abadi, AC Milan, setelah meraih Scudetto. Ini menjadi blunder tersendiri karena Baggio dinilai masih dalam performa terbaiknya. Bahkan, di tahun tersebut, Juventus gagal mempertahankan Scudettonya yang direbut Baggio bersama AC Milan.

2. Thierry Henry

5 Pemain Bintang yang Bikin Juventus Menyesal Melepasnya, Ada Zidanebleacherreport/Getty Images

Seandainya Juventus mau bersabar dengan performa Thierry Henry, bukan tak mungkin striker asal Prancis itu bakal berkembang di Turin. Dia bergabung dengan Bianconerri pada tahun 1999 dari AS Monaco dengan biaya 12 juta euro dan hanya bertahan setengah musim karena dinilai kesulitan beradaptasi.

Henry tampil dalam 20 laga dengan catatan 3 gol. Dia pun dilepas ke Arsenal dengan harga 16 juta euro di tahun yang sama. Di Inggris, Henry bertransformasi menjadi salah satu striker paling berbahaya di dunia dan menjadi legenda klub dengan persembahan 2 trofi Premier League dan 4 kali menjadi top skor Premier League.

3. Moise Kean

5 Pemain Bintang yang Bikin Juventus Menyesal Melepasnya, Ada Zidanetwitter.com/OptaPaolo

Moise Kean adalah produk asli akademi Juventus yang memiliki talenta besar untuk menjadi sosok pemain bintang. Pada musim 2018/2019 dia bahkan menarik perhatian lewat performa apik dengan catatan 6 gol dari 13 laga Serie A, padahal dirinya hanya diplot sebagai pemain pelapis.

Kalah bersaing dengan nama besar Cristiano Ronaldo, Juventus melepasnya ke Everton pada tahun 2019 dengan harga 27,5 juta euro. Meski kesulitan di Premier League, Kean kembali bersinar di musim ini bersama PSG dengan status pinjaman. Striker berusia 21 tahun itu mencetak 11 gol dari 19 laga Ligue 1.

Baca Juga: Moise Kean Masuk dalam Rencana Transfer Inter Milan 

4. Paul Pogba

5 Pemain Bintang yang Bikin Juventus Menyesal Melepasnya, Ada Zidanejuvefc.com

Penjualan Paul Pogba ke Manchester United dengan harga 105 juta euro memang memberikan keuntungan besar secara finansial. Apalagi, Juventus mendapatkan sang pemain dengan gratis pada tahun 2012 dari tim muda Setan Merah. Namun, dari kontribusi yang telah dia berikan, melepas sang pemain bisa jadi sebuah kekeliruan.

Pogba mencatatkan 178 laga dengan koleksi 34 gol dan 40 assist dengan persembahan 4 Scudetto dan 2 Coppa Italia serta final Liga Champions 2015 meski akhirnya takluk dari Barcelona. Sejak kepergiannya, Juventus kesulitan mendapatkan pengganti yang sepadan. Sempat ada rumor bahwa Juventus akan memulangkannya ke Juventus Stadium, namun hingga saat ini rumor ini belum menjadi kenyataan.

5. Zinedine Zidane

5 Pemain Bintang yang Bikin Juventus Menyesal Melepasnya, Ada Zidanegoal.com/Getty Images

Zidane merupakan maestro lapangan hijau dan dianggap sebagai salah satu yang terbaik sepanjang masa. Dia bergabung dengan Juventus pada tahun 1996 dari Bordeaux dengan biaya transfer hanya 3,5 juta euro. Selama lima musim berseragam Bianconerri, dia sukses mempersembahkan 2 Scudetto, 3 kali menjadi Pemain Terbaik FIFA, dan peraih Ballon d'Or 1998.

Pada tahun 2001 Juventus kemudian melepasnya ke Real Madrid dengan harga 77,5 juta euro, rekor pemain termahal dunia kala itu. Di musim perdananya, Zidane langsung persembahkan trofi Liga Champions dan menciptakan gol indah ikonik ke gawang Bayer Leverkusen di final. Sejak kepergiannya, Juventus cukup kesulitan meraih trofi. Dari tahun 2002 hingga 2010, mereka hanya menyabet sekali Scudetto.

 

Melepas pemain-pemain bintang di atas memang memberikan keuntungan secara finansial bagi Juventus. Namun, jika dilihat dari sisi potensi dan kontribusi, kepergian para pemain tersebut cukup disesali para fans Juventus. Apalagi, mereka sangat berambisi meraih trofi Liga Champions yang terakhir kali mereka rasakan pada musim 1995/1996.

Baca Juga: 5 Pelatih Tersukses Abad 21, Ferguson hingga Zidane!

Firli N. Purnagara Photo Verified Writer Firli N. Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya