6 Pemain yang Kembali Bergabung dengan Mantan Klubnya Musim Panas Ini

Cristiano Ronaldo hingga Antoine Griezmann

Di dunia sepak bola segalanya bisa terjadi, termasuk kembalinya seorang pemain bintang ke mantan klubnya dan bursa transfer musim panas 2021 ini menjadi bursa transfer yang gila dalam sejarah sepak bola. Banyak transfer besar yang terjadi, termasuk hengkangnya dua megabintang, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Drama lain yang tak kalah menarik adalah cinta lama yang bersemi kembali. Beberapa pemain top kembali gabung dengan mantan klub yang sempat membesarkan namanya. Siapa saja mereka? Ini ulasannya.

1. Tiemoue Bakayoko - AC Milan

6 Pemain yang Kembali Bergabung dengan Mantan Klubnya Musim Panas IniTiemoue Bakayoko (twitter.com/acmilan)

AC Milan akhirnya resmi mendatangkan kembali Tiemoue Bakayoko dari Chelsea. Dia diboyong dengan status pinjaman selama dua musim dengan opsi permanen. Bakayoko menjadi pemain ke-10 yang bergabung dengan AC Milan musim panas ini.

Rossoneri bukan klub yang asing bagi gelandang asal Prancis itu. Pada musim 2018/2019 dia menjadi pemain andalan Rossoneri di bawah asuhan Gennaro Gattuso. Musim tersebut dia tampil dalam 42 laga di semua ajang juga dengan status pemain pinjaman. Saat itu AC Milan sebenarnya berniat untuk mempermanenkan statusnya. Namun, masalah finansial klub membuat transfer itu gagal terwujud.

2. Moise Kean - Juventus

6 Pemain yang Kembali Bergabung dengan Mantan Klubnya Musim Panas IniMoise Kean (twitter.com/juventusfcen)

Juventus baru saja kehilangan mesin gol mereka, Cristiano Ronaldo, yang pulang ke Manchester United. Bianconeri bergerak cepat mencari penggantinya dan memutuskan untuk memulangkan mantan pemainnya, Moise Kean, dari Everton. Dia didatangkan dengan status pinjaman selama dua musim dengan harga 7 juta euro dan opsi permanen senilai 28 juta euro atau sekitar Rp471 miliar pada 2023.

Kean adalah lulusan akademi Juventus yang mencuat saat bermain untuk tim utama Bianconeri pada musim 2018/19. Saat itu dia tampil apik dengan mencetak 6 gol dari 13 laga Serie A. Sayang, saat itu dia kalah bersaing dengan nama-nama besar striker Juventus sehingga hijrah ke Everton. Namun, kariernya di klub asal Inggris itu justru meredup.

Musim lalu dia bahkan dipinjamkan ke PSG selama satu musim dan menemukan performa terbaiknya. Namun, PSG tidak mempermanenkan statusnya.

3. Eric Garcia - Barcelona

6 Pemain yang Kembali Bergabung dengan Mantan Klubnya Musim Panas IniEric Garcia (marca.com)

Setelah resmi mendatangkan Sergio Aguero dari Manchester City, Barcelona kemudian mengumumkan juga kedatangan mantan pemainnya, Eric Garcia, yang juga dari Manchester City dengan status free transfer. Pemain berusia 20 tahun itu merupakan didikan akademi Barcelona, La Masia. Pada 2017 dia diboyong tim muda Manchester City.

Pada 2019 dia dipromosikan ke tim utama dan mulai mendapatkan kepercayaan dari Pep Guardiola. Garcia sudah mencatatkan 35 laga untuk tim utama City. Eric Garcia dikontrak Barcelona dengan durasi 5 tahun dan dipageri klausul pelepasan senilai 400 juta euro. Dia berposisi sebagai bek yang digadang-gadang memiliki kemiripan dengan Charles Puyol.

Baca Juga: Transfer Konyol Barcelona dan Tottenham Hotspur

4. Romelu Lukaku - Chelsea

6 Pemain yang Kembali Bergabung dengan Mantan Klubnya Musim Panas IniRomelu Lukaku (twitter.com/Squawka)

Musim ini Romelu Lukaku memecahkan rekor transfer Chelsea setelah direkrut dari Inter Milan dengan harga 115 juta euro atau sekitar Rp1,9 triliun. Kepergian Lukaku ke Chelsea tak lepas dari masalah finansial yang sedang dialami Inter Milan. Meski demikian, Lukaku tampaknya memang berhasrat kembali ke mantan klubnya itu. 

Dia sempat berkostum Chelsea pada 2011 ketika dirinya masih berusia 18 tahun. Sayang, saat itu dia gagal menembus tim utama yang sudah diisi striker top, Didier Drogba, dan hanya tampil dalam 16 laga saja. Kini dia kembali untuk menyelesaikan urusan yang belum tuntas itu. Di laga debutnya Lukaku langsung moncer dengan mencetak 1 gol ke gawang Arsenal.

5. Cristiano Ronaldo - Manchester United

6 Pemain yang Kembali Bergabung dengan Mantan Klubnya Musim Panas IniCristiano Ronaldo (goal.com)

Cristiano Ronaldo akhirnya resmi pulang ke Old Trafford setelah memutuskan ingin meninggalkan Juventus musim panas ini. Bianconeri sebenarnya meminta mahar 30 juta euro untuk bintangnya itu, tetapi MU berhasil menebus striker asal Portugal itu hanya dengan harga 17 juta euro atau sekitar Rp285 miliar.

Hal ini tak lepas dari negosiasi kedua tim yang alot dan keinginan kuat sang pemain untuk  segera hengkang. MU adalah klub pertama Ronaldo sejak pergi dari Sporting Lisbon. Di klub tersebut dia berkembang menjadi pemain terbaik dunia dan mencipatakan berbagai rekor luar biasa.

6. Antoine Griezmann - Atletico Madrid

6 Pemain yang Kembali Bergabung dengan Mantan Klubnya Musim Panas IniAntoine Griezmann resmi pulang ke Atletico Madrid (marca.com)

Deadline day bursa transfer musim panas 2021 kali ini dinilai sangat gila. Sebuah transfer mengejutkan yang saling terkait terjadi tepat di detik-detik akhir. Antoine Griezmann dinyatakan resmi kembali bergabung dengan Atletico Madrid dengan status pinjaman selama satu tahun dengan bayaran 5 juta euro plus opsi permanen senilai 40 juta euro atau sekitar Rp671 miliar.

Transfer ini terjadi seiring dengan kepergian gelandang Atletico Madrid, Saul Niguez, ke Chelsea dengan status pinjaman 5 juta euro dan opsi permanen bernilai 40 juta euro juga. Ini bakal menjadi periode kedua Griezmann membela Atletico usai bersinar di klub asal Madrid itu pada periode 2014--2019 dengan berbagai prestasi mentereng.

 

Bursa transfer musim panas 2021 resmi ditutup. Ini menjadi bursa transfer tergila dengan banyaknya pemain berkelas bintang berpindah klub di waktu yang bersamaan. Selain kepergian Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, kepulangan para pemain ke mantan klubnya pun menjadi kabar yang sangat menarik di bursa transfer kali ini.

Baca Juga: Griezmann CLBK ke Atletico Jelang Deadline Day Bursa Transfer

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya