5 Pemain Liverpool yang Pakai Nomor Punggung 23, Luis Diaz Terbaru!

Isinya deretan pemain legendaris

Kepergian Mohamed Salah dan Sadio Mane untuk tampil di Piala Afrika 2021 memaksa Liverpool mencari pengganti. Pada hari-hari terakhir bursa transfer Januari 2022, The Reds berhasil mendatangkan winger Porto, Luis Diaz, dengan harga 45 juta euro atau sekitar Rp730 miliar.

Pemain asal Kolombia itu dikontrak hingga 2026. Dia bakal mengenakan nomor punggung 23. Diaz menjadi pemain kelima yang menggunakan nomor tersebut.

1. Robbie Fowler

5 Pemain Liverpool yang Pakai Nomor Punggung 23, Luis Diaz Terbaru!Robbie Fowler (liverpoolfc.com)

Robbie Fowler adalah salah satu striker terbaik Liverpool. Dia membela The Reds selama dua periode.

Lahir dari akademi Liverpool, Fowler dipromosikan ke tim utama pada 1993/1994. Pada awal kariernya itu, Fowler mengenakan nomor punggung 23 selama 3 musim sebelum berganti ke nomor 9.

Pada periode pertama, dia mempersembahkan 2 Piala Liga, 1 FA Cup, dan 1 Liga Europa. Dia kembali ke Liverpool pada 2006 setelah berkostum Leeds United dan Manchester City. Fowler menorehkan 183 gol dari 369 laga untuk Liverpool.

2. Jamie Carragher

5 Pemain Liverpool yang Pakai Nomor Punggung 23, Luis Diaz Terbaru!Jamie Carragher (liverpoolfc.com)

Jamie Carragher adalah legenda klub yang menghabiskan seluruh karier profesionalnya bersama Liverpool. Dia juga menjadi pemegang nomor punggung 23 paling ikonik.

Carrager membela tim utama selama hampir 17 musim dengan torehan 727 pertandingan. Sepanjang kariernya itu, dia sukses mempersembahkan 2 FA Cup, 1 Liga Champions, 1 Liga Europa, dan 2 UEFA Super Cup.

Sang legenda gantung sepatu pada 2013. Dia melanjutkan karier sebagai pandit.

Baca Juga: 10 Potret Luis Diaz, Pemain Kolombia Pertama yang Membela Liverpool

3. Emre Can

5 Pemain Liverpool yang Pakai Nomor Punggung 23, Luis Diaz Terbaru!Emre Can (liverpoolfc.com)

Setelah tampil impresif bersama Bayer Leverkusen, Emre Can hijrah ke Premier League pada musim panas 2014. Dia didatangkan Liverpool dengan harga 12 juta euro atau Rp195 miliar.

Pemain asal Jerman itu menjadi andalan The Reds di lini tengah dengan menorehkan 167 laga. Namun, Can tidak bersedia memperpanjang kontrak dan pergi ke Juventus secara gratis pada musim panas 2018.

Kariernya di Turin tidak berjalan mulus. Setelah hanya 2 musim, dia pergi ke Borussia Dortmund pada 2020 dengan status pinjaman. Dortmund mempermanenkannya pada akhir musim.

4. Xherdan Shaqiri

5 Pemain Liverpool yang Pakai Nomor Punggung 23, Luis Diaz Terbaru!Xherdan Shaqiri (liverpoolfc.com)

Xherdan Shaqiri menjadi pemain terakhir yang mengenakan nomor punggung 23 di Liverpool. Dia didatangkan dari Stoke City pada musim panas 2018 dengan harga 14,7 juta euro atau Rp239 miliar.

Shaqiri diplot sebagai pelapis dari Mohamed Salah. Meski lebih sering menghangatkan bangku cadangan, Shaqiri cukup penting dalam skuad Jurgen Klopp dalam meraih Premier League dan Liga Chammpions.

Pemain Swiss itu mencatatkan 63 laga dengan torehan 8 gol dan 9 assist untuk The Reds. Pada musim panas 2021, dia memutuskan hengkang ke Lyon setelah dibeli dengan harga 6 juta euro.

5. Luis Diaz

5 Pemain Liverpool yang Pakai Nomor Punggung 23, Luis Diaz Terbaru!Luis Diaz. (marca.com)

Luis Diaz menjadi pewaris nomor punggung 23 di Liverpool. Pemain asal Kolombia ini baru saja bergabung setelah ditebus 45 juta euro atau Rp730 miliar dari Liverpool. 

Kehadirannya bakal membuat lini serang The Reds pada 2021/2022 ini mengerikan. Diaz tampil impresif pada paruh pertama dengan mencetak 14 gol dari 18 laga di Liga Portugal.

Nomor punggung 23 memiliki sejarah yang cukup panjang di Liverpool. Nomor ini diisi oleh nama-nama top, bahkan menjadi legenda klub. Kini Luis Diaz menjadi pemain kelima yang bakal mewarisi nomor 23 selanjutnya. Bisakah dia sukses?

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool yang Pernah Pakai Nomor 23 di Era Premier League

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya