5 Pemain Non-Inggris dengan Assist Terbanyak di Premier League

Ryan Giggs hingga Kevin de Bruyne

Mencetak gol adalah sebuah tujuan dari sepak bola demi meraih kemenangan. Dalam prosesnya diperlukan akurasi umpan yang memanjakan dan dibutuhkan kreativitas untuk melakukannya. Di Premier League, yang dianggap kompetisi paling kompetitif, banyak pemain berkelas yang memiliki akurasi umpan yang sangat luar biasa.

Sebut saja David Beckham dan Stevan Gerrard. Mereka bahkan disebut sebagai Rajanya assist. Namun, ajang ini bukan sekadar milik orang Inggris belaka. Nah, berikut ini adalah raja assist di Premier League yang berasal dari luar Inggris.

1. Ryan Giggs - 162 Assist

5 Pemain Non-Inggris dengan Assist Terbanyak di Premier Leaguemanchestereveningnews.co.uk

Ryan Giggs menghabiskan seluruh kariernya berseragam Manchester United sejak melakukan debut pada 1991. Winger asal Wales itu menjalani 632 laga di Premier League dengan torehan 162 assist yang menjadikannnya sebagai pemberi assist terbanyak dalam sejarah Premier League.

Selama lebih dari dua dekade masa baktinya, Giggs mampu mempersembahkan 13 trofi Premier League, 2 gelar Liga Champions, 4 FA Cup, dan 4 Piala Liga.

2. Cesc Fabregas - 114 Assist

5 Pemain Non-Inggris dengan Assist Terbanyak di Premier Leagueespn.com

Cesc Fabregas pertama kali menginjakan kaki di Premier League pada tahun 2003 setelah diboyong Arsenal dari tim akademi Barcelona. Sejak itu dia bertransformasi menjadi salah satu gelandang terbaik Eropa. Pada 2011 dia sempat kembali ke Barcelona usai ditebus dengan harga 34 juta euro, namun hanya bertahan tiga musim.

Pemain asal Spanyol itu kemudian kembali ke Premier League, namun kali ini untuk membela Chelsea. Bersama dua tim asal London itu, Fabregas sukses mencatatkan 114 assist dan 50 gol dari 350 laga Premier League. Catatan itu menjadikan dirinya pemain kedua dengan assist terbanyak dalam sejarah Premier League. Pada 2019 dia hijrah ke Prancis untuk gabung AS Monaco.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Debut bersama Arsenal di Abad 21, Ada Fabregas!

3. Dennis Bergkamp - 94 Assist

5 Pemain Non-Inggris dengan Assist Terbanyak di Premier Leaguepremierleague.com

Dennis Bergkamp adalah bagian dari masa kejayaan Arsenal di era '90-an hingga awal 2000-an bersama Thierry Henry dan Patrick Vieira. Dia bergabung dengan The Gunners sejak 1995 hingga gantung sepatu pada 2006.

Selama masa baktinya itu, pemain asal Belanda ini mempersembahkan 3 trofi Premier League dan 4 FA Cup. Kontribusi dan assist-nya pun sangat mentereng dengan koleksi 87 gol dan 94 assist di Premier League.

4. David Silva - 93 Assist

5 Pemain Non-Inggris dengan Assist Terbanyak di Premier Leaguetelegraph.co.uk

David Silva adalah bagian dari revolusi Manchester City sejak diakuisi oleh Sheikh Manshour. Dia diboyong dari Valencia pada tahun 2010 dengan mahar 28 juta euro. Satu dekade berkostum The Citizens, Silva mempersembahkan 4 trofi Premier League, 2 FA Cup, dan 5 Piala Liga.

Sepanjang itu juga dia mencatatkan 94 assist dan 60 gol dari 309 laga Premier League. Di musim ini pemain asal Spanyol  itu kembali ke negaranya untuk membela Real Sociedad.

5. Kevin De Bruyne - 76 Assist

5 Pemain Non-Inggris dengan Assist Terbanyak di Premier Leaguetwitter.com/OptaJoe

Kevin de Bruyne menjadi satu-satunya pemain yang masih aktif di Premier League dalam daftar ini. Lewat akurasi umpan-umpannya, dia dijuluki Raja Assist Premier League saat ini. Gelandang asal Belgia itu telah menciptakan 76 assist dan 39 gol dari 174 laga di Premier League. Dia juga telah mempersembahkan 2 trofi Premier League untuk City.

Dengan usiannya yang masih 29 tahun, catatan assist dan golnya masih akan terus bertambah. Musim ini dia pun berpotensi membawa City menjadi juara usai memuncaki klasemen dengan keunggulan 10 poin dari Manchester United.

 

Itulah lima pemain asal luar Inggris dengan catatan assist terbanyak sepanjang sejarah Premier League. Akurasi umpan yang luar biasa dan memiliki visi bermain yang hebat menjadikan mereka sosok yang disegani. Dengan hadirnya banyak pemain bintang baru, akankah lahir raja assist lainnya?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela KRC Genk, Ada De Bruyne!

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya