5 Pemain Potensial yang Diboyong Arsenal dari Klub Divisi Championship

Aaron Ramsdale terbaru!

Menyambut musim baru, Arsenal menjadi salah satu klub paling aktif di bursa transfer. Mereka berambisi untuk kembali bisa bersaing di papan atas Premier League usai beberapa musim terakhir keluar dari peringkat empat besar. Salah satu pasar buruan yang kerap menjadi target Arsenal adalah pemain dari divisi Championship.

Meski itu merupakan kasta kedua sepak bola Inggris, tetapi menjadi ladang besar pemain-pemain muda potensial. Arsenal kini dikabarkan sudah mendatangkan kiper Sheffield United, Aaron Ramsdale, tinggal menunggu peresmian. Berikut ini adalah 5 pemain potensial yang pernah diboyong The Gunners dari klub divisi Championship.

1. Rob Holding

5 Pemain Potensial yang Diboyong Arsenal dari Klub Divisi ChampionshipRob Holding (bleacherreport.com)

Musim 2015/16 adalah musim yang aneh bagi Holding. Di satu sisi, ia memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Bolton Wanderers; di sisi lain, Trotters harus terdegradasi dari Divisi Championship. Meski demikian, kariernya terselamatkan usai diboyong Arsenal dengan harga 2 juta pounds saja pada musim panas 2016.

Bek berusia 25 tahun itu sendiri sudah mengoleksi 117 pertandingan. Arsenal menyadari potensinya, sehingga Januari kemarin kontraknya diperpanjang selama 3 tahun dengan opsi perpanjangan satu tahun.

2. Carl Jenkinson

5 Pemain Potensial yang Diboyong Arsenal dari Klub Divisi ChampionshipCarl Jenkinson (tbrfootball.com)

Carl Jenkinson merupakan salah satu lulusan terbaik akademi Charlton Athletic. Arsenal memboyongnya pada 2011 hanya dengan biaya 1 juta pounds saja. Meski dianggap memiliki potensi besar, kariernya tak berjalan mulis di Emirates Stadium. Bek kanan itu didera cedera panjang selama berkostum Arsenal.

Musim terbaiknya di Premier League justru terjadi saat dipinjamkan ke West Ham pada 2014/15. Selama di Arsenal, dia menorehkan 70 pertandingan. Dia akhirnya meninggalkan The Gunners pada 2019, turun ke Championship bermain untuk Nottingham Forest.

Baca Juga: 5 Pemain Championship yang Layak Bermain di Premier League Musim Depan

3. Phillip Roberts

5 Pemain Potensial yang Diboyong Arsenal dari Klub Divisi ChampionshipPhillip Roberts (skysports.com)

Striker Irlandia itu diburu oleh The Gunners dari Norwich City 11 tahun lalu, tetapi tidak pernah tampil di bawah asuhan Wenger selama tiga tahun itu. Sejak kepergiannya, Roberts telah bermain untuk 13 klub berbeda, termasuk tiga periode terpisah dengan Chelmsford City, yang ia tinggalkan pada Februari lalu. Dia hanya tampil bersama Arsenal U23 dengan total 7 penampilan saja.

4. Alex Oxlade-Chamberlain

5 Pemain Potensial yang Diboyong Arsenal dari Klub Divisi ChampionshipAlex Oxlade-Chamberlain (bleacherreport.com)

Alex Oxlade-Chamberlain dianggap sebagai pemain paling berbakat yang ditemukan Arsenal dari klub divisi Championship. Kala itu, dia bahkan diboyong dengan harga tinggi 13 juta euro atau sekitar Rp219 miliar dari Southampton, yang masih berlaga di divisi Championship. 

Selama 6 musim di Emirates Stadium, ia tampil dalam 198 pertandingan dengan torehan 20 gol dan 32 assists. Dia juga persembahkan 3 FA Cup dan 3 Community Shield sebelum hengkang ke Liverpool pada 2017 dengan harga 38 juta euro atau sekitar Rp642 miliar.

5. Aaron Ramsdale

5 Pemain Potensial yang Diboyong Arsenal dari Klub Divisi ChampionshipAaron Ramsdale (thestar.co.uk)

Sheffield United musim lalu harus terdegradasi dari Premier League, dan kembali berkompetisi di divisi Championship pada musim ini. Meski demikian. kiper mereka Aaron Ramsdale tampaknya akan tetap di Premier League usai Arsenal selangkah lagi meresmikan kedatangannya.

Menurut laporan Fabrizio Romano sang pemain bahkan sudah menandatangani kontrak dengan durasi empat tahun. Arsenal memboyong sang kiper dengan harga 30 juta pound atau sekitar Rp591 miliar. Dia akan bersaing dengan Bernd Leno untuk dapatkan posisi kiper utama di musim ini.

 

Itulah deretan pemain muda potensial yang pernah didatangkan Arsenal dari klub divisi Championship. Meski tidak semuanya mampu memenuhi potensinya, beberapa pemain berhasil menarik perhatian pecinta sepak bola. Dengan kehadiran Aaron Ramsdale, bisakah Arsenal tampil lebih baik di musim ini?

Baca Juga: Degradasi, 5 Pemain Sheffield United yang Masih Layak Bermain di EPL

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya