5 Pemain Championship yang Layak Bermain di Premier League Musim Depan

Mereka jadi incaran klub-klub top Inggris!

Divisi Championship merupakan kasta kedua kompetisi sepak bola di Inggris. Namun jangan pernah menyepelekannya karena ajang tersebut merupakan batu loncatan bagi banyak pemain top agar tampil di Premier League. Nama-nama potensial seperti Jude Bellingham dan James Maddison lahir dari kompetisi kedua ini.

Musim lalu, beberapa pemain pun berhasil menunjukan performa terbaiknya dan menarik minat klub-klub di Premier League. Dengan kontribusi dan performa yang mereka telah tampilkan, mereka layak untuk tampil di kasta tertinggi sepak bola Inggris. Siapa saja? Yuk, disimak.

1. Adam Armstrong

5 Pemain Championship yang Layak Bermain di Premier League Musim DepanAdam Armstrong (skysports.com)

Meskipun Adam Armstrong gagal membawa Blackburn Rovers promosi ke Premier League musim depan, secara individu ia menjalani musim yang luar biasa. Dia berhasil mencetak 28 gol dan 5 assist dari 40 pertandingan.

Dikombinasikan dengan 17 gol di musim sebelumnya, Armstrong mengukuhkan posisinya sebagai salah satu striker paling mematikan di Championship. 28 golnya musim ini hanya tertinggal dari top skorer Ivan Toney. Dua klub Premier League, Newcastle United dan Southampton kabarnya sangat tertarik untuk memboyongnya di musim panas nanti.

2. Harry Wilson

5 Pemain Championship yang Layak Bermain di Premier League Musim DepanHarry Wilson (fourfourtwo.com)

Harry Wilson merupakan produk akademi Liverpool yang menjalani masa pinjaman impresif bersama Cardiff City. Dia sendiri sebelumnya kesulitan mendapatkan waktu bermain di bawah asuhan Jurgen Klopp, dan lebih sering dipinjamkan ke klub-klub Championship.

Musim lalu pemain asal Wales itu tampil dalam 37 pertandingan dengan menorehkan 7 gol dan 11 assists. Bermain di posisi gelandang, catatan gol tersebut terhitung luar biasa. Dia berada di peringkat ke-3 dalam daftar assist, hanya di belakang Emiliano Buendia dan Michael Olise.

Baca Juga: 7 Laga Play-Off Championship yang Paling Berkesan Sepanjang Sejarah

3. Ismaila Sarr

5 Pemain Championship yang Layak Bermain di Premier League Musim DepanIsmaila Sarr (watfordobserver..co.uk)

Pada musim 2019/2020, Watford harus menelan pil pahit setelah terdegradasi ke divisi Championship. Namun tak butuh waktu lama, musim ini mereka kembali promosi setelah menjadi runner up divisi Championship. Salah satu kuncinya adalah performa impresif Ismaila Sarr.

Dia adalah pemain termahal dalam sejarah klub saat didatangkan dari Rennes dengan harga 20 juta euro atau sekitar Rp349 miliar pada 2019 lalu. Sarr sendiri berhasil mencetak 13 gol dan 10 assist dari 39 laga musim lalu, yang membuatnya layak tampil di Premier League musim depan.

4. Michael Olise

5 Pemain Championship yang Layak Bermain di Premier League Musim DepanMichael Olise (90min.com)

Michael Olise merupakan wonderkid divisi Championship di musim ini usai tampil memukau bersama Reading. Gelandang berusia 19 tahun ini telah menyelesaikan musim dengan 12 assist, berada di urutan kedua di belakang Emi Buendia, dan bahkan telah menyumbang 7 gol. 

Olise berkaki kiri dan serba bisa dengan kemampuan bermain di mana saja dari lini tengah atau sayap. Dia juga memiliki akurasi umpan yang baik, dribbler yang menawan dan juga dapat melakukan tugas bola mati.

Mantan pemain akademi Chelsea itu telah masuk radar beberapa klub papan atas seperti Chelsea, Arsenal, Liverpool, dan Leeds United. Juara Prancis, Lille juga tertarik pada anak muda ini.

5. Emiliano Buendia

5 Pemain Championship yang Layak Bermain di Premier League Musim DepanEmiliano Buendía (twitter.com/EM10Buendia)

Emiliano Buendia telah menjadi pemain yang menonjol di Kejuaraan EFL musim 2020/21 dengan 31 kontribusi gol dalam 39 pertandingan. Tak hanya menjadi top skor, dia pun membawa Norwich City menjuarai divisi Championship dan bakal promosi ke Premier League musim depan.

Buendia adalah pemain yang terbukti di level Premier League. Di EPL 2019/20, Buendia menciptakan lebih banyak peluang daripada pemain lain meskipun bermain untuk salah satu tim yang terdegradasi. Arsenal telah menjadi favorit untuk menandatangani Pemain Terbaik Championship ini karena mereka ingin mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Mesut Ozil. 

 

Meski merupakan kasta kedua sepak bola Inggris, divisi Championship tetaplah sebuah candradimuka bagi klub Premier League untuk mencari pemain-pemain potensial. Beberapa pemain bintang saat ini bahkan memulai kariernya di klub-klub kasta kedua tersebut, dan layak dinanti karier 5 pemain di atas akankah mereka hijrah ke klub yang lebih besar di musim depan.

Baca Juga: 5 Pemain Top Klub Play-Off Championship yang Gagal Promosi ke EPL

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya