5 Pemain Timnas Italia Ini Punya Nilai Transfer Tertinggi Saat Ini

Nilai mereka meningkat usai juarai Piala Eropa 2020

Italia secara luar biasa keluar sebagai juara Piala Eropa 2020 usai kalahkan Inggris di final. Gli Azzuri menang lewat adu penalti setelah laga berakhir imbang 1-1 di waktu normal. Kemenangan ini cukup mengejutkan pasalnya Italia dihuni banyak pemain muda dan berstatus kuda hitam. 

Meski demikian, mereka tampil mengesankan. Beberapa pemain inti bersinar di ajang ini, yang membuat nilai market mereka meroket tinggi. Berikut ini adalah 5 pemain Italia dengan nilai transfer tertinggi saat ini. 

1. Federico Chiesa - 70 juta euro

5 Pemain Timnas Italia Ini Punya Nilai Transfer Tertinggi Saat IniFederico Chiesa (football-italia.net)

Federico Chiesa menjadi salah satu pemain paling bersinar di Piala Eropa 2020. Winger Juventus itu tak tergantikan dengan tampil dalam 7 laga dengan mencetak 2 gol penting. Dua golnya tersebut dicetak di fase knock out, saat melawan Austria dan Spanyol. Tidak hanya itu, dalam dua laga tersebut dia juga dianugerahi Star of The Match.

Lewat performa apiknya tersebut, Chiesa kini memiliki nilai market 70 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun. Di level klub, Chiesa sendiri tampil memukau musim lalu bersama Juventus. Dia menorehkan 14 gol dan 10 assist dari 43 pertandingan di semua ajang.

2. Nicolo Barella - 65 juta euro

5 Pemain Timnas Italia Ini Punya Nilai Transfer Tertinggi Saat IniNicolo Barella (sempreinter.com)

Nicolo Barella menjadi bintang baru timnas Italia dan Inter Milan. Tahun 2021 menjadi musim terbaiknya usai meraih Scudetto dan Piala Eropa. Di Piala Eropa dia tampil dalam 6 laga dengan torehan 1 gol dan 2 assist. Dia juga terpilih menjadi Star of The Match pada laga perempat final melawan Belgia berkat satu gol dan satu assistnya.

Berkat performa impresifnya tersebut, gelandang 24 tahun ini kini memiliki nilai transfer 65 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun. Pada 2020 sendiri Inter Milan memboyongnya dari Cagliari senilai 32,5 juta euro atau sekitar Rp556 miliar.

Baca Juga: Jadi Juara, 5 Pemain Italia Ini Paling Bersinar di Piala Eropa 2020

3. Gianluigi Donnarumma - 65 juta euro

5 Pemain Timnas Italia Ini Punya Nilai Transfer Tertinggi Saat IniGianluigi Donnarumma (goal.com)

Gianluigi Donnarumma dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Piala Eropa 2020 usai menjadi pahlawan di laga semifinal dan final adu penalti melawan Spanyol dan Inggris. Tak hanya itu dia pun hanya kebobolan 4 gol dari 7 laga, di mana semuanya terjadi di laga knock out. Beberpa musim terakhir dia pun digadang-gadang sebagi calon kiper terbaik berkat performa impresifnya bersama AC Milan.

Namun musim depan dia bakal berseragam PSG usai kontraknya  habis di San Siro. Dia diboyong PSG dengan status free transfer dengan durasi kontrak hingga 2026. Kini nilai trasnfer kiper 22 tahun itu meroket hingga 65 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun.

4. Alessandro Bastoni - 60 juta euro

5 Pemain Timnas Italia Ini Punya Nilai Transfer Tertinggi Saat IniAlessandro Bastoni (sempreinter.com)

Alessandro Bastoni menjadi kunci pertahanan Inter Milan di musim lalu. Bek berusia 22 tahun ini tampil dalam 41 laga di semua ajang. Konsistensinya ini yang membuat namanya dipanggil Roberto Mancini ke Piala Eropa 2020. Bastoni sendiri hanya tampil dalam satu laga ketika melawan Wales di fase grup.

Meski demikian masa depannya sangat cerah dan digadang-gadang menjadi calon penerus Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci yang sudah dimakan usia. Nilai transfernya saat ini berada di angka 60 juta euro atau sekitar Rp1,02 triliun.

5. Marco Veratti - 50 juta euro

5 Pemain Timnas Italia Ini Punya Nilai Transfer Tertinggi Saat IniMarco Verratti (eurosport.fr)

Bersama Jorginho, Marco Verratti merupakan jenderal lapangan tengah Italia. Sempat absen di dua laga awal karena cedera, Verratti kemudian tampiil dalam 5 laga berikutnya dengan torehan 2 assist. Sang pemain dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik sejak tampil apik bersama PSG sejak 2012.

Dia sudah mempersembahkan 7 trofi Ligue 1 di level klub, dan kini mengoleksi trofi Piala Eropa untuk Italia. Nilai pasar sang pemain kini berada di angka 55 juta euro atau sekitar Rp942 miliar.

Terakhir kali Italia meraih gelar Piala Eropa terjadi pada tahun 1968, dan sejak itu harus puasa gelar hampir setengah abad lamanya. Kini sejarah tercipta kembali usai meraih Piala Eropa 2020 lewat deretan pemain mudanya yang penuh potensi. Meski sempat terpuruk usai gagal lolos ke Piala Dunia 2018, kini Italia telah bangkit dan siap untuk ajang internasional selanjutnya.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Italia Sukses Meraih Juara Piala Eropa 2020, Layak!

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya