5 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City di EPL Sedekade Terakhir

Didominasi Sergio Aguero

Sejak ditangani Pep Guardiola, Manchester City menjadi klub dengan produktivitas gol luar biasa. Musim ini mereka menjadi klub kedua dengan gol terbanyak di Premier League, 57 gol dari 24 pertandingan dan hanya kalah tiga gol dari Liverpool. Menariknya, City tidak memiliki seorang striker murni pada musim ini.

Raheem Sterling dan Riyad Mahrez menjadi top skor sementara klub dengan koleksi tujuh gol masing-masing. Dalam sejarahnya, top skor Manchester City tidak selalu dikuasi oleh striker, lho! Berikut ini lima pemain Manchester City dengan gol terbanyak di Premier League setiap musimnya 10 tahun terakhir.

1. Ilkay Gundogan 

5 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City di EPL Sedekade TerakhirIlkay Gundogan (twitter.com/IlkayGuendogan)

Manchester City sukses menjuarai Premier League musim 2020/2021 dengan selisih 12 poin dari Manchester United. Ilkay Gundogan menjadi top skor klub musim itu dengan 13 gol dan 3 assist dari 28 pertandingan Premier League.

Itu menjadi penampilan terbaiknya selama berkostum City sejak 2016 silam. Pemain asal Turki itu total telah mencetak 45 gol dan 31 assist dari 235 pertandingan di semua ajang. Kontraknya di Etihad Stadium bakal berakhir pada 2023.

2. Rahem Sterling

5 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City di EPL Sedekade Terakhirselebrasi gol Raheem Sterling (premierleague.com)

Pada musim 2019/2020 Raheem Sterling tampil sebagai top skor Manchester City di Premier League dengan koleksi 20 gol dari 33 pertandingan. Sayangnya, Manchester City kalah bersaing dari Liverpool dan finis sebagai runner up.

Sterling hanya kalah tiga gol dari top skor musim tersebut, Jamie Vardy. Pemain Inggris ini bergabung pada 2015 dari Liverpool dan menjadi andalan Pep Guardiola. Dia sudah menorehkan 123 gol dan 90 assist dari 321 pertandingan.

Baca Juga: Tersingkir di Manchester City, 5 Klub Ini Bisa Jadi Tujuan Sterling

3. Sergio Aguero

5 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City di EPL Sedekade TerakhirSergio Aguero (premierleague.com)

Sergio Aguero layak disebut sebagai legenda Manchester City. Dia adalah top skor sepanjang masa klub dengan koleksi 260 gol dari 390 pertandingan. Dia juga pernah menjadi top skor Premier League pada musim 2014/2015. 

Sepanjang satu dekade berkostum City, dia juga pernah menjadi top skor klub di Premier League sebanyak enam kali. Musim panas 2021 kemarin dia memutuskan pergi ke Barcelona secara gratis. Sayang, dia dipaksa gantung sepatu lebih cepat karena permasalahan jantung.

4. Yaya Toure

5 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City di EPL Sedekade TerakhirYaya Toure (mancity.com)

Yaya Toure menjadi salah satu pemain lainnya yang cukup lama berkostum Manchester City, yakni delapan tahun. Musim 201/2014 menjadi yang terbaik dalam kariernya saat dia mempersembahkan gelar Premier League, sekaligus menjadi top skor klub. Toure mencetak 20 gol dari 35 pertandingan Premier League.

Secara umum, dia berada di urutan ketiga top skor Premier League musim itu di bawah Luis Suarez dan Daniel Sturridge. Menariknya, dia menjadi satu-satunya gelandang yang berada di posisi lima besar top skor.

5. Edin Dzeko

5 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City di EPL Sedekade TerakhirEdin Dzeko (mancity.com)

Edin Dzeko diboyong Manchester City pada Januari 2011 dari Wolfsburg dengan harga 37 juta euro atau Rp602 miliar. Duetnya bersama Sergio Aguero berhasil mempersembahkan gelar Premier League pertama sejak era '60-an bagi City. Dia juga menjadi top skor klub di Premier League pada musim 2012/2013 dengan 14 gol dari 32 pertandingan.

Pemain asal Bosnia ini mencatatkan 72 gol dari 189 pertandingan selama empat musim berkostum City. Dia kemudian hengkang ke AS Roma dan sempat menjadi top skor Serie A pada musim 2016/2017. Kini striker 35 tahun ini berkostum Inter Milan dan masih menunjukkan performa yang impresif.

 

Kualitas dan produktivitas tinggi para pemain Manchester City dalam mencetak gol menjadi kunci kesuksesan anak asuh Pep Guardiola. Mereka mampu memainkan sepak bola cepat dan menyerang. Musim ini pun mereka berpotensi kembali menjadi klub tersebur. Namun, siapakah yang akan menjadi pencetak gol terbanyaknya?

Baca Juga: 10 Potret Edin Dzeko, Topskor Sepanjang Masa Timnas Bosnia Herzegovina

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya