Comscore Tracker

10 Potret Edin Dzeko, Topskor Sepanjang Masa Timnas Bosnia Herzegovina

Tetap tajam dan berdedikasi di usia yang tak muda lagi

Di dunia sepak bola, prestasi negara Bosnia Herzegovina memang tidaklah terlalu mentereng. Maklum saja karena negara ini baru terbentuk kurang dari 30 tahun sejak melepaskan diri dari Yugoslavia. Kendati demikian, Bosnia Herzegovina selalu punya bakat sepak bola yang hebat.

Hasan Salimhamidzic, Miralem Pjanic dan Edin Dzeko adalah beberapa bukti bakat besar dari negara ini. Salah satu bakat yang paling mentereng saat ini, ialah Edin Dzeko yang berstatus sebagai kapten timnas.

Selain menjadi kapten, faktanya Edin Dzeko merupakan pemain dengan jumlah gol terbanyak sepanjang sejarah bagi timnas Bosnia Herzegovina. Untuk mengetahui lebih jauh, Berikut 10 potret dan fakta menarik Edin Dzeko. Check this out!  

1. Edin Dzeko lahir di ibu kota Bosnia Herzegovina, Serejevo, pada 17 Maret 1986 dan tahun ini usianya telah menginjak 35 tahun 

10 Potret Edin Dzeko, Topskor Sepanjang Masa Timnas Bosnia Herzegovinapotret Edin Dzeko (instagram.com/ed_dzeko)

2. Besar di masa perang Bosnia bikin Dzeko tergugah untuk peduli kepada nasib anak-anak dengan bergabung menjadi Duta UNICEF

10 Potret Edin Dzeko, Topskor Sepanjang Masa Timnas Bosnia Herzegovinapotret Edin Dzeko - UNICEF (instagram.com/ed_dzeko)

3. Karier sepak bolanya dimulai ketika ia bergabung dengan akademi Zeljeznicar Serejevo di tahun 1996 dan baru dipromosikan pada tahun 2003

10 Potret Edin Dzeko, Topskor Sepanjang Masa Timnas Bosnia Herzegovinapotret Edin Dzeko dan Dzanan Musa (instagram.com/ed_dzeko)

4. Dzeko sempat berkarier di Liga Ceko dengan bergabung bersama Usti nad Labem dan FK Teplice di antara tahun 2005 hingga 2007  

10 Potret Edin Dzeko, Topskor Sepanjang Masa Timnas Bosnia Herzegovinapotret Edin Dzeko (instagram.com/ed_dzeko)

5. Penampilannya berhasil menarik minat VfL Wolfsburg di tahun 2007 untuk memboyongnya

10 Potret Edin Dzeko, Topskor Sepanjang Masa Timnas Bosnia Herzegovinapotret Edin Dzeko dan Grafite (torcedores.com)

Baca Juga: 5 Klub yang Gawangnya Paling Sering Dibobol Edin Dzeko, Mana Saja?

6. Berhasil membawa Wolfsburg juara Bundesliga di musim 2008/2009, Edin Dzeko akhirnya dibeli mahal oleh Manchester City di tahun 2011  

10 Potret Edin Dzeko, Topskor Sepanjang Masa Timnas Bosnia Herzegovinapotret Edin Dzeko - Manchester City (instagram.com/ed_dzeko)

7. Pada tahun 2016, Dzeko bergabung dengan AS Roma sebagai pemain pinjaman dan dipermanenkan di akhir musim  

10 Potret Edin Dzeko, Topskor Sepanjang Masa Timnas Bosnia Herzegovinapotret Edin Dzeko - AS Roma (instagram.com/ed_dzeko)

8. Pada awal musim ini, Edin Dzeko memutuskan untuk hengkang ke Inter Milan dengan status free transfer

10 Potret Edin Dzeko, Topskor Sepanjang Masa Timnas Bosnia Herzegovinapotret Edin Dzeko - Inter Milan (instagram.com/ed_dzeko)

9. Untuk gelar individu, ia meraih 3 kali gelar topskorer di kompetisi berbeda dan telah 5 kali dinobatkan sebagai pemain terbaik Bosnia

10 Potret Edin Dzeko, Topskor Sepanjang Masa Timnas Bosnia Herzegovinapotret Edin Dzeko dan Damiano Tomassi - Trofi topscorer Serie A (twitter.com/asromaen)

10. Di level Internasional, Edin Dzeko juga punya catatan menarik. Ia merupakan topskorer sepanjang masa timnas Bosnia Herzegovina dengan koleksi 60 gol. Legenda! 

10 Potret Edin Dzeko, Topskor Sepanjang Masa Timnas Bosnia Herzegovinapotret Edin Dzeko - Timnas Bosnia (instagram.com/ed_dzeko)

Itulah sepuluh potret dan fakta mengenai Edin Dzeko, sang topskorer sepanjang masa timnas Bosnia Herzegovina. Dengan usianya yang telah menginjak 35 tahun, akan ada berapa gol lagi yang bisa dicetak Dzeko bagi timnas Bosnia?

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Membela AS Roma dan Inter Milan, Dzeko Terbaru!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Mahasiswa tingkat akhir yang menunggu acc dosen

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya