Comscore Tracker

5 Timnas Top yang Berpotensi Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022

Posisi juara Piala Eropa 2020 belum aman, lho!

Piala Dunia 2018 menghasilkan banyak kejutan saat tim-tim besar seperti Italia, Belanda, dan Amerika Serikat gagal lolos. Kini kejutan serupa bisa saja terjadi kembali untuk Piala Dunia 2022 yang bakal digelar di Qatar. Apalagi, dalam beberapa tahun terakhir peta kekuatan sepak bola internasional mulai bergeser dengan hadirnya tim kuat seperti Belgia dan Kroasia.

Beberapa negara yang sebelumnya tak memiliki sejarah besar pun mulai menunjukkan kekuatannya. Kualifikasi Piala Dunia 2022 pekan kemarin kembali digelar dan menghasilkan beberapa kejutan. Beberapa negara langganan Piala Dunia kini terancam gagal lolos ke Piala Dunia. Tim mana saja? Ini ulasannya.

1. Jepang

5 Timnas Top yang Berpotensi Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022potret timnas Jepang (scmp.com)

Jepang merupakan negara yang hampir tak pernah absen di Piala Dunia sejak 1998 dan memiliki skuad paling mumpuni di Benua Asia. Mereka memiliki beberapa pemain yang tampil di liga top Eropa, seperti Takehiro Tomiyasu, Takefusa Kubo, dan Takumi Minamino. Namun, negara dengan peringkat tertinggi di Asia itu baru saja kalah dari Oman.

Dari dua laga yang telah dijalani, Jepang baru menumpulkan 3 poin lewat kemenangan atas China. Jepang sendiri tergabung di grup B yang berisi tim-tim kuat seperti Australia, Saudi Arabia, dan China. Saat ini mereka menempati peringkat ketiga dan harus berjuang berat demi satu tiket lolos ke babak final Piala Dunia 2022.

2. Chili

5 Timnas Top yang Berpotensi Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022potret timnas Chili (reuters.com)

Chili adalah juara dua tahun berturut-turut Copa America, 2015 dan 2016, lewat generasi emas mereka yang diisi oleh Claudio Bravo, Arturo Vidal, dan Alexis Sanchez. Namun, kini mereka mulai dimakan usia dan mengalami penurunan performa. Mereka bahkan gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Salah satu faktornya adalah tidak adanya regenerasi pemain.

Kini mereka kembali terancam gagal lolos ke Piala Dunia 2022 setelah hanya menempati posisi ke-8 di zona CONMEBOL. Untuk zona ini, posisi 1 sampai 4 otomatis akan lolos ke Piala Dunia, sedangkan peringkat ke-5 harus melalui babak playoff. Posisi kelima saat ini diisi oleh Ekuador dengan selisih 6 poin dari Chili.

Baca Juga: 10 Potret Liburan Nikita Willy di Argentina dan Chili, Petualang Abis!

3. Amerika Serikat

5 Timnas Top yang Berpotensi Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022potret timnas AS (washingtonpost.com)

Saat ini Amerika Serikat sedang menikmati generasi emasnya yang diisi pemain-pemain top, seperti Weston McKennie, Christian Pulisic, Sergino Dest, dan Giovanni Reyna. Mereka telah teruji sebagai satu tim dengan mempersembahkan gelar Gold Cup CONCACAF 2021. Namun, mereka justru tergagap menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2022.

USMNT hanya berhasil bermain imbang melawan El Salvador dan Kanada di babak grup yang hanya tiga tim teratas dari 8 tim yang secara otomatis mencapai final tahun depan. Saat ini mereka mengoleksi 5 poin dari 3 laga dan menempati peringkat ketiga. Posisinya terancam Panama yang juga memiliki poin sama. Meski demikian, masih tersisa banyak laga untuk memperbaiki performa mereka.

4. Spanyol

5 Timnas Top yang Berpotensi Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022potret timnas Swedia (marca.com)

Spanyol saat ini sudah mengumpulkan 13 poin dari 6 laga kualifikasi Piala Dunia 2022. Pada dua laga terakhir, mereka sukses mengalahkan Georgia dan Kosovo secara meyakinkan. Namun, posisi mereka belum aman dari kejaran Swedia dengan selisih 4 poin dan negeri Skandinavia itu masih memiliki dua laga tersisa. Jika dua laga itu bisa dimenangkan, Swedia akan unggul 2 poin dari tim Matador.

Setelahnya kedua tim sama-sama akan memiliki dua laga akhir yang akan  jadi penentu tim mana yang bisa langsung lolos ke Piala Dunia di Qatar. Pada pertemuan pertama Swedia berhasil mengalahkan Spanyol dengan skor 2-1.

5. Italia

5 Timnas Top yang Berpotensi Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022potret timnas Italia (detv.us)

Setelah memenangkan Piala Eropa 2020, Italia akan menjadi salah satu favorit untuk memenangkan Piala Dunia 2022. Namun, ada bahaya bahwa pasukan Roberto Mancini kemungkinan kembali gagal lolos ke Piala Dunia. Mereka berada di puncak Grup C, tetapi hasil imbang melawan Bulgaria dan Swiss membuat peluang Azzuri mulai mengkhawatirkan.

Saat ini Italia mengumpulkan 14 poin dari 6 laga. Mereka masih mungkin terkejar oleh Swiss yang baru mengumpulkan 8 poin, tetapi memiliki dua laga sisa lebih banyak. Jika Swiss memenangkan semua pertandingan sisa, termasuk mengalahkan Italia, mereka akan otomatis lolos, sedangkan Italia harus melalui babak playoff.

 

Piala Dunia 2022 hanya tinggal satu tahun lagi. Turnamen paling akbar ini akan sangat dinanti pencinta sepak bola di seluruh dunia. Namun, akan sangat disayangkan jika kejadian 4 tahun lalu terulang kembali saat tim-tim besar justru gagal lolos ke final Piala Dunia. Lima tim di atas saat ini dalam ancaman itu, bisakah mereka bangkit?

Baca Juga: Laga Tak Mudah Juara Piala Eropa di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya