Super Ballon d'Or, Penghargaan Bergengsi selain Ballon d'Or

Hanya satu pemain yang memenangkannya

Super Ballon d'Or merupakan salah satu penghargaan bergengsi bagi pemain sepak bola. Penghargaan ini diselenggarakan oleh majalah asal Prancis, France Football, kepada pemain sepak bola terbaik dalam 3 dekade terakhir. Super Ballon d'Or pertama kali digelar dalam rangka merayakan ulang tahun ke-30 France Football.

Namun, penghargaan ini merupakan salah satu penghargaan paling sulit didapatkan pemain sepak bola. Sebab, penyelenggaraan Super Ballon d'Or berbeda dengan penghargaan yang biasa dilaksanakan tiap tahunnya. Super Ballon d'Or hanya sekali diselenggarakan pada 1989 yang dimenangkan oleh legenda Real Madrid, Alfredo Di Stefano. Setelah itu, penghargaan tersebut tidak pernah diselenggarakan kembali hingga saat ini.

1. Super Ballon d'Or dan Ballon d'Or merupakan dua penghargaan berbeda

Super Ballon d'Or, Penghargaan Bergengsi selain Ballon d'OrLionel Messi bersama trofi Ballon d'Or (twitter.com/ballondor)

Ballon d'Or dan Super Ballon d'Or merupakan penghargaan yang sama-sama diselenggarakan oleh France Football. Namun, yang berbeda adalah Ballon d'Or biasa dilaksanakan tiap 1 kali dalam 1 tahun. Sedangkan, Super Ballon d'Or pertama dilaksanakan 30 tahun sekali.

Selain itu, trofi Super Ballon d'Or kurang lebih sama dengan trofi Ballon d'Or. Namun, yang membedakan adalah trofi Super Ballon d'Or memiliki banyak bola emas mini yang ada di bawahnya. Ukuran trofi Super Ballon d'Or memiliki tinggi 52 cm dengan dimensi alas 30×30 cm.

2. Legenda Real Madrid menjadi pemain pertama yang memenangkan Super Ballon d'or

Pada 1989, penghargaan Ballon d'Or dan Super Ballon d'Or hanya bisa didapatkan pemain asal Eropa. Oleh sebab itu, pemain legendaris seperti Diego Maradona dan Pele tidak pernah bisa memenangkan kedua trofi tersebut. Mereka kebetulan berasal dari Amerika.

Penilaian pemenang Super Ballon d'Or sendiri berdasarkan beberapa pencapaian karier tiap pemain. Hal tersebut melibatkan beberapa panelis, seperti pembaca majalah France Football, juri pilihan France Football, dan para pemenang Ballon d'Or pada tahun-tahun sebelumnya.

Dalam pelaksanaan Super Ballon d'Or yang pertama, terdapat lima pemain yang masuk sebagai kandidat penghargaan. Pemain-pemain tersebut adalah Michel Platini, Johan Cruyff, Franz Beckenbauer, Kevin Keegan, dan Alfredo Di Stefano. Hasilnya, Alfredo Di Stefano memenangkan Super Ballon d'Or berkat karier yang gemilang bersama Real Madrid. Di Stefano mengalahkan Johan Cruyff yang berada di urutan kedua dan Michel Platini yang berada di urutan ketiga secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Pemenang Ballon d'Or Tertua Sepanjang Masa

3. Alfredo Di Stefano berprestasi bersama Real Madrid

Super Ballon d'Or, Penghargaan Bergengsi selain Ballon d'OrAlfredo Di Stefano (twitter.com/realmadriden)

Pemenang penghargaan ini bukanlah pemain sembarangan. Sebab, pemain yang bisa mendapatkan trofi Super Ballon d'Or harus mengalahkan banyak pemain dalam beberapa dekade terakhir. Alfredo Di Stefano mendapatkan trofi Super Ballon d'Or karena raihan prestasi yang diraihnya bersama Real Madrid.

Sepanjang kariernya, Di Stefano telah mengemas 487 gol dari 689 pertandingan. Bersama Real Madrid, ia mencatatkan 308 pertandingan dan meraih 18 trofi. Beberapa di antaranya merupakan trofi Liga Champions Eropa yang dimenangkan selama 5 tahun beruntun.

4. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo menjadi kandidat terkuat pemenang Super Ballon d'Or

Super Ballon d'Or, Penghargaan Bergengsi selain Ballon d'OrLionel Messi (twitter.com/Argentina)

Penghargaan ini kemungkinan akan kembali diadakan pada 2029. Meski begitu, belum ada kabar pasti mengenai penyelenggaraan penghargaan ini. Super Ballon d'Or bisa saja digelar untuk kedua kalinya setelah absen selama 40 tahun terakhir.

Peraih dua Ballon d'Or, Ronaldo Nazario, menjadi salah satu kandidat yang bisa memenangkan Super Ballon d'Or. Ia bersanding dengan Marco van Basten yang telah memenangkan trofi Ballon d'Or sebanyak tiga kali. Namun, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo menjadi kandidat terkuat yang bersaing dalam perburuan trofi paling bergengsi tersebut.

Lionel Messi menjadi pemain dengan koleksi Ballon d'Or terbanyak sepanjang masa. Sedangkan, Cristiano Ronaldo merupakan pencetak gol terbanyak di Liga Champions Eropa sepanjang masa. Ia juga punya koleksi Ballon d'Or yang mentereng. Bukan tidak mungkin salah satu dari kedua pemain tersebut benar-benar menjadi pemenang Super Ballon d'Or.

Super Ballon d'Or menjadi penanda kegemilangan dalam karier para pemain sepak bola. Oleh karena itu, Super Ballon d'Or tidak hanya menjadi penghargaan, tetapi juga dedikasi, keterampilan, dan keunggulan yang luar biasa dari para pemain sepak bola terbaik di dunia.

Baca Juga: 4 Pemain Brasil yang Masuk 10 Besar Ballon d'Or Setelah 2007

Firmansyah 19cahyo Photo Verified Writer Firmansyah 19cahyo

Bacaan adalah tuntunan dalam kehidupan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya