Jelang Pertandingan Lawan Malaysia, Panpel Imbau Suporter Jaga Sikap

Ini hanyalah permainan anak-anak

Surabaya, IDN Times - Timnas Indonesia yang keluar sebagai juara grup A dipastikan akan bertemu Malaysia yang menjadi runner-up grup B di semifinal Piala AFF U-16. Pertandingan ini dirasa cukup mengkhawatirkan panita pelaksana (panpel) Piala AFF U-16 lantaran gesekan-gesekan yang terjadi sejak Piala AFF U-19 beberapa pekan lalu. Seperti apa? Berikuit detailnya:

1. Indonesia sudah mendapat sorotan buruk

Jelang Pertandingan Lawan Malaysia, Panpel Imbau Suporter Jaga SikapANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Wakil Ketua Panpel Piala AFF U-16, Amir Burhannudin mengatakan bahwa pendukung timnas Indonesia kali ini harus benar-benar menjaga kelakuan. Hal ini lantaran Indonesia sudah menjadi sorotan buruk sejak Piala AFF U-19. "Kami sudah mendapat sorotan yang buruk saat Piala AFF U-19, kami berharap sekarang ini semua masyarakat Indonesia terutama suporter untuk mengubah sikap menjadi tuan rumah yang baik," ujarnya, Selasa (7/8).

Baca Juga: Babak Pertama AFF U-16, Timnas Unggul 3-0 dari Filipina

2. Semakin panas akibat aksiden bendera terbalik

Jelang Pertandingan Lawan Malaysia, Panpel Imbau Suporter Jaga SikapInstagram.com/@amirulash9

Amir juga semakin mengkhawatirkan amarah para pendukung timnas Indonesia selepas kasus unggahan salah satu pemain timnas Malaysia yang memasang bendera merah putih secara terbalik. "Marilah kita menghargai, respek terhadap pemain, baik itu pemain Indonesia maupun Malaysia. Mungkin selama ini suasana panas terjadi di media sosial. Tapi marilah di lapangan semua itu kita hilangkan," pesannya.

3. Piala AFF U-16 hanyalah permainan anak-anak

Jelang Pertandingan Lawan Malaysia, Panpel Imbau Suporter Jaga SikapANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Amir mengungkapkan bahwa sebaiknya antusiasme pendukung dapat teredam dan mengingat peserta Piala AFF U-16 masih dalam kategori anak-anak. "Sekali lagi ini adalah turnamen kelompok umur. Mereka masih anak-anak. Anggap saja mereka adalah anak kita sendiri. Demikian juga dengan tim Malaysia, mereka juga masih anak-anak," pungkasnya.

Baca Juga: Pemain U-16 Malaysia yang Balik Bendera Merah Putih Diancam Dibunuh

Topik:

  • Rochmanudin
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya