Bayern Munich dan Kesialan Mereka dalam Meraih Gelar Juara 2023/2024

Sudah kehilangan dua trofi

Bayern Munich merupakan klub besar. Mereka punya lemari prestasi yang mentereng. Bayern Munich bahkan mampu menjadi juara Bundesliga Jerman dalam 12 musim berturut-turut. Tidak ada klub Jerman sehebat mereka saat ini.

Meski begitu, Bayern Munich di ambang pilu pada 2023/2024 ini. Mereka terancam tanpa trofi untuk pertama kali sejak 13 tahun lalu. Itu terjadi setelah mereka kalah dari Lazio pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa musim ini.

Bayern Munich sendiri telah kehilangan dua trofi yang mungkin mereka dapat pada 2023/2024. Pasalnya, Die Roten kalah di final DFL-Supercup dan putaran kedua DFB-Pokal. Kondisi ini makin parah setelah Bayern Munich berada di peringkat kedua Bundesliga dan kalah dari Lazio di Liga Champions.

Untuk memberi gambaran seberapa genting kondisinya, coba simak Bayern Munich dan kesialan mereka dalam meraih gelar juara 2023/2024 di bawah ini!

1. Kalah dari RB Leipzig di DFL-Supercup 2023

Bayern Munich dan Kesialan Mereka dalam Meraih Gelar Juara 2023/2024Bayern Munich (twitter.com/FCBayern)

Sebagai juara bertahan Bundesliga Jerman, Bayern Munich berhak tampil di final DFL-Supercup 2023 menghadapi RB Leipzig. Kebetulan Die Roten Bullen merupakan juara DFB-Pokal 2022/2023. Sama-sama berstatus juara, keduanya berusaha untuk mendapatkan titel baru pada awal musim baru.

Bayern Munich sebetulnya diunggulkan saat itu. Apalagi, mereka kedatangan striker sekelas Harry Kane dari Tottenham Hotspur pada musim panas tahun lalu. Kapten Timnas Inggris itu juga tengah dalam dahaga akan gelar juara yang terlampau hebat. Dia ingin sekali mendapatkan trofi pertama dalam kariernya bersama Bayern Munich. Namun, RB Leipzig rupanya masih terlalu tangguh bagi mereka.

Final DFL-Supercup berakhir antiklimaks. Bayern Munich yang diunggulkan justru tumbang dengan sangat keras. RB Leipzig membanting mereka dengan skor telak 3-0. Dani Olmo tangguh di sisi kiri serangan dengan mencetak trigol untuk Die Roten Bullen. Dia menjadi mimpi buruk yang menghanguskan mimpi Harry Kane untuk membuka lembaran pertama bersama Bayern Munich dengan indah.

2. Kalah pada putaran kedua DFB-Pokal 2023/2024 di tangan Saarbrucken

Bayern Munich dan Kesialan Mereka dalam Meraih Gelar Juara 2023/2024Bayern Munich (twitter.com/FCBayern)

Bayern Munich sejatinya mampu membuka DFB-Pokal 2023/2024 dengan manis. Mereka membantai Preussen Muenster dengan skor 4-0. Namun, petaka muncul pada putaran kedua.

Menghadapi klub kasta ketiga Liga Jerman, Bayern Munich malah tidak berdaya. Mereka tumbang 1-2 atas Saarbruecken. Gol tunggal Thomas Mueller tidak mampu menyelamatkan Bayern Munich dari kekalahan.

Saarbruecken sendiri mengemas dua gol kemenangan berkat dua pemain mereka. Patrick Sontheimer dan Marcel Gaus masing-masing mencetak satu gol ke gawang yang dijaga kapten Bayern Munich, Manuel Neuer. Kaki kanan Sontheimer dan kaki kiri Gaus bergantian membuat Neuer, yang juga kiper utama Timnas Jerman, terpaksa menanggung malu.

Baca Juga: 3 Fakta Unik dari Kekalahan Bayern Muenchen Lawan Lazio

3. Tertinggal dari Bayer Leverkusen di Bundesliga Jerman 2023/2024

Bayern Munich dan Kesialan Mereka dalam Meraih Gelar Juara 2023/2024Leon Goretzka (tengah) dikepung pemain Bayer Leverkusen di Bundesliga Jerman 2023/2024. (twitter.com/FCBayern)

Bayern Munich perkasa di Bundesliga Jerman lebih dari sedekade ini. Namun, 2023/2024 bisa jadi akhir dari segalanya. Pasalnya, Bayern Munich terdampar di peringkat kedua akibat kalah saing dari Bayer Leverkusen yang tengah panas.

Die Roten berada tepat di bawah Leverkusen dengan selisih lima poin per 16 Februari 2024. Kondisi itu tentu bukan kondisi yang bagus untuk mereka. Bayern Munich bisa saja kehilangan gelar dari Leverkusen asuhan Xabi Alonso yang begitu tangguh.

Sebagai gambaran, Bayer Leverkusen belum mengalami kekalahan sejauh ini. Mereka mampu menang 17 kali dan seri 4 kali di Bundesliga. Leverkusen pun tercatat sebagai klub Eropa satu-satunya yang belum pernah kalah. Mereka diunggulkan sebagai juara Bundesliga, apalagi setelah mengalahkan Bayern Munich 3-0 pada pekan ke-21 dan imbang 2-2 pada pekan ke-4 2023/2024.

4. Tumbang dari Lazio pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa 2023/2024

Bayern Munich dan Kesialan Mereka dalam Meraih Gelar Juara 2023/2024Thomas Mueller, pemain Bayern Munich, beraksi saat melawan Lazio di Liga Champions Eropa 2023/2024. (twitter.com/FCBayern)

Bayern Munich di ambang pilu lantaran keok pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa 2023/2024 atas Lazio. Die Roten yang sempat diunggulkan lagi-lagi keluar dari ekspektasi. Mereka tumbang 0-1 setelah Ciro Immobile sukses mengeksekusi penalti.

Jika gagal mengungguli Lazio pada leg kedua, Bayern Munich akan otomatis tersingkir dari kompetisi. Bayern Munich dan kesialan mereka dalam meraih gelar juara 2023/2024 makin terbukti. Sisa trofi yang bisa Die Roten kejar pun makin sedikit. Selain juara Bundesliga, tidak ada gelar lain yang bisa mereka dapatkan.

Untuk keluar dari kondisi itu, Bayern Munich perlu berbenah. Kepala Pelatih, Thomas Tuchel, mesti melakukan sesuatu. Apalagi, setelah didukung oleh pemain kelas kakap yang harganya selangit. Mereka tidak bisa tumbang begitu saja dari Bayer Leverkusen dan Lazio yang tengah di atas angin.

Mungkinkah Tuchel dkk dapat melakukannya? Jawabannya tersaji di depan. Bayern Munich masih akan bertemu Lazio pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions dan menyisakan sejumlah pertandingan di Bundesliga untuk mendongkrak peringkat mereka di klasemen. Sangat menarik menanti penyesuaian Die Roten pada sisa musim.

Baca Juga: 4 Eks Pemain EPL yang Bela Lazio vs Bayern Muenchen pada 2023/2024

G.N. Putra Photo Verified Writer G.N. Putra

Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya