11 Pemain Terbaik Liga Champions 2023, Haaland Masuk!

Pemain Manchester City mendominasi

Manchester City berhasil keluar sebagai juara UEFA Champions League (UCL) 2022/2023. Kepastian itu muncul setelah mereka menumbangkan Inter Milan di final. Manchester City menang dengan skor tipis 1-0.

Pemain Manchester City pun banyak yang masuk ke deretan pemain terbaik Liga Champions musim lalu. Erling Haaland yang tercatat sebagai top skor tentu hadir. Dia bersinar pada musim pertamanya bersama The Citizens.

Pemilihan pemain terbaik ini sendiri berdasar kepada penjurian dari panel berisi technical observer UEFA. Mereka menilai performa para pemain sepanjang musim. Coba simak 11 pemain terbaik Liga Champions 2023 selengkapnya di bawah ini!

1. Thibaut Courtois mengisi pos kiper

11 Pemain Terbaik Liga Champions 2023, Haaland Masuk!Thibaut Courtois berseragam Real Madrid. (realmadrid.com)

Thibaut Courtois jadi 1 dari 2 pemain Real Madrid yang masuk daftar ini. Dia bermain sebanyak sepuluh kali pada 2022/2023. Selama itu, Courtois mampu mengumpulkan lima clean sheet

Sayangnya, kiper andalan Los Blancos itu tidak mampu mengantarkan klub ke final. Mereka terantuk di semifinal karena kalah dari Manchester City 1-5. Dia juga harus kebobolan sepuluh kali sepanjang kompetisi. Itu artinya, Courtois rata-rata kebobolan satu gol di tiap pertandingan.

Baca Juga: 11 Klub Sepak Bola yang Berhasil Juara Liga Champions Tanpa Kekalahan

2. Dua pemain klub juara mengisi lini pertahanan bersama dua pemain klub runner-up

11 Pemain Terbaik Liga Champions 2023, Haaland Masuk!Ruben Dias mengangkat trofi UEFA Champions League (UCL) 2022/2023 untuk Manchester City. (uefa.com)

Kyle Walker dan Ruben Dias dari Manchester City serta Alessandro Bastoni dan Federico Dimarco dari Inter Milan masuk daftar pemain terbaik. Mereka mengisi lini pertahanan dengan skema empat bek. Keempatnya berderet dari kanan ke kiri.

Walker bermain di posisi bek kanan Manchester City. Dia berhasil menyisir sisi itu dengan baik. Bahkan, membuat Vinicius Jr, andalan Real Madrid, tidak berkutik di semifinal.

Dias, di tengah, makin membuat pertahanan Manchester City solid. Dia sulit ditembus penyerang mana pun yang mencoba merangsek masuk. Dias adalah tembok kokoh yang merintangi wilayah berbahaya di sekitar gawang The Citizens.

Alessandro Bastoni juga tidak kalah kuat. Dia terampil di posisi bek tengah Inter Milan. Bastoni menjadi salah satu alasan Nerazzurri bisa ke final.

Sementara itu, nama Federico Dimarco baru melejit belakangan ini. Dia beroperasi di sisi kiri pertahanan Inter Milan. Bahkan, bisa menjadi gelandang kiri jika dibutuhkan. Dimarco membuat pertahanan Inter Milan lebih cair.

3. John Stones masuk ke lini tengah bersama dua pemain Manchester City

11 Pemain Terbaik Liga Champions 2023, Haaland Masuk!John Stones bermain atraktif bersama Manchester City di UEFA Champions League (UCL) 2022/2023. (uefa.com)

John Stones sebenarnya seorang bek tengah. Namun, posisinya berubah akibat eksperimen Pep Guardiola di Manchester City. Stones sendiri tampil luar biasa dengan peran barunya sebagai gelandang bertahan sekaligus bek itu. Dia bisa dibilang nyawa Manchester City pada 2022/2023 ini.

Stones tentu tidak sendirian. Dia ditemani dua rekannya, Kevin De Bruyne dan Rodri, di jajaran 11 pemain terbaik Liga Champions 2023. De Bruyne adalah otak serangan Manchester City. Dia pengumpan andal yang mampu mengalirkan bola ke segala sisi, terutama ke depan, dengan baik.

Rodri, di sisi lain, gelandang bertahan sekaligus gelandang tengah yang disiplin. Karakternya yang seperti itu dibutuhkan Manchester City yang berisi banyak pemain lini tengah kreatif. Rodri ibarat penyeimbang yang mampu membuat mereka kuat di tengah lapangan.

4. Erling Haaland, Bernardo Silva, dan Vinicius Jr menghiasi lini depan

11 Pemain Terbaik Liga Champions 2023, Haaland Masuk!Erling Haaland tampil untuk Manchester City di UEFA Champions League (UCL) 2022/2023. (uefa.com)

Erling Haaland, striker Manchester City, luar biasa pada 2022/2023 ini. Dia tidak hanya tajam di kompetisi domestik, tetapi juga kontinen. Haaland, misalnya, mampu mencetak 12 gol sehingga keluar sebagai top skor Liga Champions. Anak Alf-Inge Haaland ini memang berbahaya di depan. Dia ancaman lini pertahanan lawan. Bahkan, meski tidak mencetak gol, Haaland mampu menjadi pengecoh agar pemain lain bebas menjebol gawang.

Pemain di posisi sayap penyerangan juga tidak kalah mentereng. Ada nama Bernardo Silva (Manchester City) dan Vinicius Jr (Real Madrid) di kanan-kiri. Silva membantu lini serang Manchester City tampil tajam dengan gol dan umpannya yang akurat. Vinicius Jr berbahaya di sisi kiri dengan kecepatannya yang sulit ditandingi.

5. Manchester City juara berkat gol tunggal Rodri

11 Pemain Terbaik Liga Champions 2023, Haaland Masuk!Rodri menjadi juara UEFA Champions League (UCL) 2022/2023 bersama Manchester City. (mancity.com)

Daftar 11 pemain terbaik Liga Champions 2023 memang kebanyakan berisi pemain Manchester City. Namun, hanya satu nama yang berhasil mencetak gol di final, yaitu Rodri. Dia menjadi penentu gelar juara The Cityzens pada 2022/2023 lalu.

Rodri mencetak gol tunggal melawan Inter Milan di final pada menit 68. Inter Milan bisa saja membalas, tetapi pertahanan Manchester City yang cukup rapat menyulitkan mereka sepanjang pertandingan. Ruben Dias dan John Stones juga tangguh saat bertahan. Mereka disiplin menjaga keunggulan.

Manchester City akhirnya juara dengan skor tipis. Mereka berhak meraih gelar treble winners karena sebelumnya mendapatkan trofi English Premier League (EPL) dan Piala FA pada musim yang sama. Pesta sempat tumpah di jalanan Manchester untuk menyambut keberhasilan klub kebanggaan juara di Inggris dan Eropa. Pengumuman pemain terbaik Liga Champions 2023 yang datang kemudian meningkatkan euforia mereka.

Baca Juga: Daftar Bursa Transfer Manchester City 2023/2024 Terbaru

G.N. Putra Photo Verified Writer G.N. Putra

Senang dengan olahraga dan budaya populer. Pernah menulis untuk beberapa media.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya