Rangkuman La Liga Pekan ke-18, Barcelona Juara Paruh Musim

Mampukah bertahan hingga akhir musim?

La Liga telah mengakhiri setengah perjalanan musim ini. Barcelona tampil sebagai juara paruh musim dengan puncaki klasemen di penghujung tahun 2019. Meski demikian, perebutan trofi juara masih sangat ketat. 

Tim-tim di bawahnya seperti Real Madrid, Sevilla dan Atletico Madrid masih bisa menjadi ancaman besar untuk merebut gelar juara bertahan Barcelona. Berikut ini rangkuman lengkapnya.

1. Menang telak atas Alaves, Barcelona juara paruh musim

Rangkuman La Liga Pekan ke-18, Barcelona Juara Paruh Musimfcbarcelona.es

Barcelona menutup tahun 2019 dengan kemenangan telak atas Alaves dengan skor 4-1 di Camp Nou (21/12). Empat gol Barcelona lahir dari semua strikernya, Antoine Griezmann (14'), Lionel Messi (69') dan tendangan penalti Luis Suarez(75'), plus gol Arturo Vidal(45'). Sedangkan Alaves hanya mampu mencetak satu gol balasan melalui gol Pere Pons (56').

Dengan hasil ini Barcelona menjadi juara paruh musim dengan raihan 39 poin, unggul dua angka dari Real Madrid di peringkat kedua.

2. Bermain tanpa gol melawan Athletic Bilbao, Real Madrid gagal samai poin Barcelona

Rangkuman La Liga Pekan ke-18, Barcelona Juara Paruh Musimtwitter.com/LaLiga

Real Madrid gagal memanfaatkan laga kandang saat menghadapi Athletic Bilbao pada Senin dini hari (23/12). Los Blancos hanya bermain imbang tanpa gol. Padahal mereka menguasai laga hingga 70 persen penguasaan bola dan berhasil lakukan 20 tendangan ke arah gawang lawan, namun tak ada satu pun yang berbuah gol.

Dengan hasil ini Real Madrid kini memiliki 37 poin, tertinggal dua angka dari Barcelona. Di sisi lain peringkat mereka pun terancam oleh Sevilla yang hanya terpaut tiga poin.

Baca Juga: Potensial, Barcelona Memburu Wonderkid Milik Marselille Ini

3. Ungguli Real Mallorca, Sevilla jaga peluang juara

Rangkuman La Liga Pekan ke-18, Barcelona Juara Paruh Musimsevillafc.es

Sevilla perlahan tapi pasti terus membuntuti Barcelona dan Real Madrid untuk perebutkan gelar juara La Liga musim ini. Sevilla sukses kalahkan tuan rumah Real Mallorca dengan skor 0-2 melalui gol Diego Carlos (20') dan tendangan penalti Ever Benega (63'). Hasil ini membuat mereka stabil di peringkat tiga, terpaut lima poin dari Barcelona di pucuk klasemen.

4. Atletico Madrid bungkam Real Betis, performa mulai stabil

Rangkuman La Liga Pekan ke-18, Barcelona Juara Paruh Musimtwitter.com/Atleti

Sempat terseok-seok dan terlempar dari posisi empat besar, Atletico Madrid kembali ke jalur perebutan juara setelah menang tipis atas Real Betis dengan skor 1-2. Sempat bermain tanpa gol di babak pertama, Atleti akhirnya unggul di menit ke-58 lewat gol Angel Correa. Alvaro Moratta sukses gandakan skor di menit ke-84.

Lengah di akhir laga, Atletico Madrid kecolongan di menit 90+3. Marc Bartra berhasil memperkecil angka, namun tetap tak mampu melepaskan timnya dari kekalahan. Atleti kini kumpulkan 32 poin, hanya tertinggal dua poin dari Sevilla.

5. Persaingan tiket kompetisi Eropa ketat

Rangkuman La Liga Pekan ke-18, Barcelona Juara Paruh Musimtwitter.com/LaLiga

Persaingan ketat tak hanya berlaku untuk trofi juara La Liga saja. Perseteruan untuk meraih tiket kompetisi Eropa musim depan pun tak kalah menarik. Real Sociedad yang menang 3-4 atas Osasuna mampu naik ke peringkat lima, menggeser Getafe dan Athletic Bilbao yang gagal menang.

Peringkat empat Atleti pun belum aman dengan hanya selisih satu angka dari Real Sociedad. Peluang Getafe, Atheletic Bilbao dan Valencia pun masih cukup terbuka lebar untuk paruh musim kedua. 

Hasil lengkap:

  • Eibar 3-0 Granada
  • Real Mallorca 0-2 Sevilla
  • Barcelona 4-1 Deportivo Alaves
  • Villarreal 1-0 Getafe
  • Real Valladolid 1-1 Valencia
  • Leganes 2-0 Espanyol
  • Osasuna 3-4 Real Soceidad (
  • Real Betis 1-2 Atletico Madrid
  • Levante 3-1 Celta Vigo
  • Real Madrid 0-0 Athletic Bilbao

Itulah rangkuman lengkap La Liga pekan terakhir di tahun 2019. Mampukah Barcelona konsisten menjaga takhtanya?

Baca Juga: Saingi Barcelona, PSG Ikut Mengejar Pep Guardiola

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya