5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs. Dortmund di GW2 UCL

Erling Haaland bakal reuni untuk pertama kalinya

Matchday kedua Liga Champions Eropa fase grup bakal menyajikan laga menarik antara Manchester City dan Borussia Dortmund, Kamis dini hari (15/09/2022). Pemenang duel ini akan menjadi pemuncak grup G yang juga diisi oleh Sevilla dan Copenhagen.

Erling Haaland bakal menjadi pusat perhatian pada pertandingan ini. Pasalnya ini akan menjadi kali pertama dia menghadapi mantan klubnya setelah hengkang ke Mancheseter City pada musim panas 2022. Berikut ini beberapa fakta menarik jeland duel akbar ini.

1. Dortmund datang dengan luka kekalahan di Bundesliga

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs. Dortmund di GW2 UCLskuad Dortmund pasca menelan kekalahan dari RB Leipzig di Bundesliga (bvbbuzz.com)

Borussia Dortmund berbekal hasil buruk jelang bertamu ke Etihad Stadium menghadapi Manchester City. Anak asuh Edin Terzic dihajar RB Leipzig degan skor telak 3-0 di Bundesliga. Padahal, mereka menurunkan skuad terbaiknya di pertandingan itu.

Hasil tersebut menjadi modal buruk karena bakal berdampak pada mentalitas pemain. Apalagi, Dortmund kehilangan beberapa pemain inti karena cedera seperti Thorgan Hazard dan Mahmud Dahoud, sementara Karim Adeyemi belum fit seratus persen.

2. Erling Haaland sedang panas, siap bobol mantan klub?

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs. Dortmund di GW2 UCLErling Haaland (twitter.com/ManCity)

Erling Haaland harus langsung berhadapan dengan mantan klubnya di fase grup UCL pascaresmi pergi ke Manchester City musim panas 2022 ini. Performa sang striker pun langsung gacor dengan torehan 12 gol hanya dari 8 penampilan di semua ajang.

Kini ketajamannya bakal benar-benar diuji oleh sang mantan klub, Borussia Dortmund. Dia tidak akan mencetak gol dengan mudah karena mantan-mantan rekannya sudah sangat mengenal sang striker. Erling Haaland menghabiskan dua tahun kariernya di Borussia Dortmund dengan torehan 86 gol dari 89 pertandingan.

Baca Juga: 5 Pemain Norwegia di EPL 2022/2023, Gak Cuma Haaland

3. Manchester City unggul tipis secara head to head

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs. Dortmund di GW2 UCLduel Dortmund vs Man City di UCL musim 2020/2021 (uefa.com)

Duel ini sudah tidak asing bagi kedua tim. Manchester City telah berhadapan dengan Dortmund sebanyak 4 kali dengan rincian 2 kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah. Terakhir kali keduanya berhadapan di babak perempat final musim 2020/2021.

Musim itu Manchester City keluar sebagai pemenang dengan skor aggregate 4-2. Pep Guardiola pun sudah sangat mengenal lawannya ini. Dia sudah 13 kali melawan Dortmund dengan statistik memukau, yaitu 8 kemenangan, 4 kalah, dan hanya sekali imbang.

4. Catatan apik Manchester City saat bermain di kandang

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs. Dortmund di GW2 UCLselebrasi gol para pemain Manchester City (twitter.com/ManCity)

Manchester City lebih difavoritkan pada laga ini karena unggul dari berbagai aspek teknis. Tak hanya itu, catatan kandang mereka pun luar biasa. The Cityzens meraih 11 kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah dalam 13 laga kandang terakhirnya di UCL.

Terakhir kali mereka mengalami kekalahan kandang pada Agustus 2020 lalu saat dibungkam Lyon di leg kedua babak perempat final. Di sisi lain catatan tandang Dortmund cukup buruk. Mereka menelan dua kekalahan dari tiga laga tandang terakhir di Liga Champins Eropa.

5. Prediksi starting XI

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs. Dortmund di GW2 UCLKevin De Bruyne berduel dengan Emre Can (uefa.com)

Tiga pemain bertahan Manchester City bakal absen karena mengalami cedera. Mereka adalah Kyle Walker, John Stones, dan Aymeric Laporte. Namun, Pep Guardiola tak begitu khawatir karena memiliki kedalaman skuad yang mumpuni. 

Mereka berpotensi menurunkan mantan pemain Dortmund lainnya Manuel Akanji sebagai starter. Berikut ini prediksi skuad inti yang bakal diturunkan kedua pelatih.

Manchester City (4-3-3): Ederson; Gomez, Akanji, Dias, Cancelo; Bernardo Silva, Rodri, De Bruyne; Grealish, Haaland, Foden.

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Meyer; Guerreiro, Schlotterbeck, Hummels, Meunier; Bellingham, Ozcan; Brandt, Reus, Reyna; Modeste.

 

Duel ini akan berjalan sangat panas jika melihat gaya bermain kedua tim. Pep Guardiola dan Edin Terzic dikenal memainkan gaya sepak bola menyerang. Tak hanya itu, pemenang laga ini dipastikan bakal memuncaki klasemen grup G yang akan semakin memanaskan duel  ini.

Baca Juga: 5 Pemain Bergabung ke Borussia Dortmund pada Musim Panas 2022

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya