Comscore Tracker

Liga Champions: 5 Fakta Menarik Grup E, Liverpool Juara Grup 

Ditemani Napoli lolos ke 16 besar, selamat!

Laga terakhir fase grup Liga Champions digelar pada Rabu dini hari (11/12). Grup E telah meloloskan dua wakilnya, Liverpool dan Napoli. 

Keduanya dipastikan lolos setelah sama-sama meraih kemenangan atas lawannya masing-masing di laga pamungkas. Terdapat berbagai catatan menarik di dalamnya. Berikut ini adalah lima fakta di antaranya.

1. Kalahkan Salzburg, Liverpool juara grup E

Liga Champions: 5 Fakta Menarik Grup E, Liverpool Juara Grup twitter.com/LFC

Bermain di kandang Salzburg, Liverpool hanya membutuhkan hasil imbang demi bisa lolos ke babak 16 besar. Sedangkan tuan rumah butuhkan kemenangan. Laga keduanya sempat berjalan imbang di babak pertama. 

Namun The Reds akhirnya mengamuk di babak kedua. Mereka mencetak dua gol hanya dalam waktu dua menit melalui Naby Keita (58') dan Mohamed Salah (59'). Skor bertahan hingga akhir, Liverpool pun keluar sebagai juara grup E. 

2. Hat-trick Arkadiusz Milik bawa Napoli lolos ke babak 16 besar

Liga Champions: 5 Fakta Menarik Grup E, Liverpool Juara Grup twitter.com/en_sscnapoli

Di laga lainnya Napoli pun tampil tak kalah garang. Il Partinopei  berhasil membungkam RKC Genk dengan skor 0-4. Arkadiusz Milik menjadi bintang dengan mencetak hat-trick, sedangkan satu gol lainnya lahir dari penalti Dries Martens. 

Dengan hasil tersebut Napoli keluar sebagai runner up dengan 12 poin, kalah satu angka dari Liverpool, yang keluar sebagai juara grup.

Baca Juga: Bungkam Aston Villa, Leicester City Tempel Ketat Liverpool di Puncak

3. RB Salzburg harus puas turun ke Liga Eropa

Liga Champions: 5 Fakta Menarik Grup E, Liverpool Juara Grup uefa.com

RB Salzburg sejatinya tampil cukup luar biasa di Liga Champions musim ini. Mereka mampu menyaingi tim berpengalaman seperti Liverpool dan Napoli. Namun kekalahan di laga terakhir membuat langkah mereka harus terhenti. 

Mereka hanya finish di peringkat tiga dengan tujuh poin. Meski demikian, mereka tak perlu berkecil hati. Salzburg akan tampil di babak 32 besar Liga Eropa sebagai wakil dari tim 'terbuang' Liga Champions. 

4. Rapor buruk RKC Genk

Liga Champions: 5 Fakta Menarik Grup E, Liverpool Juara Grup uefa.com

Genk memang menjadi tim terlemah di grup E ini. Raihan mereka di fase grup pun cukup miris. Mereka tak pernah sekali pun meraih kemenangan dari enam laga. Tim asal Belgia tersebut hanya meraih satu poin, hasil sekali imbang saat melawan Napoli di pertemuan pertama. 

Genk menjadi lumbung gol lawan dengan kebobolan 20 gol dan hanya mampu mencetak lima gol saja. 

5. Mengejutkan, Carlo Ancelotti dipecat usai bawa Napoli lolos ke 16 besar

Liga Champions: 5 Fakta Menarik Grup E, Liverpool Juara Grup .foot01.com

Carlo Ancelotti berhasil membawa Napoli lolos ke babak 16 besar untuk pertama kali sejak musim 2017/2018. Namun raihan tersebut tak membuat dirinya dipertahankan sebagai manajer Napoli.

Tepat setelah laga melawan Genk, Napoli mengumumkan bahwa sang pelatih dipecat. Hal itu tak lepas dari hasil buruk di Serie A yang tak pernah menang dalam tujuh laga terakhir. Efeknya Napoli saat ini terlempar ke posisi tujuh Serie A.

Itulah deretan fakta menarik fase grup Liga Champions grup E musim ini.

Baca Juga: Gagal di Liga Champions, 8 Klub Ini Turun Kasta Ke Liga Eropa

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You