Kalahkan AS Monaco, Dortmund Geser Atletico Madrid Sebagai Juara Grup

Selamat ya!

Borussia Dortmund berhasil kalahkan tuan rumah AS Monaco di matchday ke-6 atau terakhir fase grup Liga Champions dengan skor 0-2 Rabu dinihari (12/12). Brace  Raphael Gurreiro di menit 15 dan 88 mengunci kemenangan Dortmund sekaligus mengantarkan mereka sebagai juara grup A.

Dortmund bersama Atletico Madrid menjadi dua tim dari grup A yang berhasil lolos ke babak 16 besar, sedangkan AS Monaco terpuruk di dasar klasemen dengan hanya raihan satu angka.

1. Raphael Gurreiro, pemain lapis kedua yang bersinar di Liga Champions

Kalahkan AS Monaco, Dortmund Geser Atletico Madrid Sebagai Juara Gruptwitter.com/BlackYellow

Dortmund sebenarnya sudah memastikan lolos ke babak 16 besar sejak matchday ke-5, tak heran mereka mengistirahatkan beberapa pemain intinya saat menghadapi AS Monaco semalam.

Meski melakukan rotasi pemain, Dortmund tetap berhasil menguasai jalannya pertandingan. Anak asuh Lucien Favre mampu menguasai 62% bola dan berhasil melakukan 14 percobaan, serta 4 diantaranya menjadi shoot on goal.  Raphael Gurreiro yang sering dicadangkan di Bundesliga justru menjadi bintang dengan mencetak dua gol melalui proses yang sama, umpan datar dari sisi sayap.

Hebatnya, dari 4 laga yang telah dia jalani di Liga Champions, pemain yang baru berusia 24 tahun tersebut telah mencetak 4 gol, yang terbanyak diantara pemain lainnya. Padahal di Bundesliga sendiri, sang pemain hanya baru bermain 6 kali dari 14 laga yang telah dijalani dan belum mencetak satu pun gol.

Baca Juga: Dramatis, Ini 5 Fakta Matchday Terakhir Fase Grup Liga Champions 

2. Kudeta Atletico Madrid di puncak klasemen

Kalahkan AS Monaco, Dortmund Geser Atletico Madrid Sebagai Juara Gruptwitter.com/BlackYellow

Dengan kemenangan ini, Dortmund berhasil keluar sebagai juara grup A, setelah Atletico Madrid hanya bermain 0-0 melawan Club Brugge. Kedua tim memiliki poin yang sama, 13 poin dari 4 kemenangan satu kekalahan dan sekali imbang. Namun Dortmund berhasil unggul head-to-head setelah menang 4-0 atas Atleti di pertemuan pertama, dan hanya kalah 2-0 di pertemuan kedua.

Hasil ini pun menyempurnakan performa Dortmund di akhir tahun 2018. Saat ini mereka menjadi satu-satunya tim yang tak terkalahkan di Bundesliga hingga pekan ke-14, dan berada di puncak klasmen dengan keunggulan 7 angka dari Moenchengladbach yang berada di posisi kedua.

3. Rekor buruk Thiery Henry

Kalahkan AS Monaco, Dortmund Geser Atletico Madrid Sebagai Juara Grupstraitstimes.com

Dengan kekalahan ini menjadikan AS Monaco satu-satunya tim yang tak pernah meraih kemenangani dua musim beruntun di fase grup Liga Champions sejak Dinamo Zagreb pada musim 2011/2012 dan 2010/2013. Monaco menderita 5 kekalahan dan hanya sekali imbang di fase grup musim ini. Lebih parah lagi, mereka hanya bisa mencetak 2 gol dan kebobolan 14 gol.

Mimpi buruk AS Monaco tak hanya terjadi di Liga Champions, nasib mereka di Liga Prancis pun tak lebih baik. Saat ini mereka terpuruk di posisi ke-19 yang mana sangat ironis karena dua musim lalu mereka adalah juara Ligue 1.

Thierry Henry yang baru ditunjuk pada bulan Oktober pun belum mampu memberikan perubahan. Dari 11 laga yang telah dijalani di semua kompetisi, Henry hanya meraih 1 kemenangan, 2 kali imbang dan 8 kekalahan.

4. Cuplikan laga

https://www.youtube.com/embed/l0nU6Uup_T0

Susunan pemain:

AS Monaco (4-1-4-1): Diego Benaglio; Giulian Biancone, Kamil Glik, Benoit Badiashile Mukinay, Andrea Raggi; Benjamin Henrichs, Youri Tielemans, Youssef Ait Bennasser, Han-Noah Massengo (K. Thuram-Ulien 69') Sofiane Diop, Radamel Falcao (M. Sylla 64').

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Marwin Hitz; Achraf Hakimi, Omer Toprak, Abdou Diallo, Marcel Schmelzer; Julian Weigl, Mahmoud Dahoud; Christian Pulisic, Mario Gotze, Raphael Guerreiro (Sergio Gómez 95') Maximilian Philipp (Paco Alcácer 79').

Baca Juga: Beberapa Kondisi yang Tentukan Nasib Liverpool di Grup C

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya