Kekalahan Perdana Zidane, Real Madrid Tersungkur di Kandang Valencia

Valencia berpeluang masuk empat besar

Trend positif kemenangan anak asuh Zinedine Zidane harus terhenti di pekan ke-30 La Liga. Bertandang ke Mestalla Stadium, El Real harus tunduk dengan skor 2-1 dari Valencia pada Kamis dini hari (04/04) WIB. Kekalahan ini menjadi yang perdana diderita Zidane usai kembali diserahi tugas melatih Real Madrid.

Dua gol tuan rumah tercipta melalui aksi Goncalo Guedes dan Ezequiel Garay, sedangkan satu gol balasan Real Madrid lahir dari kaki Karim Benzema. Hasil ini tak mengubah posisi Real Madrid di posisi ketiga, sedangkan Valencia mampu naik ke peringkat 5 klasemen sementara. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Real Madrid kuasai laga, namun Valencia unggul memanfaatkan sepakan bola mati

Kekalahan Perdana Zidane, Real Madrid Tersungkur di Kandang Valenciartve.es

Real Madrid tampil cukup meyakinkan dengan menguasai jalannya pertandingan sejak awal laga. Zidane menampilkan skuat terbaiknya dengan memasang duet Vazquez-Benzema-Asensio di lini serang El Real. Namun tak ada peluang berbahaya yang mampu mereka lesatkan hingga laga berjalan setengah jam.

Justru tim tuan rumah yang mampu mengejutkan di menit ke-35. Berawal dari sepakan pojok, tembakan Guedes mampu menembus gawang Madrid yang dikawal Kelor Navas. El Real langsung tersentak dan mencoba untuk samakan angka di waktu tersisa babak pertama, namun usaha Asensio masih gagal membuahkan hasil. Babak pertama pun berakhir 1-0 untuk tuan rumah.

Kembali dari kamar ganti, El Real sempat kembali dikejutkan aksi Carlos Soler. Beruntung bagi Madrid, usahanya itu masih bisa dihalau Navas. Mencoba menambah daya gempur, Zidane memasukkan sekaligus Isco dan Gareth Bale di menit ke-64. El Real mampu terus menguasai laga hingga 68 persen dan menciptakan 15 percobaan, berbanding 11 miliki tuan rumah.

Namun usaha mereka selalu terbentur pagar kokoh pertahanan Valencia. Alih-alih samakan angka, Madrid justru kembali kebobolan di menit ke-83 melalui sundulan Garay usai manfaatkan sepakan pojok Daniel Parejo. Jelang laga berakhir, Madrid mampu perkecil kedudukan menjadi 2-1 setelah Karim Benzema berhasil jebloskan bola usai menerima umpan Luca Modric. Gol itu sekaligus menutup pertandingan malam tersebut. Madrid pun harus pulang dengan tangan kosong.

Baca Juga: Zidane Inginkan Real Madrid Datangkan Pemain Liverpool, Sadio Mane

2. Zinedine Zidane menganggap kekalahan ini layak diterima anak asuhnya

Kekalahan Perdana Zidane, Real Madrid Tersungkur di Kandang Valenciastandard.co.uk

Setelah mengambil alih kursi kepelatihan dari tangan Santiago Solari sebulan yang lalu, kekalahan ini menjadi yang pertama bagi Zidane. Kini Real Madrid masih tertahan di posisi ketiga dengan 47 poin, tertinggal 13 angka dari Barcelona yang puncaki klasemen. Menanggapi hasil ini, Zidane menyatakan jika ini merupakan kekalahan yang adil. Meski Madrid menguasai bola, Zidane mengakui jika Valencia mampu tampil lebih baik dan efektif.

Dua gol tuan rumah terlahir berawal dari sepakan pojok yang dimanfaatkan dengan sangat baik. Valencia pun kini naik ke peringkat 5, dan berpeluang besar untuk meraih tiket liga Champions. Tentunya dengan syarat menggusur Getafe yang hanya berselisih satu poin.

Musim ini menjadi musim yang buruk bagi Real Madrid setelah tersingkir di semua kompetisi dan kalah dalam persaingan trofi La Liga. Meski begitu, Zidane meyakinkan timnya tidak akan bermain setengah hati di sisa musim ini. Mereka akan terus mencoba memperbaiki performa demi persiapan musim selanjutnya.

"Saya selalu mengatakan bahwa hasilnya adil dan saya terima. Tapi, laga ini berlangsung seimbang. Mereka mencetak dua gol yang terjadi lewat bola mati. Kami harus terima bahwa Valencia menang. Ini adalah momen yang sulit karena musim berjalan tidak bagus."

"Para pemain akan bertarung hingga akhir musim dan kami akan mencoba untuk mengakhiri musim dengan baik dan mempersiapkan untuk musim selanjutnya," ungkap pelatih berusia 46 tahun itu.

3. Laga selanjutnya kedua tim

Kekalahan Perdana Zidane, Real Madrid Tersungkur di Kandang Valenciatwitter.com/realmadrid

Kedua tim tidak bisa berleha-leha setelah laga malam tadi. Dua hari berselang mereka akan kembali bertarung di lanjutan La Liga pekan ke-31. Real Madrid akan menjamu Eibar pada Sabtu malam (06/04). Meski peluang juara cukup tertutup, Madrid masih berpeluang untuk meraih posisi yang lebih baik sebagai runner up. Madrid tertinggal lima poin dari tim sekota, Atletico Madrid. Sehingga kemenangan atas Eibar akan menjadi poin yang krusial.

Di laga lainnya, Valencia akan bertamu ke kandang Rayo Vallecano. Kemenangan menjadi harga mati demi meraih tiket liga Champions musim depan yang menjadi rebutan empat tim lainnya, Getafe, Alaves, Sevilla dan Athletic Bilbao. Kelima tim tersebut hanya terpaut poin yang tipis di klasemen. Dengan sisa 8 laga, perebutan tiket Liga Champions untuk musim depan akan berjalan sangat menarik.

Baca Juga: Kembali Latih Real Madrid, Ini 4 Pemain Baru Incaran Zinedine Zidane 

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya