5 Klub Belanda Paling Sering Dihadapi Liverpool di Kompetisi Eropa

Liverpool selalu mendominasi

Liverpool adalah salah satu klub tersukses di Eropa. Sepanjang sejarahnya, The Reds telah mengoleksi enam gelar UEFA Champions League (UCL) atau Liga Champions Eropa dan tiga trofi Liga Europa. Di bawah asuhan Jurgen Klopp, Liverpool selalu menjadi unggulan di UCL.

The Reds kembali berada di grup sulit pada musim 2022/2023. Mereka bahkan harus menelan kekalahan pada laga pembuka dari Napoli dengan skor 4-1. Matchday kedua tidak akan lebih mudah dengan menghadapi Ajax.

Kendati demikian, Liverpool memiliki rekor sangat baik melawan klub asal Belanda. Nah, berikut ini adalah tim Belanda paling sering dihadapi Liverpool di kompetisi Eropa.

1. PSV Eindhoven (6 kali)

5 Klub Belanda Paling Sering Dihadapi Liverpool di Kompetisi EropaIbrahim Afellay pernah berseragam PSV di musim 2008/2009 (psv.nl)

PSV Eindhoven menjadi klub Belanda paling sering dihadapi Liverpool di kompetisi Eropa. The Reds tak terkalahkan dari enam pertemuan dengan torehan lima kemenangan dan sekali imbang.

Semua laga tersebut terjadi di ajang Liga Champions Eropa. Terakhir kali kedua tim bertemu pada musim 2008/2009 di fase grup. Liverpool kemudian lolos sebagai juara grup, sedangkan PSV terpuruk di dasar klasemen.

2. Ajax Amsterdam (4 kali)

5 Klub Belanda Paling Sering Dihadapi Liverpool di Kompetisi EropaLiverpool vs Ajax (uefa.com)

Liverpool sudah berhadapan dengan Ajax Amsterdam sebanyak empat kali dan semua terjadi di Liga Champions Eropa. The Reds unggul dengan torehan dua kemenangan, sekali imbang, dan sekali kalah. Terakhir kali kedua tim berhadapan pada musim 2020/2021 di fase grup dengan kemenangan mutlak bagi Liverpool.

Sedangkan dua laga lainnya terjadi pada babak 16 besar musim 1966/1967. Kala itu, Ajax  keluar sebagai pemenang dengan skor agregat 7-3. Era tersebut Ajax diisi sosok pemain legendaris, Johan Cruyff.

Baca Juga: Tampil Kurang Konsisten, Apa yang Salah dari Liverpool?

3. Vitesse Arnhem (2 kali)

5 Klub Belanda Paling Sering Dihadapi Liverpool di Kompetisi Eropaselebrasi gol pemain Vitesse Arnhem (vitesse.nl)

Liverpool berhadapan dengan Vitesse Arnhem di UEFA Cup, yang kini disebut Liga Europa, pada musim 2002/2003. Era tersebut kompetisi ini masih menggunakan sistem knock out sejak awal.

Kedua tim bertemu di babak ketiga, di mana Liverpool memenangkan dua laga itu dengan skor identik 1-0. The Reds sendiri berhasil melaju hingga babak perempat final sebelum disingkirkan Celtic.

4. AZ Alkmaar (2 kali)

5 Klub Belanda Paling Sering Dihadapi Liverpool di Kompetisi Eropaselebrasi gol pemain AZ Alkmaar (twitter.com/AZAlkmaar)

Liverpool berhadapan dengan AZ Alkmaar di Liga Champions Eropa pada musim 1981/1982 saat masih bernama European Cup. Keduanya berhadapan di babak 16 besar. Liverpool ditahan imbang 2-2 pada leg pertama, tetapi berhasil menang 3-2 pada leg kedua di Anfield.

The Reds sendiri berhasil lolos hingga babak perempat final. Sayangnya, langkah mereka terhenti di tangan CSKA Sovia. Pada musim tersebut, klub Inggris lainnya yang keluar sebagai juara, yaitu Aston Villa setelah mengalahkan Bayern Munich di final.

5. FC Utrecht (2 kali)

5 Klub Belanda Paling Sering Dihadapi Liverpool di Kompetisi EropaFC Utrecht vs Liverpool di UEFA Cup 2010/2011 (uefa.com)

FC Utrecht dan Liverpool saling berhadapan sebanyak dua kali di fase grup Liga Europa pada musim 2010/2011. Dua laga tersebut berakhir imbang tanpa gol. Liverpool sendiri keluar sebagai juara grup, sedangkan FC Utrecht terdampar di dasar klasemen.

Sayangnya, The Reds tidak mampu berjalan lebih jauh. Mereka tersingkir di babak 16 besar usai dikalahkan SC Braga. SC Braga sendiri mampu lolos hingga final sebelum dikalahkan sesama klub Portugal, FC Porto.

 

Liverpool akan berhadapan dengan Ajax Amsterdam di matchday kedua UCL musim 2022/2023. Jika melihat jejak rekamnya, The Reds selalu tampil dominan.

Apalagi kualitas skuad The Reds pun lebih mumpuni. Bisakah Liverpool meraih kemenangan pertamanya di UCL musim 2022/2023?

Baca Juga: Liverpool Bersua Ajax, Ada Penghormatan untuk Ratu Elizabeth II

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya