5 Klub dengan Skuad Termuda di LaLiga 2021/2022

Barcelona salah satunya

LaLiga 2021/2022 berjalan cukup menarik. Real Madrid mendominasi puncak klasemen di tengah penurunan performa dua rival abadinya, Atletico Madrid dan Barcelona. Di sisi lain, klub-klub kuda hitam turut menarik perhatian lewat performa yang memukau.

Menariknya lagi, klub-klub tersebut diwarnai dengan skuad muda potensial. Beberapa pemain bahkan tampil menonjol dan menarik minat klub-klub top Eropa. Berikut ini lima tim dengan skuad termuda di LaLiga musim ini:

1. Valencia (24,6 tahun)

5 Klub dengan Skuad Termuda di LaLiga 2021/2022Pemain Valencia melakukan selebrasi gol. (twitter.com/valenciacf_en)

Valencia merupakan klub Spanyol yang memiliki sejarah panjang di LaLiga. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, performa mereka merosot tajam di bawah kepemilikian pebisnis asal Singapura, Peter Lim. Dia memulai proyek jangka panjang klub lewat para pemain muda.

Valencia menjadi skuad termuda dengan rata-rata usia 24,6 tahun. Ilaix Moriba adalah pemain termuda di dalam skuad dengan usia 19 tahun. Lulusan La Masia itu berstatus pemain pinjaman dari RB Leipzig. Hingga pekan ke-27, Valencia hanya mampu duduk di peringkat ke-9.

2. Real Sociedad (25,1 tahun)

5 Klub dengan Skuad Termuda di LaLiga 2021/2022Pemain Real Sociedad berselebrasi usai kalahkan Real Mallorca. (marca.com)

Real Sociedad merupakan klub dengan skuad termuda dalam 2 musim terakhir. Kini, mereka berada di urutan kedua dengan rata-rata usia 25,1 tahun. Meski demikian, mereka tampil konsisten dan selalu berhasil finis di peringkat enam besar.

Alexander Isak menjadi pemain paling menonjol. Ia berperan sebagai mesin gol klub. Striker asal Swedia itu sudah mengoleksi 41 gol dari 120 laga. Keseimbangan dengan pemain berpengalaman, seperti David Silva dan Nacho Monreal, menjadi kunci utama tim. Saat ini, mereka menempati peringkat ke-6 dan masih berpeluang untuk merebut tiket Liga Champions musim depan.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terbaru Real Sociedad pada 2021/2022

3. Barcelona (25,3 tahun)

5 Klub dengan Skuad Termuda di LaLiga 2021/2022Pemain Barcelona melakukan selebrasi gol. (fcbarcelona.com)

Pada musim panas 2021, Barcelona melepas beberapa bintangnya, seperti Lionel Messi, Antoine Griezmann, dan Miralem Pjanic. Setelah pergantian pelatih ke tangan Xavi Hernandez, dia mengembalikan identitas klub dengan mengandalkan pemain muda.

Saat ini, usia rata-rata skuad Barcelona adalah 25,3 tahun. Gavi, Pedri, dan Ansu Fati menjadi sederet pemain termuda yang bakal menjadi masa depan klub. Blaugrana pun berhasil bangkit dan kembali bersaing di peringkat empat besar.

4. Athletic Bilbao (26,2 tahun)

5 Klub dengan Skuad Termuda di LaLiga 2021/2022Pemain Athletic Bilbao melakukan selebrasi gol. (twitter.com/AthleticClub)

Athletic Bilbao selalu menjadi tim yang menyulitkan bagi klub-klub mapan LaLiga. Musim ini, mereka bahkan berhasil menyingkirkan Barcelona dan Real Madrid di Copa del Rey. Anak asuh Marcelino Garcia Toral itu memiliki rata-rata usia 26,2 tahun.

Oihan Sancet, yang berusia 21 tahun, menjadi top skor klub dengan torehan enam gol di LaLiga. Saat ini, mereka menempati peringkat ke-8 dengan 40 poin. Bilbao hanya berjarak enam poin untuk bersaing memperebutkan tiket Liga Europa musim depan.

5. Getafe (26,5 tahun)

5 Klub dengan Skuad Termuda di LaLiga 2021/2022Pemain Getafe melakukan selebrasi gol. (twitter.com/GetafeCF)

Klub asal Madrid ini berada di urutan kelima sebagai skuad termuda di LaLiga musim ini. Getafe memiliki rata-rata usia pemain 26,5 tahun. Enes Unal, yang berusia 24 tahun, menjadi sosok paling menonjol di dalam tim.

Pemain asal Turki itu telah mencetak tiga belas gol dan duduk di urutan kedua top skor sementara di bawah Karim Benzema. Sayangnya, performa klub belum lebih baik dari musim lalu. Saat ini, mereka menempati urutan ke-15 di tabel klasemen.

Bermodal para pemain muda  potensial, beberapa klub mampu menunjukan performa apik. Beberapa di antaranya bahkan bersaing di papan atas. Dengan sisa kurang lebih sepuluh pertandingan, layak untuk dinantikan sejauh mana mereka mampu bersaing.

Baca Juga: 5 Pemain yang Direkrut Barcelona bersama Luis Suarez dan Nasibnya Kini

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya