4 Klub Inggris Terakhir Lawan AS Roma di Kompetisi Eropa

AS Roma bersua Brighton pada babak 16 besar UEL 2023/2024

Langkah AS Roma di Europa League 2023/2024 terus berlanjut. Giallorossi berhasil lolos ke babak 16 besar usai menyingkirkan Feynoord lewat adu penalti. Lawan berat kini sudah menanti anak asuh Daniele De Rossi di babak 16 besar, yaitu Brighton & Hove Albion.

Pertandingan ini akan menjadi duel perdana kedua tim di kompetisi Eropa. Namun, AS Roma memiliki keunggulan penting. Mereka lebih berpengalaman di kompetisi ini dan sudah cukup sering berhadapan dengan klub-klub yang berasal dari Inggris. Fakta ini bisa dilihat dari statistik AS Roma dalam empat pertemuan terakhir melawan klub Inggris di kompetisi Eropa. Mari kita simak ulasannya.

1. Leicester City disingkirkan AS Roma di babak semifinal Liga Konferensi Eropa 2021/2022

4 Klub Inggris Terakhir Lawan AS Roma di Kompetisi EropaTammy Abraham cetak gol ke gawang Leicester City (uefa.com)

Musim perdana Jose Mourinho di AS Roma berjalan luar biasa. Meski hanya finis di urutan keenam Serie A Italia 2021/2022, mereka berjaya di Liga Konferensi Eropa. Musim tersebut merupakan musim debut kasta ketiga kompetisi Eropa tersebut. AS Roma mampu melangkah jauh hingga babak final.

Pencapaian tersebut diraih usai mengalahkan Leicester City di babak semifinal. Pada leg pertama di King Power Stadium, AS Roma berhasil menahan imbang tuan rumah dengan skor 1-1. Gol AS Roma dilesatkan Lorenzo Pellegrini.

Sedangkan, pada leg kedua AS Roma mampu menang dengan skor tipis 1-0 lewat gol Tammy Abraham. Giallorossi lantas lolos ke final untuk menghadapi Feynoord. Memainkan sepak bola bertahan, AS Roma berhasil menjadi juara usai menang dengan skor 1-0 yang dicetak Nicolo Zaniolo.

Baca Juga: 8 Pelatih Serie A Italia 2023/2024 yang Dipecat hingga Pekan Ke-25

2. AS Roma dikalahkan Manchester United dengan skor aggregate 8-5 di semifinal Liga Eropa

4 Klub Inggris Terakhir Lawan AS Roma di Kompetisi EropaAS Roma vs Manchester United di semifinal Liga Eropa (asroma.com)

Dalam 4 musim terakhir, AS Roma memiliki catatan apik jika bermain di kompetisi Eropa. Salah satu momennya terjadi pada ajang Europa League 2020/2021. Saat itu, AS Roma sukses melaju hingga babak semifinal usai menumbangkan Ajax dengan skor aggregate 3-2 di perempat final.

AS Roma kemudian sudah ditunggu lawan berat, yaitu Manchester United asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Leg pertama dilangsungkan di Old Trafford. AS Roma sebenarnya tampil meyakinkan dengan unggul 2-1 pada babak pertama. Namun, laga tersebut harus memakan korban di pihak AS Roma.

Tiga pemainnya, yakni Jordan Veretout, Pau Lopez, dan Leonardo Spinzzola, mengalami cedera sebelum peluit istirhatah dibunyikan. Kondisi ini berhasil dimanfaatkan MU dengan sangat baik. Mereka bangkit pada babak kedua dengan mencetak lima gol balasan yang akhirnya membuat laga berakhir dengan skor 2-6 untuk kemenangan MU.

AS Roma sebenarnya mampu menang dengan skor 3-2 pada leg kedua. Namun, skor tersebut belum cukup membawa mereka ke babak final. Pasukan Francesco Fonseca harus tersingkir dengan skor aggregate 5-8.

3. AS Roma ungguli Chelsea di fase grup Liga Champions Eropa 2017/2018

4 Klub Inggris Terakhir Lawan AS Roma di Kompetisi EropaAS Roma vs Chelsea di Liga Champions Eropa 2017/2018 (asroma.com)

Musim 2017/2018 adalah salah satu momen ajaib AS Roma di Liga Champions Eropa. Performa luar biasa mereka sudah tampak pada fase grup. Tergabung di grup neraka bersama Atletico Madrid, Chelsea, dan Qarabag FK, AS Roma mampu keluar sebagai juara grup.

Prestasi tersebut tidak lepas dari performa apik kala menghadapi Chelsea. Giallorossi mampu menahan imbang The Blues dengan skor 3-3 pada pertemuan pertama. Sedangkan, pertemuan kedua berhasil dimenangkan AS Roma dengan skor mencolok 3-0.

Kemenangan tersebut lantas membuat AS Roma keluar sebagai juara grup, sedangkan Chelsea sebagai runner up. Kedua tim sebenarnya memiliki poin sama, yaitu 11 angka. Namun, AS Roma unggul secara head to head.

4. Langkah fenomenal AS Roma di Liga Champions 2017/2018 dihentikan Liverpool

4 Klub Inggris Terakhir Lawan AS Roma di Kompetisi EropaAS Roma vs Liverpool di Liga Champions Eropa 2017/2018 (asroma.com)

AS Roma mampu melangkah hingga babak semifinal Liga Champions Eropa 2017/2018. Salah satu momen ikonik terjadi pada babak perempat final kala menghadapi Barcelona. AS Roma berhasil lakukan comeback sensasional dengan menang 3-0 pada leg kedua, setelah terbantai 1-4 pada leg perdana.

Mereka lantas berhadapan dengan Liverpool di babak semifinal. Momen ajaib sebelumnya hampir terulang kala melawan The Reds. AS Roma kalah telak 5-2 di Anfield dan berhasil menang 4-2 pada leg kedua. Sayangnya, skor tersebut belum cukup membawa mereka melaju ke babak final.

Liga Europa 2023/2024 menjadi satu-satunya harapan AS Roma meraih trofi pada musim ini. Hal ini juga sekaligus menjadi ajang pembalasan musim lalu setelah kalah di babak final. Namun, tentunya mereka terlebih dulu harus menyingkirkan Brighton & Hove Albion di babak 16 besar jika ingin mewujudkan ambisi tersebut.

Baca Juga: 5 Laga Pertama AS Roma di Bawah Kepemimpinan De Rossi, Bangkit?

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

Saya cukup suka menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya