5 Klub Top Eropa yang Berpotensi Tanpa Gelar pada 2021/2022

Ada Barcelona dan Chelsea, lho!

Kompetisi di liga-liga top Eropa meninggalkan beberapa pertandingan lagi. Persaingan memperebutkan juara telah mengerucut pada sedikit tim. Bagi beberapa tim raksasa, musim 2021/2022 menjadi musim yang kurang menyenangkan.

Pasalnya, peluang mereka untuk meraih trofi tersisa pada musim ini sangat sulit. Beberapa tim besar bahkan dipastikan tanpa gelar.

1. AC Milan

5 Klub Top Eropa yang Berpotensi Tanpa Gelar pada 2021/2022potret Rafael Leao (uefa.com)

AC Milan secara mengejutkan dibantai Inter Milan 3-0 pada semifinal leg kedua Coppa Italia. Kekalahan ini memastikan mereka tersingkir dari ajang ini. Scudetto kini menjadi satu-satunya trofi yang tersisa bagi Rossoneri.

Trofi itu pun akan sangat sulit didapatkan. Meski saat ini AC Milan berada di puncak klasemen, mereka berpotensi ditelikung Inter Milan. Kedua tim hanya berselisih dua poin, tetapi Inter Milan masih memiliki satu tabungan laga melawan Bologna.

2. Manchester United

5 Klub Top Eropa yang Berpotensi Tanpa Gelar pada 2021/2022Manchester United (twitter.com/SquawkaNews)

Nasib Manchester United pada 2021/2022 tidak lebih baik dari musim sebelumnya. Mereka dipastikan kembali mengakhiri musim tanpa gelar. Setan Merah telah tersingkir dari Liga Champions usai dihajar Atletico Madrid pada babak enam belas besar.

Nasib mereka di FA Cup dan Piala Liga pun tidak kalah ironis. Manchester United tersingkir pada putaran awal dari Middlesbrough dan West Ham United. Penderitaan tak berhenti di situ, mereka pun terancam gagal finis di peringkat empat besar Premier League.

Baca Juga: 5 Klub Top yang Berpotensi Raih Gelar Liga Europa Musim 2021/2022

3. Chelsea

5 Klub Top Eropa yang Berpotensi Tanpa Gelar pada 2021/2022potret Hakim Ziyech dan Luka Modric (uefa.com)

Penampilan Chelsea musim ini sebenarnya tidak terlalu buruk di bawah asuhan Thomas Tuchel. Namun, mereka tampaknya tak dinaungi dewi fortuna. Chelsea berhasil lolos ke final Piala Liga, tetapi kalah adu penalti dari Liverpool. Sedangkan, di Liga Champions, mereka tersingkir oleh Real Madrid di perempat final lewat babak tambahan waktu.

Satu-satunya peluang tersisa di FA Cup. Chelsea kembali berhadapan dengan Liverpool di final. Ini bakal cukup sulit. Pasalnya, Chelsea belum sekalipun menang dari tiga pertemuan musim ini. Di sisi lain, Liverpool sedang dalam performa terbaiknya dan berambisi untuk meraih quadruple.

4. Barcelona 

5 Klub Top Eropa yang Berpotensi Tanpa Gelar pada 2021/2022potret duel Levante vs Barcelona (marca.com)

Barcelona mengalami dua kekalahan kandang beruntun dari Eintracht Frankfurt dan Cadiz. Kekalahan itu sekaligus memupus peluang juara Barcelona musim ini. Mereka dipastikan tersingkir dari Liga Europa. Peluang mengejar Real Madrid di puncak klasemen pun terbilang mustahil.

Barcelona saat ini menduduki peringkat kedua LaLiga dengan 63 poin. Mereka terpaut lima belas poin dari Real Madrid. Dengan enam laga tersisa yang dimiliki Blaugrana, kesempatan ini sudah tertutup, meskipun secara matematis Real Madrid masih bisa dikejar.

5. Atletico Madrid

5 Klub Top Eropa yang Berpotensi Tanpa Gelar pada 2021/2022AC Milan kembali alami kekalahan di UCL. (forzaitalianfootball.com)

Atletico Madrid secara menyakitkan tersingkir dari Liga Champions 2021/2022. Mereka kalah tipis 0-1 dari Manchester City pada babak perempat final. Kekalahan ini juga memastikan mereka bakal mengakhiri musim tanpa gelar.

Atletico Madrid akan gagal mempertahankan gelar LaLiga. Saat ini, pasukan Diego Simeone menduduki peringkat keempat dengan selisih tujuh belas poin dari Real Madrid. Dengan lima laga tersisa, mereka sudah tak bisa merebut puncak klasemen.

Musim 2021/2022 tampaknya bukan waktu yang menyenangkan bagi lima klub di atas. Konsistensi menjadi salah satu sebab mereka berpeluang mengakhiri musim tanpa gelar. Kondisi ini tampaknya akan membuat mereka melakukan perbaikan dengan mendatangkan pemain baru pada musim panas mendatang.

Baca Juga: 5 Klub Top Eropa yang Berpotensi Gagal Tampil di UCL Musim 2022/2023

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya