5 Laga Awal Liverpool di EPL 2023/2024, Hadapi Lawan Tangguh!

The Reds tak boleh terpeleset seperti musim lalu

Liverpool mengakhiri English Premier League (EPL) 2022/2023 di posisi kelima. Itu adalah posisi terburuk The Reds pada era Juergen Klopp dalam 7 tahun terakhir. Salah satu sebab hasil jelek tersebut adalah start yang tidak meyakinkan.

The Reds hanya meraih 2 hasil imbang dan 1 kekalahan pada 3 laga awal EPL musim lalu. Hal itu tidak boleh diulangi musim ini jika Liverpool ingin bersaing meraih gelar juara. Namun, upaya itu tidak akan mudah. Pasalnya, lima lawan awal Liverpool bukanlah tim sembarangan.

Berikut laga awal Liverpool di EPL 2023/2024!

1. Liverpool bertandang ke Stamford Bridge pada 13 Agustus 2023

5 Laga Awal Liverpool di EPL 2023/2024, Hadapi Lawan Tangguh!Chelsea vs Liverpool (chelseafc.com)

Liverpool bakal bertandang ke Stamford Bridge pada laga pembuka EPL 2022/2023. Duel ini bakal berlangsung panas. Bukan hanya karena status kedua tim sebagai klub papan atas, tetapi juga intrik pada bursa transfer. The Reds menelikung transfer Moises Caicedo, sedangkan The Blues ingin membajak Romeo Lavia.

Di sisi lain, duel ini juga sering berakhir imbang dalam enam pertemuan terakhir. Liverpool bakal sedikit diuntungkan pada laga ini. Pasalnya, Chelsea akan tampil tanpa Christopher Nkunku yang mengalami cedera serius.

2. Liverpool melawan Bournemouth pada 19 Agustus 2023

5 Laga Awal Liverpool di EPL 2023/2024, Hadapi Lawan Tangguh!Liverpool vs Bournemouth (liverpoolfc.com)

Liverpool bakal menjamu tim lemah Bournemouth pada pekan kedua EPL. The Reds wajib meraih kemenangan pada laga ini. Pasalnya, Bournemouth akan menjadi lawan terlemah yang dihadapi pada Agustus 2023. Musim lalu, Liverpool berhasil mencetak rekor kemenangan terbesar dengan membantai The Cerries 9-0.

Di atas kertas, Liverpool unggul dengan meraih 4 kemenangan berbanding 1 milik Bournemouth dalam 5 duel terakhir. Kendati begitu, The Reds tidak boleh menanggap remeh lawannya tersebut. The Cerries berbenah besar-besaran pada musim panas 2023 ini dengan menghabiskan dana belanja sebesar 100 juta euro atau Rp1,7 triliun.

Baca Juga: Chelsea Gak Pakai Sponsor di Jersey saat Lawan Liverpool

3. Liverpool menghadapi duel akbar melawan Newcastle United pada 27 Agustus 2023

5 Laga Awal Liverpool di EPL 2023/2024, Hadapi Lawan Tangguh!Newcastle United vs Liverpool (nufc.co.uk)

Pekan ketiga EPL bakal menghadirkan duel akbar antara Liverpool dan Newcastle United. The Reds patut berbangga karena mereka belum pernah menelan sekali pun kekalahan dalam enam pertemuan terakhir. Liverpool meraih 4 kemenangan dan 2 hasil imbang.

Meski begitu, Newcastle United bukan lagi tim medioker. The Maggpies berhasil finis di posisi empat besar pada 2022/2023 lalu. Mereka juga memiliki komposisi pemain yang tidak kalah berkualitas. Anak asuh Eddie Howe bahkan selalu menang pada tiga laga persahabatan dengan mencetak 8 gol dan kebobolan 1 gol saja.

4. Liverpool menjamu Aston Villa pada 3 September 2023

5 Laga Awal Liverpool di EPL 2023/2024, Hadapi Lawan Tangguh!Liverpool vs Aston Villa (liverpoolfc.com)

Liverpool akan menjamu tim kuda hitam Aston Villa pada pekan keempat EPL di Anfield Stadium. The Reds bakal lebih diunggulkan pada laga ini. Fakta ini didukung dengan hasil tidak pernah kalah dalam lima pertemuan terakhir kedua tim. The Reds meraih 4 kemenangan dan 1 hasil imbang.

Meski begitu, Aston Villa bakal jadi lawan yang sulit dikalahkan pada 2023/2024 ini. Klub asuhan Unai Emery kini memiliki skuad yang lebih mapan. The Villans dihuni pemain baru berkualitas, seperti Pau Torres, Moussa Diaby, dan Youri Tielemans.

5. Liverpool bermain di markas Wolverhapton Wanderers pada 16 September 2023

5 Laga Awal Liverpool di EPL 2023/2024, Hadapi Lawan Tangguh!Liverpool vs Wolves (liverpoolfc.com)

Liverpool bakal bertandang ke Molineux Stadium untuk menghadapi Wolverhampton Wanderers pada pekan kelima EPL. Anak asuh Juergen Klopp lebih diunggulkan pada laga ini. Pasalnya, Wolves baru saja kehilangan pelatih utama, Julen Lopetegui. Pelatih asal Spanyol itu mengundurkan diri dan digantikan Gary O'Neil.

Wolves juga kehilangan banyak pemain kunci pada musim panas 2023, seperti Ruben Neves, Nathan Collins, Diego Costa, dan Raul Jimenez. Meski demikian, Liverpool perlu berhati-hati. Musim lalu saja The Reds dihajar dengan skor 0-3 meski berhasil membalaskan dendam pada pertemuan kedua dengan skor 2-0.

Liverpool perlu berkaca pada laga awal Premier League 2022/2023. Saat itu, The Reds gagal meraih kemenangan pada tiga laga pembuka. Meski sempat bangkit, performa tim merosot pada laga-laga berikutnya. Hasil tersebut membuat The Reds tersisih dari persaingan gelar juara. Jika tak ingin berulang, maka The Reds wajib meraih hasil maksimal pada lima laga di atas.

Baca Juga: Liverpool Bakal Pecahkan Rekor Transfer Demi Petarung Brighton

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya