Comscore Tracker

Menang Atas Fulham, Chelsea Jaga Asa Meraih Posisi Empat Besar

Jorginho jadi Man of the match

Tren positif Chelsea di Liga Inggris terus berlanjut. Usai kalahkan Totenham, kini anak asuh Maurizio Sarri berhasil membungkam Fulham dalam lanjutan pekan ke-29 Liga Inggris pada Minggu malam (03/03). The Blues unggul dengan skor tipis 1-2 melalui gol Gonzalo Higuain (20') dan Jorginho (31'), sedangkan satu-satunya gol tuan rumah dicetak oleh Calum Chambers (27').

Kemenangan ini masih membuat Chelsea tertahan di posisi enam klasemen sementara. Namun mereka masih mempunya satu laga tersisa, dan berpeluang menggeser Man United di posisi keempat yang hanya terpaut dua poin.

1. Sempat diimbangi Fulham, Jorginho jadi pahlawan kemenangan Chelsea

Menang Atas Fulham, Chelsea Jaga Asa Meraih Posisi Empat Besartwitter.com/ChelseaFC

Laga pertama Scott Parker sebagai pelatih Fulham cukup berat karena harus menjamu Chelsea di Craven Cottage. Di sisi lain, Chelsea hadir mengusung kemenangan demi memperebutkan posisi empat besar. Usai dicadangkan di laga melawan Tottenham Hotspurs, Kepa Arrizabalaga kembali mengisi tim utama Chelsea.

The Blues mampu tampil agresif sejak menit awal. Higuain mendapatkan peluang di menit kelima usai menerima umpan Eden Hazard, sayang tendangannya masih meleset. Striker Argentina tersebut akhirnya catatkan namanya di papan skor di menit ke-21 usai cetak gol ketiganya bersama Chelsea usai menerima umpan datar Azpilicueta.

Namun keunggulan tersebut tak berjalan lama, tuan rumah berhasil samakan kedudukan di menit ke-27 melalui sontekan Chambers usai manfaatkan tendangan sudut Ryan Babel. Skor kembali berubah di menit ke-31 untuk Chelsea. Tendangan Jorginho di luar kotak penalti mampu membobol gawang Sergio Rico. Hingga peluit istirahat berbunyi skor 1-2 tetap bertahan.

Di babak kedua, Fulham merubah strategi dan semapt merepotkan pertahanan Chelsea. Namun Chelsea tetap berhasil kuasai laga dengan penguasaan bola hingga 64 persen dan membuat 20 percobaan berbanding 14 miliki Fulham. Tuan rumah sebenarnya berhasil samakan kedudukan di akhir laga melalui gol Ryan Sessegnon. Sayang, gol tersebut harus dianulir wasit karena terjebak offside. 

Tak ada gol tercipta di babak kedua. Chelsea kembali raih kemenangan. Sedangkan bagi Fulham, kekalahan ini semakin membuat mereka terjerembab di zona degradasi.

Baca Juga: Menolak Diganti, Kepa Arrizabalaga Didenda Oleh Chelsea

2. Pujian Sarri untuk Kepa Arrizabalaga

Menang Atas Fulham, Chelsea Jaga Asa Meraih Posisi Empat Besartwitter.com/ChelseaFC

Usai friksi yang terjadi antara Maurizio Sarri dan Kepa Arriazabalaga di final Carabao Cup, tampaknya keduanya sudah baik-baik saja. Kepa kembali mendapatkan kepercayaan Sarri untuk menemapti kiper utama Chelsea, setelah dicadangkan saat hadapi Tottenham. Sarri pun memuji Kepa atas reaksi yang diberikan sang pemain.

Menurutnya, Kepa berhasil membayar kepercayaan klub dengan bermain baik. Hal ini sekaligus menutup drama yang terjadi. Tak hanya itu, Sarri pun memuji performa Jorginho yang menjadi pahlawan kemenangan Chelsea.

Meski sempat mendapat kritikan pedas karena gaya bermainnya yang lambat dan tak memiliki kontribusi besar, Jorginho berhasil buktikan diri pada laga melawan Fulham. Gol tersebut menjadi gol keduanya di musim ini.

"Dia [Kepa] bermain sangat bagus, itu adalah keputusan yang normal. Dia membayarnya pada klub dan tim, sekarang situasi itu sudah ditutup. Tak ada cara lain tapi saya rasa Kepa adalah seorang pria, dia mengerti dan bereaksi dengan sangat bagus," ujar Sarri kepada Sky Sports.

"Saya pun turut senang untuk Jorginho karena dia mencetak gol, tapi opini saya mengenai Jorginho masih tetap sama. Dia adalah pemain hebat, salah satu pemain terpenting di Eropa untuk posisi tersebut."

3. Bakal hadapi Dynamo Kyev di Liga Eropa empat hari berselang

Menang Atas Fulham, Chelsea Jaga Asa Meraih Posisi Empat Besarchelseafc.com

Liga Eropa menjadi satu-satunya trofi tersisa yang bisa dimenangkan oleh Chelsea di musim ini. Kesempatan ini akan dihadapi dengan menjamu tim asal Ukraina, Dynamo Kiev pada leg pertama babak 16 besar Jumat dinihari (08/03). Laga ini pun akan menjadi pertemuan ketiga kalinya kedua tim. Chelsea meraih hasil cukup baik dengan satu kemenangan dan satu hasil imbang.

Sebelumnya, Chelsea  berhasil singkirkan Malmo dengan aggregate 5-1, sedangkan Kiev unggul tipis 3-2 atas Olympiacos. The Blues sendiri memiliki rekor superior di Liga Eropa musim ini. Chelsea belum terkalahkan dalam 8 laga dengan catatan 7 kemenangan dan sekali imbang. Dengan kondisi yang sedang onfire, bukan tak mungkin Olympiacos akan menjadi korban Chelsea selanjutnya.

Baca Juga: Jorginho Bawa Chelsea Bungkam Fulham 2-1

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You