Menilik Ambisi Mourinho Bawa AS Roma ke Papan Atas Serie A

AS Roma agresif pada bursa transfer

AS Roma menunjukkan taringnya di kompetisi Eropa sejak diasuh Jose Mourinho pada 2021 lalu. I Giallorossi meraih trofi Liga Konferensi Eropa pada 2021/2022 dan lolos ke final Liga Europa 2022/2023. Ini adalah pencapaian terbaik AS Roma di kompetisi Eropa sejak 1961.

Kendati begitu, tuah Jose Mourinho belum signifikan di Serie A Italia. AS Roma hanya finis di urutan ke-6 selama 2 musim beruntun. Manajemen kini berbenah dengan aktif pada bursa transfer musim panas 2023. Misi mereka tentu bersaing di papan atas Serie A. Bisakah itu terwujud pada 2023/2024?

Mari menilik ambisi Mourinho bawa AS Roma ke papan atas Serie A.

1. Mendatangkan 2 pemain baru gratisan dan lepas 3 pemain lama

Menilik Ambisi Mourinho Bawa AS Roma ke Papan Atas Serie AHoussem Aouar (asroma.com)

Sejauh ini, AS Roma telah berhasil mendatangkan dua pemain baru, yaitu Evan Ndicka dan Houssem Aouar. Keduanya didapatkan secara gratis dari Eintracht Frankfurt dan Olympique Lyon. Hadirnya dua pemain baru ini bakal memberikan kekuatan tambahan di lini pertahanan dan serangan.

Keduanya juga dipersiapkan untuk jadi bagian dari proyek jangka panjang klub. Mereka direkrut dengan kontrak jangka panjang berdurasi 5 tahun. Di sisi lain, AS Roma juga melepas tiga pemain secara permanen, yakni Justin Kluivert, Cristian Volpato, dan Carles Perez.

2. Mengamankan empat pemain inti dengan kontrak baru

Menilik Ambisi Mourinho Bawa AS Roma ke Papan Atas Serie ABryan Cristante (twitter.com/ASRomaEN)

Tidak hanya mendatangkan pemain baru, AS Roma juga berhasil mengamankan jasa para pemain inti dengan kontrak baru pada musim panas ini. Mereka adalah Nemanja Matic, Chris Smalling, dan Bryan Christante. Tiga pemain tersebut adalah pemain kunci Jose Mourinho selama menangani AS Roma.

I Giallorossi juga tinggal selangkah lagi menyepakati kontrak baru bersama Stephan El-Shaarawy. Kontrak eks pemain AC Milan ini sejatinya berakhir pada musim panas 2023. Bertahannya para pemain ini bakal mengokohkan mentalitas tim. Mereka adalah salah satu pemain paling berpengalaman dan bagian penting AS Roma tampil luar biasa di kompetisi Eropa.

Baca Juga: Mourinho Mau Bajak Lord Fred dari MU, Reuni di AS Roma!

3. Kokohkan lini serang

Menilik Ambisi Mourinho Bawa AS Roma ke Papan Atas Serie AGianluca Scamacca (whufc.com)

Jose Mourinho masih berburu pemain anyar untuk membentuk skuad yang mumpuni. Misi utamanya adalah memperkuat kedalaman di lini serang. Posisi itu jadi titik lemah I Giallorossi pada 2022/2023 lalu. Mereka hanya mencetak 50 gol dari 38 laga Serie A. Itu adalah catatan terburuk dari sembilan tim teratas.

Target utama Mourinho adalah striker West Ham United, Gianluca Scamacca. Kedua belah pihak dilaporkan sudah mencapai kesepakatan secara personal. Ia bakal diplot sebagai pengganti Tammy Abraham yang menderita cedera panjang. AS Roma juga kabarnya bakal meminjam Mason Greenwood yang merupakan anak asuh Mourinho semasa di Manchester United.

4. Siap telikung pemain-pemain incaran AC Milan

Menilik Ambisi Mourinho Bawa AS Roma ke Papan Atas Serie ADaichi Kamada (instagram/kamadadaichi)

Keberadaan Jose Mourinho sebagai pelatih jadi daya tarik tersendiri bagi banyak pemain gabung AS Roma. Target transfer mereka kini mengarah pada dua pemain incaran AC Milan, yaitu Daichi Kamada dan Adama Traore. Keduanya bermain di sektor sayap kanan.

Peluang AS Roma mendapatkan pemain asal Jepang cukup terbuka. Pasalnya, transfer Daichi Kamada ke AC Milan tak kunjung diresmikan sebagai dampak pemecatan Paolo Maldini. Sementara Adama Traore kabarnya masih mengutamakan pindah ke AC Milan. Menariknya, dua pemain ini pun bisa didatangkan AS Roma secara gratis.

5. Kekuatan tim rival melemah, peluang AS Roma di Serie A terbuka lebar

Menilik Ambisi Mourinho Bawa AS Roma ke Papan Atas Serie ADiego Llorente (twitter.com/diego_2llorente)

Peluang AS Roma bersaing di papan atas Serie A musim depan terbuka cukup lebar. Lantaran para tim rival kehilangan para pemain kunci. AC Milan telah ditinggalkan Zlatan Ibrahimovic, Sandro Tonali, dan Brahim Diaz. Inter Milan kehilangan Marcelo Brozovic, Milan Skriniar, dan Romelu Lukaku. Sementara itu, Napoli melepas Kim Min Jae  dan berpotensi menjual Victor Osimhen.

Pergerakan AS Roma pada bursa transfer kali ini akan menjadi kunci sukses tim menjalani kompetisi musim depan. Sejatinya mereka memiliki kualitas sepadan untuk bisa bersaing meraih gelar. Namun, kedalaman skuad dan konsistensi kerap jadi penghalang performa mereka di Serie A.

AS Roma berada di jalan yang tepat sejak ditangani Jose Mourinho. Ia berhasil membentuk skuad yang kompetitif dalam 2 musim terakhir. Setelah tampil impresif di kompetisi Eropa, target mereka berikutnya adalah Serie A. Dengan potensi pemain yang mumpuni dan tangani dingin Mourinho, AS Roma seharusnya bisa bersaing di papan atas Serie A musim depan, bahkan jadi kandidat juara.

Baca Juga: 5 Rekrutan Bebas Transfer AS Roma selama Dilatih Jose Mourinho

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya