Bertemu Direksi Klub, MU Akan Segera Dimiliki Pangeran Arab? 

Konglomerat sepak bola selanjutnya, nih!

Dalam beberapa pekan terakhir kabar akan diakuisisinya Manchester United oleh Pangeran Arab Saudi semakin mengemuka. Mohammed bin Salman kabarnya akan menjadi tokoh Timur Tengah selanjutnya yang bakal berkecimpung di dunia sepak bola dengan membeli Setan Merah.

Sejak ditinggal Sir Alex Fergusson pada 2013 lalu, Manchester United mengalami paceklik prestasi yang cukup panjang. Krisis ini pun melahirkan suara dari fans jika pemilik klub harus bertanggung jawab. 

Kabar terbaru menyebutkan jika direksi klub pun terbang ke Arab Saudi untuk bertemu sang Pangeran. Berikut kisahnya.

1. Ketertarikan Mohammed bin Salman

Bertemu Direksi Klub, MU Akan Segera Dimiliki Pangeran Arab? goal.com

Ketertarikan Mohammed bin Salman untuk membeli saham Manchester United sebenarnya sudah lama berlangsung. Pangeran Arab Saudi tersebut bahkan telah dua kali mengajukan penawaran, namun ditolak oleh keluarga Glazer, sebagai pemilik klub. Pada tawaran kedua, sang Pangeran bahkan menawarkan 3 milliar pounds.

Upayanya saat ini belum terhenti, bahkan mulai menarik perhatian direksi klub Setan Merah. Pekan ini mereka kabarnya akan terbang ke Arab Saudi untuk menemui Mohammed bin Salman.

Dilansir dari Fox Sports, Mohammed bin Salman telh menyiapkan skema pembilan MU melalui perusahaan Future Investment Initiative. Perusahaan tersebut merupakan penyimpan dana investasi dari keluarga kerajaan Arab Saudi.

Baca Juga: Incar Sancho, Manchester United Diklaim Siap Bayar 100 Juta Pounds

2. Keluarga Glazer menolak

Bertemu Direksi Klub, MU Akan Segera Dimiliki Pangeran Arab? telegraph.co.uk

Urusan dana tampaknya tidak menjadi sebuah masalah yang besar bagi sang Pangeran mengambil alih Setan Merah. Namun kabarnya tidak semua pemilik klub setuju untuk melepas saham mereka.

Kevin Glazer, yang merupakan salah satu anak dari Malcolm Glazer, menyatakan jika dirinya enggan melepaskan saham kepemilikannya. Kevin memiliki 13 persen saham di MU dengan dana 270 juta paun.

Pangeran Mohammed bin Salman sendiri tercatat memiliki kekayaan sebesar 7 milliar paun (Rp126,4 trilliun). Sedangkan keluarga Glazer hanya tercatat memiliki kekayaan 3,6 milliar paun (Rp64,9 trilliun)

3. Invasi konglomerat Timur Tengah di sepak bola Eropa

Bertemu Direksi Klub, MU Akan Segera Dimiliki Pangeran Arab? spiegel.de

Sebelum Mohammed bin Salman, konglomerat asal Timur Tengah lainnya telah melakukan invasi besar-besaran di dunia sepak bola. Dua nama yang paling sukses adalah Sheikh Manshour yang akuisisi Manchester City pada 2008 dengan harga 210 juta paun dan Nasser Al-Khelaifi yang membeli PSG di tahun 2011.

Di bawah kepemilikan pengusaha asal Timur Tengah tersebut, kedua tim bertransformasi menjadi klub kaya raya dengan deretan pemain bintang. Gelontoran dana yang diberikan berbanding lurus dengan prestasi yang mereka raih.

Sejak tahun 2008, Manchester City telah meraih 4 trofi Liga Inggris, 2 Piala FA dan 4 Carabao Cup. Sedangkan PSG menjuarai Ligue 1 enam musim beruntun dan 5 trofi Piala Liga. Tak hanya itu mereka pun sukses datangkan pemain bintang sekelas Kylan Mbappe dan Neymar.

Akankah MU tergoda melepas kepemilikannya kepada sang Pangeran Arab Saudi?

Baca Juga: Sudah Sepakat, Mario Mandzukic Gabung Manchester United di Januari?

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya