Singkirkan Aston Villa, MU Akhirnya Lolos ke Babak Keempat FA Cup

Scott McTominay jadi pahlawan Setan Merah

Setan Merah harus menjamu tim tangguh Aston Villa di babak ketiga FA Cup pada Selasa dini hari (11/01/2022). Pertandingan berjalan tidak mudah untuk tim tuan rumah. Namun, Scott McTominay keluar sebagai pahlawan lewat gol tunggalnya pada menit ke-8. Satu gol itu sudah cukup membawa Manchester United lolos ke babak keempat FA Cup.

Terlepas dari kemenangan ini, performa para penggawa Manchester United mendapat sorotan karena tampil kurang maksimal. Berikut beberapa fakta menarik yang menghiasi kemenangan anak asuh Ralf Rangnick.

1. Mason Greenwood mendapat kecaman

Pada laga ini Ralf Rangnick tidak membawa Cristiano Ronaldo ke dalam skuadnya. Sebagai gantinya, ia menurunkan trio Marcus Rashford, Edinson Cavani, dan Mason Greenwood. Meski mendominasi 51 persen penguasaan bola dan melahirkan 11 tendangan on target, para striker Setan Merah tak mampu mencetak satu pun gol.

Terlepas dari hasilnya, Mason Greenwood mendapat kritikan keras dari fans di media sosial. Dia dinilai terlalu egois karena enggan memberikan umpan kepada rekannya yang memiliki peluang gol lebih besar. Pemain 21 tahun ini sempat tampil memukai pada awal musim dengan mencetak gol beruntun di tiga laga awal Premier League. Namun, performanya kini mulai merosot dengan mencetak satu assist saja dalam tujuh laga terakhir.

2. Performa menurun Aston Villa

Singkirkan Aston Villa, MU Akhirnya Lolos ke Babak Keempat FA Cupduel MU vs Aston Villa (twitter.com/ManUtd)

Sejak ditangani Steven Gerrard, performa Aston Villa di Premier League menanjak cukup signifikan. Namun, itu tak bertahan lama. Performa mereka dalam lima laga terakhir di semua ajang mulai mengkhawatirkan. The Villans meraih tiga kekalahan dan dua kemenangan.

Sebelumnya, mereka juga telah tersingkir di babak ketiga Piala Liga usai kalah adu penalti dari Chelsea. Fokus mereka kini hanya di Premier League. Hingga pekan ke-20, mereka menempati peringkat ke-13 dengan torehan 22 poin.

Baca Juga: Chelsea Terancam Kehilangan Target Gara-gara Aston Villa

3. Manchester United bakal menghadapi Middlesbrough di babak keempat

Singkirkan Aston Villa, MU Akhirnya Lolos ke Babak Keempat FA CupDiogo Dalot (twitter.com/ManUtd)

Dengan kemenangan ini Setan Merah mengikuti langkah klub top lainnya seperti Chelsea, Manchester City dan Tottenham lolos ke babak keempat. MU bakal menghadapi tim kasta kedua, Middlesbrough, di babak selanjutnya. Pertandingan ini bakal dihelat pada 5 Februari mendatang di Old Trafford.

Jika melihat kualitas dan pengalaman, Setan Merah seharusnya bisa menang dengan mudah. The Boro sendiri saat ini hanya duduk di peringkat ke-7 divisi Championship. Sebelumnya mereka lolos usai mengalahkan klub kasta keempat Mansfield Town FC dengan skor 3-2.

4. Man of the match: Scott McTominay

Singkirkan Aston Villa, MU Akhirnya Lolos ke Babak Keempat FA CupScott McTominay (twitter.com/ManUtd)

Scott McTominay menjadi pahlawan pada laga ini lewat gol tunggalnya. Ini menjadi gol keduanya bagi MU pada musim ini di semua ajang. Ini juga menjadi bukti kapasitasnya atas kritikan kepadanya yang dinilai inkonsisten sepanjang musim ini. Lewat kontribusinya ini, ia pun terpilih sebagai Man of the match pada laga ini.

Musim ini ia sudah tampil dalam 22 pertandingan di semua kompetisi dengan torehan dua gol. Pemain asal Skotlandia ini perlu terus menjaga performa apiknya ini. Posisi gelandang bertahan MU dinilai sebagai salah satu titik lemah mereka pada musim ini.

5. Kedua tim akan kembali berhadapan 

Singkirkan Aston Villa, MU Akhirnya Lolos ke Babak Keempat FA Cupduel MU vs Aston Villa (twitter.com/ManUtd)

Setelah laga ini kedua tim harus segera mengembalikan fokus mereka. Kedua tim akan kembali saling berhadapan akhir pekan ini dalam lanjutan pekan ke-21 Premier League. Aston Villa akan berstatus sebagai tuan rumah dan pastinya berhasrat untuk membalaskan dendam kekalahan ini.

Pada pertemuan pertama sendiri Aston Villa berhasil mempermalukan Setan Merah di Old Trafford dengan skor 1-0. Saat ini MU duduk di peringkat ke-7 dan terpaut empat poin dari zona Liga Champions. Kemenangan wajib mereka raih jika tak ingin semakin tertinggal dari perebutan peringkat empat besar.

 

Itulah beberapa fakta menarik yang mewarnai kemenangan Setan Merah atas The Villans. Dengan hasil ini, MU masih memiliki kesempatan untuk mengakhiri musim dengan trofi. Sebelumnya mereka sudah tersingkir di Piala Liga. Kini kesempatan hanya tersisa di Liga Champions dan FA Cup.

Baca Juga: 3 Fakta Unik Selepas Laga Manchester United Vs Aston Villa

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya