8 Pelatih Serie A Italia 2023/2024 yang Dipecat hingga Pekan Ke-25

Napoli sudah dua kali pecat pelatih sejauh ini

Serie A Italia 2023/2024 telah berjalan lebih dari separuh musim. Sejauh ini, klub-klub peserta mereka telah banyak memakan korban pelatih. Hingga pekan ke-25, terdapat delapan pelatih yang telah dilengserkan. Keputusan ini tidak terlepas dari performa buruk yang ditunjukkan mereka di atas lapangan.

Walter Mazzarri menjadi nama terbaru yang harus kehilangan kursi kepelatihan Napoli. Padahal, Napoli belum lama ini juga lebih dulu telah memecat Rudi Garcia.

Daftar nama pelatih yang dipecat ini berpotensi bertambah seiring dengan persaingan tim yang intens. Siapa saja kedelapan pelatih yang telah kehilangan pekerjaannya di Serie A Italia 2023/2024 hingga pekan ke-25.

1. Paolo Zanetti jadi pelatih pertama yang alami pemecatan di Serie A musim ini

8 Pelatih Serie A Italia 2023/2024 yang Dipecat hingga Pekan Ke-25Paolo Zanetti (empolifc.com)

Paolo Zanetti ditunjuk menjadi pelatih Empoli pada musim panas 2022. Musim perdananya tidak berjalan terlalu buruk. Ia membawa klub finis di urutan ke-14 pada akhir musim.

Namun, Empoli melakukan start tak impresif pada 2023/2024. Mereka mengalami empat kekalahan beruntun pada awal musim. Akibat hasil tersebut, ia pun dilengserkan dari kursi kepelatihan. Posisinya lantas digantikan oleh Aurelio Andreazzoli.

Baca Juga: Ganasnya Inter Milan di Serie A Italia 2023/2024, Layak Juara?

2. Paulo Sosa dipecat Salernitana usai gagal menang dalam 8 laga beruntun

8 Pelatih Serie A Italia 2023/2024 yang Dipecat hingga Pekan Ke-25Paulo Sosa (instagram/paulosousa6official)

Paulo Sosa memang membawa Salernitana keluar dari zona degradasi musim lalu. Sayang, magis itu tak berlanjut pada 2023/2024. Salernitana memulai Serie A musim ini dengan buruk. Mereka gagal meraih satu pun kemenangan pada delapan laga awal Serie A.

Mereka hanya meraih tiga poin saja dari delapan laga itu. Klub berjuluk I granata pun terpuruk di peringkat ke-19. Hasil buruk ini membuat Paulo Sosa kehilangan pekerjaannya sebagai pelatih. Ia kemudian digantikan oleh legenda AC Milan, Filippo Inzaghi. 

3. Andrea Sottil gagal membawa Udinese raih kemenangan dalam 9 laga awal

8 Pelatih Serie A Italia 2023/2024 yang Dipecat hingga Pekan Ke-25Andrea Sottil (udinese.it)

Seperti Paulo Sosa, Andrea Sottil gagal meraih satu pun kemenangan pada laga-laga awal Serie A. Sottil hanya memetik hasil 6 imbang dan 3 kali kalah dalam 9 laga awal. Udinese pun terpuruk di zona degradasi. Hasil buruk ini pun sudah cukup membuat manajemen klub melengserkan sang pelatih. 

4. Rudi Garcia hanya bertahan 4 bulan saja sebagai pelatih Napoli

8 Pelatih Serie A Italia 2023/2024 yang Dipecat hingga Pekan Ke-25Rudi Garcia (instagram/rudigarciaoff)

Rudi Garcia hanya bertahan selama 136 hari sebagai pelatih Napoli. Catatan sang pelatih sebenarnya tidak terlalu buruk. Dari 12 laga Serie A yang ia tangani, ia menorehkan 6 kemenangan, 3 imbang, dan 3 kali kalah. Namun, semua kekalahan tersebut jsutru terjadi di kandang sendiri. Posisi Rudi Garcia akhirnya digantikan oleh Walter Mazzarri, yang belakangan akhirnya juga dipecat.

5. Empoli pecat pelatih keduanya musim ini, Aurelio Andreazzoli

8 Pelatih Serie A Italia 2023/2024 yang Dipecat hingga Pekan Ke-25Aurelio Andreazzoli (x.com/EmpoliFC)

Pergantian pelatih dari Paolo Zanetti ke Aurelio Andreazzoli tidak memberikan dampak signifikan. Empoli pun kembali memecat pelatihnya setelah bertahan hanya sekitar 5 bulan saja. Andreazzoli hanya menorehkan 3 kemenangan, 4 imbang, dan 9 kali kalah dari  16 laga Serie A. Dampaknya, Empoli hanya berada di urutan ke-15 klasemen Serie A. Posisinya kemudian digantikan oleh eks pelatih Salernitana, Davide Nicola.

6. Jose Mourinho dipecat usai AS Roma kalah dari AC Milan pada pekan ke-20 Serie A Italia

8 Pelatih Serie A Italia 2023/2024 yang Dipecat hingga Pekan Ke-25Jose Mourinho (asroma.com)

Meski Jose Mourinho telah mempersembahkan trofi Liga Konferensi Eropa pada AS Roma, langkah mereka di Serie A masih tak berjalan mulus. Karier Mourinho sebagai pelatih AS Roma pun berakhir usai menelan kekalahan dari AC Milan 1-3 pada pekan ke-20. Di bawah arahan Mourinho, AS Roma telah menelan 7 kekalahan, 5 imbang, dan 8 kemenangan pada musim ini. Catatan itu tidak memuaskan manajemen klub. Ia lantas dipecat. Perannya pun untuk sementara diisi oleh sang legenda hidup klub, Daniele De Rossi.

7. Karier Filippo Inzaghi hanya seumur jagung di Salernitana

8 Pelatih Serie A Italia 2023/2024 yang Dipecat hingga Pekan Ke-25Filippo Inaghi (instagram/pippoinzaghi)

Filippo Inzaghi gagal membawa Salernitana keluar dari zona degradasi. Ia hanya mencatatkan 2 kemenangan, 4 imbang, dan menelan 10 kekalahan di Serie A musim ini. Hasil ini membuat Salernitana tak beranjak dari dasar klasemen sehingga jadi parameter yang cukup bagi manajemen klub kembali memecat pelatihnya. Posisi pelatih utama Salernitana kini digantikan oleh Fabio Liverani.

8. Walter Mazzarri jadi pelatih kedua yang dipecat Napoli musim ini

8 Pelatih Serie A Italia 2023/2024 yang Dipecat hingga Pekan Ke-25Walter Mazzarri (sscnapoli.it)

Napoli menjadi klub Serie A ketiga yang telah memecat dua pelatih pada musim ini. Walter Mazzarri resmi dilengserkan setelah Napoli hanya bermain imbang 1-1 melawan Genoa pada pekan ke-25 Serie A. Keputusan ini cukup mengejutkan dan riskan. Pasalnya, ia dipecat di tengah persiapan klub melawan Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions Eropa. Posisinya sendiri bakal digantikan oleh pelatih asal Slovakia, Francesco Calzona.

Serie A Italia masih berjalan cukup panjang. Daftar nama pelatih yang bakal dipecat berpotensi bertambah. Beberapa nama yang tengah berisiko adalah Stefano Pioli di AC Milan dan Massimiliano Allegri di Juventus. Boleh dibilang, sejauh ini hanya nama Simeone Inzaghi saja yang aman karena berhasil menampilkan permainan atraktif dan konsisten bersama Inter Milan.

Baca Juga: 5 Kekalahan AC Milan di Serie A 2023/2024 hingga Pekan Ke-25

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

Saya cukup suka menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya