5 Pemain AC Milan dengan Kontribusi Gol Terbanyak pada 2023/2024

AC Milan jadi tim tersubur kedua di Serie A

Peluang AC Milan untuk menjadi juara Serie A 2023/2024 masih terbuka cukup lebar. Rossoneri sejauh ini menduduki peringkat ketiga dengan raihan 45 poin. Mereka terpaut tujuh angka dari Juventus di puncak klasemen.

Penilaian ini tidaklah muluk-muluk. AC Milan memiliki skuad  yang sangat mumpuni. Mereka merupakan tim kedua dengan jumlah gol terbanyak di Serie A dengan 41 gol dari 21 laga. Perjalanan musim ini pun masih sangat panjang.

Apalagi, AC Milan memiliki mesin gol dari berbagai pos. Fakta ini terbukti dari data kontribusi gol para pemain mereka. Berikut ini lima pemain AC Milan dengan kontribusi gol terbanyak pada 2023/2024.

1. Olivier Giroud catatkan performa terbaik dengan 11 gol dan 8 assist

5 Pemain AC Milan dengan Kontribusi Gol Terbanyak pada 2023/2024Olivier Giroud (instagram/oliviergiroud)

Olivier Giroud saat ini telah menginjak usia 37 tahun. Namun, usia senja tidak membuat ketajamannya luntur sedikit pun. Striker asal Prancis ini menjadi top skor AC Milan sejauh ini dengan 11 gol dari 25 laga di semua ajang.

Ia bahkan mencatatkan 8 assist. Catatan tersebut menjadikan dirinya berada di urutan ketiga daftar top skor sementara Serie A. Giroud juga mencetak torehan apik dengan selalu mencetak dua digit gol selama 3 musim beruntun di AC Milan. Rekor ini terakhir kali ditorehkan Alexandre Pato pada musim 2008/2009 hingga 2010/2011.

2. Christian Pulisic langsung gacor dengan mencetak 7 gol dan 6 assist

5 Pemain AC Milan dengan Kontribusi Gol Terbanyak pada 2023/2024Christian Pulisic (instagram.com/cmpulisic)

Christian Pulisic menemukan kembali permainan terbaiknya setelah masa-masa suram di Chelsea. Ia langsung memberikan dampak besar pada musim perdananya di AC Milan. Pemain asal Amerika Serikat telah membukukan 7 gol dan 6 assist dari 27 laga di semua ajang.

Kehadirannya dinilai sangat vital. Pasalnya, ia bisa ditempatkan di banyak posisi di lini serang. Catatan gol terbaik sepanjang kariernya terjadi pada 2019/2020 saat mencetak 10 gol dan 10 assist untuk Chelsea. Rekor tersebut kini berpotensi ia pecahkan bersama AC Milan.

Baca Juga: 4 Pemain Amerika Serikat yang Mentas di Serie A 2023/2024, Ada Pulisic

3. Rafael Leao dinilai mengalami penurunan dengan kontribusi 6 gol dan 6 assist

5 Pemain AC Milan dengan Kontribusi Gol Terbanyak pada 2023/2024Rafael Leao (x.com/RafaeLeao7)

Performa Rafael Leao musim ini dinilai mengalami penurunan dari segi mencetak gol. Ia baru mencetak 6 gol dan 6 assist dari 25 pertandingan di semua ajang. Dengan jumlah laga yang sama, Leao mampu mencetak 9 gol dan 10 assist pada 2022/2023.

Kendati begitu, kehadirannya tetap memberikan dampak sangat besar bagi AC Milan. Kecepatan dan kegesitannya kerap merepotkan lini pertahanan lawan. Penurunan jumlah gol ini pun disebabkan faktor lainnya. AC Milan kini tak lagi bergantung penuh pada Leao. Mereka memiliki opsi serangan lebih baik dengan hadirnya Christian Pulisic.

4. Theo Hernandez menunjukkan performa stabil dengan mencetak 3 gol dan 6 assist

5 Pemain AC Milan dengan Kontribusi Gol Terbanyak pada 2023/2024Theo Hernandez (x.com/TheoHernandez)

Theo Hernandez sangat layak disebut sebagai salah satu bek kiri terbaik dunia saat ini. Ia menunjukkan performa stabil sejak gabung AC Milan pada musim panas 2019. Bek asal Prancis tidak hanya kuat dalam bertahan, tetapi juga tajam dalam membantu serangan.

Sang pemain telah mencetak 3 gol dan 6 assist dari 26 laga di semua ajang. Torehan gol tersebut telah menyamai kontribusi golnya musim lalu. Catatan terbaiknya di AC Milan terjadi pada 2020/2021. Ia mengoleksi 8 gol dan 8 assist dari 45 laga. Rekor ini berpotensi ia pecahkan pada musim ini dengan banyaknya laga yang tersisa.

5. Luka Jovic membuktikan dirinya adalah striker pelapis yang sepadan untuk Olivier Giroud

5 Pemain AC Milan dengan Kontribusi Gol Terbanyak pada 2023/2024Luka Jovic cetak dua gol ke gawang Cagliari di Coppa Italia 2023/2024. (acmilan.com)

Luka Jovic didatangkan AC Milan secara gratis dari Fiorentina pada deadline day bursa transfer musim panas 2023. Ia hanyalah opsi terakhir transfer AC Milan setelah gagal mendatangkan Medhi Taremi, Patson Daka, dan Rafa Mir. Eks striker Real Madrid ini pun diplot hanya sebagai pelapis bagi Olivier Giroud.

Kendati demikian, sang striker berhasil membuktikan kualitasnya. Ia telah mencetak 6 gol dan 1 assist dari 17 laga di semua ajang. Torehan ini terbilang luar biasa lantaran dirinya hadir sebagai pemain pengganti. Ia bahkan beberapa kali menjadi penyelamat AC Milan lewat gol krusialnya, seperti saat melawan Cagliari, Salernitana, dan Udinese.

AC Milan masih memiliki dua peluang tersisa untuk meraih trofi, yaitu Serie A dan Liga Europa. Kedalaman skuad yang mumpuni menjadi salah satu kunci utamanya. Para pemain di atas telah menunjukkan bahwa AC Milan memiliki pencetak gol hebat dari berbagai posisi. Namun, pertanyaannya adalah bisakah mereka tampil konsisten hingga akhir musim?

Baca Juga: 5 Pemain AC Milan dengan Nomor Punggung 15 sebelum Luka Jovic

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

Saya cukup suka menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya