4 Pemain AC Milan Terakhir yang Dilepas ke Klub Turki, Ada Krunic!

Krunic bergabung dengan eks Serie A lain

AC Milan memiliki skuad mumpuni pada 2023/2024. Salah satu kekuatan mereka adalah kedalaman pemain yang mumpuni di pos gelandang. Pos ini dihuni banyak pemain top, seperti Ismael Bennacer, Yacine Adli, Ruben Loftus-Cheek, Tijjani Reijnders, dan Yunus Musah.

Kondisi tersebut faktanya harus memakan korban. Rade Krunic tersingkirkan dari skuad utama. Pemain asal Bosnia tersebut akhirnya dilepas ke Fenerbahce pada Januari 2024 ini. Ia akan mengikuti langkah eks pemain AC Milan lainnya yang juga hengkang ke Super Lig Turki.

Termasuk Rade Krunic, berikut empat pemain AC Milan terakhir yang dilepas ke klub Turki.

1. Lucas Biglia hengkang ke Fatih Karagumruk setelah kontraknya usai di AC Milan

4 Pemain AC Milan Terakhir  yang Dilepas ke Klub Turki, Ada Krunic!Lucas Biglia (instagram/lucasbigliaoficial86)

Lucas Biglia adalah bagian dari revolusi AC Milan di bawah pemilik baru AC Milan, Li Yonghong, pada musim panas 2017. Ia ditebus dari Lazio dengan biaya 20 juta euro atau Rp340 miliar. Gelandang asal Argentina itu membela Rossoneri selama 3 musim dengan catatan 70 pertandingan.

Setelah kontraknya habis di San Siro pada musim panas 2020, Lucas Biglia hijrah ke Super Lig untuk membela klub promosi Fatih Karagümrük. Itu adalah kali pertama Karagümrük bermain di divisi teratas sepak bola Turki. Hebatnya, Lucas Biglia berhasil membawa klub tersebut finis di urutan kedelapan dalam 2 musim beruntun.

Ia memainkan 72 laga dengan torehan 5 gol dan 7 assist. Kendati begitu, ia memutuskan hengkang ke Basaksehir saat kontraknya selesai pada musim panas 2022. Biglia hanya bertahan semusim di Basaksehir. Sang pemain kini berstatus tanpa klub pada usia 37 tahun.

2. Leo Duarte diboyong Basaksehir usai hanya semusim berkostum AC Milan

4 Pemain AC Milan Terakhir  yang Dilepas ke Klub Turki, Ada Krunic!Leo Duarte (instagram/leoduarte_43)

Leo Duarte didatangkan AC Milan dari Flamengo pada musim panas 2019. Sayangnya, kariernya di San Siro tak berumur panjang. Bek asal Brasil hanya memainkan sembilan laga saja untuk AC Milan. Alasan utamanya adalah cedera panjang. Ia melewatkan 32 laga AC Milan di semua ajang disebabakan cedera pergelangan kaki dan hamstring

Ia lantas dipinjamkan ke Basaksehir pada Januari 2021. Di klub barunya tersebut, sang pemain berhasil menjadi pemain reguler. Ia pun diganjar dengan kontrak permanen pada musim panas 2022. Basaksehir hanya mengeluarkan dana 2 juta euro atau Rp34 miliar untuk bek asal Brasil tersebut.

Baca Juga: Kinerja 6 Gelandang AC Milan pada Paruh Musim 2023/2024

3. Ante Rebic hengkang ke Besiktas dengan status bebas transfer

4 Pemain AC Milan Terakhir  yang Dilepas ke Klub Turki, Ada Krunic!Ante Rebic (instagram/besiktas)

AC Milan melakukan perombakan besar pada bursa transfer musim panas 2023. Rossoneri mendatangkan empat winger anyar, yaitu Christian Pulisic, Noah Okafor, Samuel Chukwueze, dan Luka Romero. Transfer ini pun harus memakan korban, salah satunya Ante Rebic.

Kontrak pemain asal Kroasia tidak diperpanjang. Ia lantas memilih hengkang ke Besiktas dengan status bebas transfer. Ia sejauh ini sudah mencatatkan 3 assist dari 11 pertandingan untuk klub barunya. 

Ante Rebic sendiri berkostum AC Milan selama 3 musim. Ia mencatatkan 123 pertandingan dengan torehan 29 gol dan 17 assist. Musim terakhirnya di San Siro tak berjalan mulus. Performanya diganggu cedera, sehingga permainannya dinilai anjlok.

4. Rade Krunic pindah ke Fenerbahce setelah membela AC Milan selama 4,5 tahun

4 Pemain AC Milan Terakhir  yang Dilepas ke Klub Turki, Ada Krunic!Rade Krunic (x.com/Fenerbahce)

Rade Krunic resmi meninggalkan AC Milan pada Januari 2024 setelah 4,5 tahun masa baktinya di San Siro. Ia dipinjamkan kepada Fenerbahce dengan klausul kewajiban membeli pada akhir musim. Ia bakal bergabung dengan eks pemain Serie A lainnya di Fenerbahce, seperti Edin Dzeko, Leonardo Bonucci, dan Cengiz Under.

Kehadiran Rade Krunic diharapkan bisa manambah kualitas skuad Fenerbahce untuk merebut gelar juara Super Lig Turki dari Galatasaray. Sang pemain sejatinya memiliki catatan apik selama berkostum Rossoneri. Ia merupakan pemain andalan Stefano Pioli saat meraih scudetto pada 2021/2022. Krunic total telah memainkan 139 laga dengan torehan 3 gol dan 6 assist selama membela AC Milan.

Super Lig Turki memang kalah pamor dari liga-liga top lainnya di Eropa. Namun, mereka masih memiliki kharisma tersendiri bagi pemain-pemain top Eropa yang berada pada pengujung kariernya. Bursa transfer musim dingin 2024 masih cukup panjang. Bukan tidak mungkin Super Lig akan kedatangan pemain top Eropa lainnya.

Baca Juga: Kinerja 5 Eks Pemain EPL di Laga AC Milan vs AS Roma pada 2023/2024

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

Saya cukup suka menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya