5 Pemain dengan Kontribusi Gol Terbanyak hingga GW 25 EPL 2023/2024

Mesin gol sekaligus penyuplai bola cerdik

Seperti biasanya, English Premier League selalu menghadirkan persaingan yang sengit dan menarik. Tidak hanya perihal perebutan gelar juara dan tiket ke kompetisi Eropa, tetapi juga di level individu. Beberapa pemain menunjukkan performa sangat menonjol pada 2023/2024.

Mereka memiliki peran kunci di dalam tim. Tidak hanya tajam dalam mencetak gol, tetapi juga menyuplai assist bagi rekan-rekannya. Berikut ini lima pemain dengan kontribusi gol terbanyak di EPL 2023/2024 hingga pekan ke-25.

1. Mohamed Salah jadi mesin gol Liverpool paling stabil

5 Pemain dengan Kontribusi Gol Terbanyak hingga GW 25 EPL 2023/2024Mohamed Salah (twitter.com/MoSalah)

Mohamed Salah layak disebut sebagai salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Liverpool. Ia adalah top skor ketiga sepanjang masa The Reds dan satu-satunya yang masih aktif bermain. Pencapaian ini tidaklah mengejutkan. Pasalnya, ia tampil stabil sebagai mesin gol The Reds sejak didatangkan pada musim panas 2017.

Itu tidak terkecuali pada 2023/2024 ini. Salah menjadi pemain dengan kontribusi gol terbanyak di Premier League hingga pekan ke-25. Pemain asal Mesir telah menorehkan 15 gol dan 9 assist dari 21 laga EPL. Kontribusi tersebut membawa Liverpool bertengger di puncak klasemen dengan keunggulan dua poin dari Arsenal.

2. Tampil impresif bersama Aston Villa, Ollie Watkins jadi incaran klub-klub top Inggris

5 Pemain dengan Kontribusi Gol Terbanyak hingga GW 25 EPL 2023/2024Ollie Watkins (instagram/olliewatkins)

Performa apik Aston Villa di Premier League musim ini tidak bisa dilepaskan dari kontribusi signifikan Ollie Watkins. Sang striker tidak hanya jadi top skor The Villans, tetapi juga seorang penyuplai bola yang cerdik. Ia telah mengoleksi 13 gol dan 10 assist dari 25 pertandingan EPL.

Catatan gol tersebut membuat dirinya dilirik klub-klub besar Inggris. Arsenal, Chelsea, dan Manchester United telah dikaitkan dengan striker 28 tahun tersebut. The Gunners kabarnya jadi klub favorit sang pemain jika musim panas 2024 meninggalkan Aston Villa.

Baca Juga: 6 Kekalahan Tottenham Hotspur di EPL 2023/2024 hingga Pekan Ke-25

3. Erling Haaland berpotensi jadi top skor Premier League 2 musim beruntun

5 Pemain dengan Kontribusi Gol Terbanyak hingga GW 25 EPL 2023/2024Erling Haaland (x.com/ManCity)

Erling Haaland adalah mesin gol paling mematikan di Premier League saat ini. Musim lalu, ia meraih gelar sepatu emas EPL dengan torehan 36 gol dari 35 pertandingan. Prestasi tersebut berpotensi terulang pada musim keduanya di EPL saat ini. Sejauh ini, dia berada di puncak top skor dengan koleksi 16 gol dari 19 pertandingan.

Namun, catatan assist-nya hanya berjumlah lima saja. Hal ini bisa dimaklumi, pasalnya Haaland adalah seorang striker murni. Pemain asal Norwegia ini sebenarnya bisa saja memiliki catatan gol lebih baik lagi pada musim ini. Namun, faktor cedera sempat mengganggu kinerjanya. Ia harus melewatkan lima laga EPL karena mengalami cedera patah tulang.

4. Bukayo Saka makin matang di bawah asuhan Mikel Arteta

5 Pemain dengan Kontribusi Gol Terbanyak hingga GW 25 EPL 2023/2024Bukayo Saka (twitter.com/BukayoSaka87)

Usaha Mikel Arteta membentuk skuad mapan di Arsenal mulai tampak hasilnya pada 2023/2024. Arsenal tampil sebagai salah satu kandidat kuat dalam perebutan gelar Premier League musim ini. Banyak pemain muda menunjukkan performa terbaiknya lewat polesan tangan sang pelatih.

Pemain yang paling berkontribusi dalam urusan mencetak gol adalah Bukayo Saka. Beroperasi di sayap kanan, Saka telah menorehkan 12 gol dan 8 assist dari 24 penampilan EPL. Ia hanya butuh dua gol lagi untuk memecahkan rekor gol terbaiknya di Arsenal. Rekor terbaiknya adalah 14 gol dan 11 assist di EPL 2022/2023.

5. Son Heung Min jadi suksesor Harry Kane di Tottenham Hotspur

5 Pemain dengan Kontribusi Gol Terbanyak hingga GW 25 EPL 2023/2024Son Heung Min (premierleague.com)

Kepergian Harry Kane ke Bayern Munich tampaknya bisa cepat dilupakan fans Tottenham Hotspur. Pasalnya, mesin gol Spurs kini tidak hanya bergantung kepada satu pemain. Di sisi lain, Son Heung Min mampu menggantikan peran Harry Kane dengan baik. Tidak hanya sebagai kapten, tetapi juga menjadi sumber gol klub.

Pemain asal Korea ini menjadi top skor The Lylywhhites musim ini dengan 12 gol dan 6 assist dari 22 laga Premier League. Kendati begitu, performa Tottenham Hotspur belum cukup konsisten. Mereka kerap kehilangan poin penting saat bertindak sebagai tuan rumah. Spurs telah menelan 6 kekalahan di EPL musim, yang 4 di antaranya terjadi di laga kandang.

Pada era sepak bola modern, peran seorang striker berevolusi signifikan. Mereka tidak hanya dituntut mencetak gol, tetapi juga bisa memberi ruang untuk rekan-rekannya. Tugas tersebut dituntaskan dengan baik oleh lima pemain di atas. Mereka memberikan kontribusi signifikan dalam performa klub masing-masing musim ini.

Baca Juga: 7 Pembelian Termahal Klub Jupiler Pro League pada Musim Dingin 2024

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

Saya cukup suka menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya