5 Pemain Muda Buruan Dortmund pada Musim Panas 2023, Potensial!

Dortmund mencari suksesor Jude Bellingham

Borussia Dortmund telah melepas tiga pemain inti pada musim panas 2023. Mereka adalah Jude Bellingham, Mahmoud Dahoud, dan Raphaël Guerreiro. Manajemen klub kini memiliki misi untuk menemukan pengganti yang sepadan. 

Seperti biasanya, Die Borussien bakal berburu pemain muda potensial untuk dikembangkan jadi pemain top. Beberapa nama sudah masuk dalam radar transfer klub. Siapa saja mereka? Berikut lima incaran Borussia Dortmund di bursa transfer musim panas 2023.

1. Anthony Elanga

5 Pemain Muda Buruan Dortmund pada Musim Panas 2023, Potensial!Anthony Elanga (twitter.com/ChampionsLeague)

Anthony Elanga merupakan produk akademi Manchester United. Ia dipromosikan ke tim utama di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Pemain asal Swedia mencatatkan 55 laga dengan torehan 5 gol dan 5 assist. Namun, ia kabarnya termasuk dalam daftar jual klub karena tidak masuk dalam rencana Erik ten Hag.

Dortmund dilaporkan tertarik untuk mendatangkan pemain 21 tahun tersebut. Edin Terzic menilai sang pemain bakal cocok dengan gaya bermain yang ia terapkan di Dortmund. Pasalnya, Elanga bisa bermain sama baiknya di posisi sayap dan striker. MU sendiri dikabarkan membanderolnya dengan harga 20 juta euro atau Rp327 milyar.

Baca Juga: 10 Potret Felix Nmecha, Rekrutan Baru Borussia Dortmund dari Wolfsburg

2. Cole Palmer

5 Pemain Muda Buruan Dortmund pada Musim Panas 2023, Potensial!Cole Palmer (instagram/colepalmer10)

Cole Palmer dinilai sebagai pemain muda Manchester City yang sangat menjanjikan saat ini. Kendati begitu, ia bakal sulit mendapatkan waktu bermain reguler di tengah skuad City yang dihuni pemain bintang. Pemain 21 tahun ini telah memainkan 38 penampilan bagi The Cityzens.

Bakat besarnya kini tengah dipantau Dortmund. Mereka ingin mengulangi kesuksesan seperti saat mendatangkan Jude Bellingham dari klub Inggris. Namun, City dilaporkan hanya ingin melepas sang pemain dengan status pinjaman selama 2 tahun. Opsi ini dinilai lebih masuk akal karena sang pemain diyakini bisa berkembang pesat di masa depan. 

3. Ivan Fresneda

5 Pemain Muda Buruan Dortmund pada Musim Panas 2023, Potensial!Ivan Fresneda (instagram/ivaanfresneda)

Ivan Fresneda menjadi salah satu talenta muda paling potensial di Eropa saat ini. Di usianya yang baru 18 tahun, ia mampu menembus tim utama Real Valladolid pada 2022/2023 dengan memainkan 24 laga. Potensi besarnya langsung diminati banyak klub besar Eropa, seperti Barcelona, AC Milan, dan Newcastle United.

Dortmund kabarnya juga bakal mengikuti perburuan sang pemain. Peluang sang pemain pergi dari Real Valladolid cukup besar lantaran mereka terdegradasi dari LaLiga. Namun, peluang Dortmund mendapatkannya bakal berat. Pasalnya, Fredneda lebih memilih bertahan di Spanyol. Valladolid sendiri kabarnya membanderol sang pemain dengan harga 20 juta euro atau  Rp328 milyar.

4. Edson Alvarez

5 Pemain Muda Buruan Dortmund pada Musim Panas 2023, Potensial!Edson Alvarez (twitter.com/AFCAjax)

Kepergian Raphaël Guerreiro dan Jude Bellingham bakal meninggalkan lubang besar di posisi tengah dan pertahanan. Untuk mengisi ruang itu, Dortmund membutuhkan seorang gelandang bertahan berkualitas. Target utama manajemen klub jatuh pada pemain Ajax, Edson Alvarez.

Pemain asal Meksiko itu memiliki catatan apik pada 2022/2023. Ia menorehkan 3 gol dan 3 assist dari 31 laga Eredivisie Belanda. Tak hanya itu, ia juga mencatatkan rata-rata 3,5 tekel per laga, 86,5 persen umpan sukses, dan melakukan 52 tendangan ke arah gawang. Namun, Ajax membanderol pemain 25 tahun dengan harga tinggi 50 juta euro atau Rp819 miliar, nilai yang bakal sulit dipenuhi manajemen Dortmund.

5. Conor Gallagher

5 Pemain Muda Buruan Dortmund pada Musim Panas 2023, Potensial!Conor Gallagher (instagram/conorgallagher92)

Chelsea bakal cuci gudang pemain besar-besaran pada musim panas ini. Salah satu pemain yang dikabarkan masuk daftar jual adalah Conor Gallagher. Ia dinilai gagal menunjukkan performa terbaiknya setelah dipulangkan dari masa peminjaman di Crystal Palace.

Tottenham Hotspur dilaporkan jadi klub paling serius yang ingin datangkan pemain 23 tahun itu. Namun, Spurs baru saja mendatangkan James Maddison yang juga berposisi gelandang serang. Kondisi ini kabarnya siap dimanfaatkan Dortmund untuk memboyong sang pemain. Potensi sang pemain diyakini bisa berkembang di bawah arahan Edin Terzić. Ini juga bisa jadi solusi bagi Gallagher untuk dapatkan tempat reguler demi amankan tempat di Timnas Inggris untuk Piala Eropa 2024.

Borussia Dortmund telah menjadi tempat yang tepat bagi banyak pemain muda berkembang. Die Borussien selalu berhasil memoles bakat-bakat muda jadi pemain top berharga mahal. Lima pemain di atas berpotensi mengikuti jejak Jude Bellingham menjadi salah satu pemain top Eropa jika benar bersedia merapat ke Borussia Dortmund. 

Baca Juga: 5 Pemain Muda Termahal yang Pernah Didatangkan Borussia Dortmund

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya