5 Pemain Serie A asal Amerika Serikat pada 2023/2024, Ada yang Baru!

Dua pemain bergabung dengan AC Milan 

Dalam 2 dekade terakhir, sepak bola Amerika Serikat mengalami perkembangan yang cukup pesat. Major League Soccer (MLS) mulai dikenali publik dunia setelah mendatangkan para pemain top dari Eropa. Begitu juga sebaliknya, para pemain Negeri Paman Sam mulai banyak menjajal liga top Eropa, termasuk Serie A Italia.

Serie A 2023/2024 bakal diwarnai dengan hadirnya lima pemain asal Amerika Serikat. Yunus Musah jadi pemain terbaru yang berkarier di Serie A dengan bergabung ke AC Milan. Termasuk sang pemain, berikut lima pemain Serie A asal Amerika Serikat pada 2023/2024.

1. Weston McKennie

5 Pemain Serie A asal Amerika Serikat pada 2023/2024, Ada yang Baru!Weston McKennie (twitter.com/WMckennie)

Juventus mendatangkan Weston McKennie dari Schalke pada musim panas 2020 dengan status pinjaman selama semusim. Dia tampil cukup impresif di bawah asuhan Andrea Pirlo dengan torehan 6 gol dan 3 assist dari 43 pertandingan. Bianconeri pun memermanenkan statusnya dengan biaya 20 juta euro atau Rp332 miliar.

Kariernya tak berjalan mulus seiring pemecatan Andrea Pirlo sebagai pelatih Juventus. Weston McKennie kerap dibangkucadangkan di bawah asuhan Massimiliano Allegri. Dia bahkan sempat dipinjamkan ke Leeds United sepanjang musim 2022/2023 dengan opsi permanen. Namun, klausul tersebut tidak diaktifkan setelah Leeds United terdegradasi dari Liga Inggris. Sang pemain pun kembali ke Juventus pada musim panas 2023 ini.

2. Bryan Reynolds

5 Pemain Serie A asal Amerika Serikat pada 2023/2024, Ada yang Baru!Bryan Reynolds (asroma.com)

Bryan Reynolds menjajal Serie A pada Februari 2021 saat didatangkan AS Roma dari FC Dallas dengan status pinjaman selama 6  bulan. Berposisi bek kanan, dia hanya memainkan lima laga pada musim  perdananya. Kendati begitu, AS Roma mempermanenkan statusnya di akhir musim dengan biaya 7 juta euro atau Rp116 miliar.

Namun, sang pemain tampanya tidak masuk dalam skema pelatih baru AS Roma kala itu, Jose Mourinho. Reynolds sempat dipinjamkan ke dua klub berbeda asal Belgia, yaitu KV Kortrijk dan KVC Westerlo tanpa opsi permanen. Pemain 22 tahun baru saja kembali dari masa peminjaman tersebut pada musim panas 2023. Dia bakal berjuang untuk dapatkan satu tempat reguler di skuad Mourinho musim ini.

Baca Juga: 6 Pemilik Nomor Punggung 11 AC Milan sebelum Christian Pulisic

3. Timothy Weah

5 Pemain Serie A asal Amerika Serikat pada 2023/2024, Ada yang Baru!Timothy Weah (instagram.com/timothyweah)

Timothy Weah bergabung dengan Juventus pada musim panas 2023. Dia diboyong dari LOSC Lille dengan biaya 11,3 juta euro atau Rp187 miliar untuk kontrak berdurasi 5 tahun. Sang pemain bakal diplot sebagai suksesor Juan Cuadrado yang hengkang ke Inter Milan.

Anak dari George Weah ini bisa bermain di berbagai posisi. Selain winger, dia juga bisa ditempatkan sebagai bek sayap. Juventus bakal jadi klub ketiga dalam kariernya setelah Paris Saint-Germain dan Lille.

4. Christian Pulisic

5 Pemain Serie A asal Amerika Serikat pada 2023/2024, Ada yang Baru!Christian Pulisic (acmilan.com)

Setelah menjalani masa sulit di Chelsea selama 4 musim, Christian Pulisic memutuskan hijrah ke AC Milan pada musim panas 2023. Dia direkrut Rossoneri dengan mahar 20 juta euro atau Rp332 miliar. Pemain berusia 24 tahun dipagari kontrak berdurasi 4 tahun dengan opsi perpanjangan semusim.

Berposisi sebagai winger, eks Borussia Dortmund ini justru bakal diplot sebagai gelandang serang dalam skema Stefano Pioli. Dia diplot sebagai pengganti Brahim Diaz yang pulang ke Real Madrid. Sang pemain tampil menjanjikan pada laga pramusim dengan mencetak 2 assist dari 3 laga.

5. Yunus Musah

5 Pemain Serie A asal Amerika Serikat pada 2023/2024, Ada yang Baru!Yusuf Musah (twitter.com/yunusmusah8)

AC Milan selangkah lagi mendapatkan gelandang asal Amerika Serikat, Yunus Musah. Menurut laporan Fabrizio Romano, AC Milan telah mencapai kesepakatan dengan Valencia perihal nilai transfer sebesar 20 juta euro atau Rp333 miliar. Transfer ini hanya tinggal menunggu pengumuman resmi.

Hadirnya Yunus Musah bakal memberikan kedalaman skuad di lini tengah Rossoneri yang juga diisi Tijjani Reijnders dan Ruben Loftus-Cheek. Pemain 20 tahun ini cukup spesial karena merupakan seorang versatile. Dia juga bisa diposisikan sebagai gelandang serang, sayap, dan bek sayap.

Kehadiran para pemain asal Amerika Serikat menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi klub Serie A Italia. Mereka tidak hanya memberikan dampak di dalam lapangan, tetapi juga merambah pasar penonton di Negeri Paman Sam. Layak dinantikan apakah para pemain di atas akan bersinar atau flop.

Baca Juga: Jalan Berbeda Timothy Weah dan Sang Ayah di Serie A

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya