5 Pemain Resmi Tinggalkan Arsenal pada Musim Panas 2023

Arsenal sudah temukan pengganti lebih baik

Arsenal menjadi klub Inggris paling boros di bursa transfer musim panas 2023. The Gunners sejauh ini telah menghabiskan dana 232 juta euro atau Rp3,9 triliun dan masih akan terus bertambah. Hal ini tidak lepas dari ambisi Mikel Arteta untuk membawa Arsenal menjuarai English Premier League (EPL).

Dampaknya, beberapa pemain pun harus dilepas untuk memberikan ruang kosong bagi pemain anyar. Sudah ada lima pemain yang resmi dilepas manajemen klub. Siapa saja mereka? Berikut ini ulasannya.

1. Pablo Mari

5 Pemain Resmi Tinggalkan Arsenal pada Musim Panas 2023Pablo Mari (twitter.com/PabloMV5)

Pablo Mari sejatinya sudah tak tak lagi berkostum Arsenal sejak musim 2022/2023. Dia dipinjamkan ke AC Monza selama semusim. Namun, transfer ini akhirnya berstatus permanen pada musim panas 2023. Dia dilepas dengan biaya 5 juta euro atau Rp83 miliar.

Serie A pun bukan kompetisi asing bagi sang pemain. Dia sempat berkostum Udinese. Karier Pablo Mari di Emirates stadium sendiri tidak berjalan mulus. Didatangkan dari Flamengo pada musim panas 2020, dia hanya diplot sebagai bek pelapis. Pemain asal Spanyol ini hanya mencatatkan 22 laga saja selama berkostum The Gunners.

2. Auston Trusty

5 Pemain Resmi Tinggalkan Arsenal pada Musim Panas 2023Auston Trusty (twitter.com/Auston_Trusty)

Auston Trusty direkrut Arsenal dari klub Major League Soccer (MLS), Colorado Rapids. Dia ditebus dengan biaya hanya 2 juta euro atau Rp33 miliar pada Januari 2022. Kendati begitu, dia belum sekali pun tampil untuk Arsenal. Bek asal Amerika Serikat itu dipinjamkan ke Birmingham City pada musim lalu.

Dia tampil apik dengan memainkan 48 laga dengan koleksi 4 gol dan 2 assist untuk klub divisi Championship tersebut. Performa impresif ini langsung menarik minat klub EPL, Sheffield United. Arsenal setuju melepas bek 24 tahun itu dengan biaya 6 juta euro atau Rp100 miliar. Sang pemain dikontrak dengan durasi 4 tahun.

Baca Juga: Guardiola Soroti Belanja Besar Arsenal

3. Ainsley Maitland-Niles

5 Pemain Resmi Tinggalkan Arsenal pada Musim Panas 2023Ainsley Maitland-Niles (www.ol.fr)

Ainsley Maitland-Niles sempat digadang-gadang sebagai calon pemain top Arsenal di masa depan. Dia merupakan produk asli akademi klub dan dinilai memiliki potensi besar. Namun, potensi tersebut tak pernah berkembang sepenuhnya. Sang pemain akhirnya tersingkirkan dari tim utama sejak kedatangan Mikel Arteta.

Dia bahkan dipinjamkan ke AS Roma dan Southampton dalam 2 musim terakhir. Sayangnya, dia tetap gagal menemukan performa terbaiknya. Arsenal pun baru saja melepasnya ke Olympique Lyon pada musim panas 2023 dengan status free agent. Gelandang 25 tahun ini dikontrak selama 4 tahun.

4. Matt Turner

5 Pemain Resmi Tinggalkan Arsenal pada Musim Panas 2023Matt Turner (nottinghamforest.co.uk)

Arsenal hanya selangkah lagi mendatangkan David Raya dari Brentford. Kondisi ini membuat Matt Turner memilih hengkang pada musim panas 2023. Kiper asal Amerika Serikat ini menerima pinangan Nottingham Forest. Dia ditebus dengan biaya 8 juta euro133 miliar untuk kontrak berdurasi 4 tahun.

Kiper berusia 29 tahun ini sebenarnya baru bergabung dengan Arsenal pada musim panas 2022 kemarin. Dia diplot sebagai pelapis bagi Aaron Ramsdale. Sang kiper hanya memainkan 7 laga saja dengan torehan 4 clean sheet dan kebobolan 4 gol.

5. Granit Xhaka

5 Pemain Resmi Tinggalkan Arsenal pada Musim Panas 2023Granit Xhaka (instagram/granitxhaka)

Setelah sempat berkonflik dengen fans Arsenal, Granit Xhaka menampilkan performa apik sepanjang musim 2022/2023. Namun, itu juga jadi musim terakhir sang pemain berkostum The Gunners. Dia memutuskan hijrah ke Bundesliga untuk gabung Bayer Leverkusen dengan biaya 15 juta euro atau Rp250 miliar.

Posisinya sebagai gelandang bertahan kini digantikan oleh Declan Rice. Xhaka sendiri menghabiskan 7 tahun berseragam The Gunners. Dia telah memainkan 297 laga dengan koleksi 23 gol dan 29 assist. 

Kepergian lima pemain ini tampaknya tidak akan menjadi masalah besar bagi pasukan Mikel Arteta. Pasalnya, Arsenal berhasil mendatangkan deretan pemain top, seperti Declan Rice, Jurien Timber, dan David Raya. Banyak pihak kini menilai bahwa Arsenal bakal menjadi kandidat utama peraih gelar EPL 2023/2024.

Baca Juga: 3 Bintang Baru yang Bawa Arsenal Menangi Community Shield 2023

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya