Comscore Tracker

Pesta Gol di Kandang Kiev, Chelsea Lolos ke Perempat Final Liga Eropa

Giroud berhasil cetak hat-trick

Chelsea mengamankan satu tiket perempat final Liga Eropa usai menang mutlak atas tuan rumah Dynamo Kiev dengan skor 0-5. Oliver Giroud tampil tampil gemilang dengan mencetak hat-trick pada laga tersebut, sedangkan dua gol lainnya dicetak oleh Marcos Alonso dan Hudson-Odoi. Kemenangan ini membuat Chelsea unggul aggregate 8-0 dan menjadi wakli Inggris kedua yang lolos setelah Arsenal.

Berikut ulasan pertandingannya.

1. Tampil superior, Chelsea unggul tiga gol di babak pertama

Pesta Gol di Kandang Kiev, Chelsea Lolos ke Perempat Final Liga Eropatwitter.com/ChelseaFC

Meski sudah unggul 3-0 di leg pertama, tak membuat pasukan Maurizio Sarri tampil kurang menggebrak. Mereka bahkan mampu mencetak gol cepat di menit ke-5 melalui aksi Oliver Giroud memanfaatkan sepakan pojok Loftus-Cheek. Perbedaan level permainan kentara terlihat diantara dua tim, Chelsea terlalu superior bagi Kiev meski bermain di kandang.

Laga berjalan setengah jam, Giroud berhasil mencetak gol keduanya usai menerima umpan silang dari Marcos Alonso. Gol tersebut menjadi gol ke-8 pemain asal Prancis tersebut di ajang Liga Eropa. Tak cukup di situ, kini giliran Alonso yang berhasil mencetak gol di akhir babak pertama memanfaatkan umpan Hudson-Odoi. The Blues pun menutup paruh pertama dengan keunggulan 0-3.

2. Cetak hat-trick di babak kedua, Giroud puncaki top skorer Liga Eropa

Pesta Gol di Kandang Kiev, Chelsea Lolos ke Perempat Final Liga Eropatwitter.com/ChelseaFC

Paruh kedua, Chelsea tak mengendurkan serangannya sedikit pun. Laga berjalan lima belas menit, Giroud sukses cetak hat-trick melalui sundulannya usai menerima umpan Willian. Hebatnya, gol tersebut sekaligus menempatkannya sebagai top skorer Liga Eropa musim ini dengan 9 gol.

Chelsea berhasil kuasai jalannya pertandingan dengan penguasaan bola sebanyak 63 persen dengan lakukan 14 percobaan, berbanding hanya 6 usaha milik tuan rumah. Penderitaan tuan rumah semakin menjadi-jadi jelang laga usai. Kini giliran striker muda Chelsea Hudson-Odoi yang mencetak gol kelima di menit ke-78, sekaligus gol penutup di laga tersebut.

The Blues pun melenggang dengan mudah ke perempat final dengan keunggulan 8-0. Chelsea dan Arsenal menjadi wakil Inggris di perempat final Liga Eropa musim ini.

Baca Juga: Liga Eropa: Hancurkan Kiev, Satu Kaki Chelsea Tapaki Perempat Final

3. Giroud cetak tiga gol, Maurizio Sarri: Saya sangat puas!

Pesta Gol di Kandang Kiev, Chelsea Lolos ke Perempat Final Liga Eropafootball365.com

Oliver Giroud merupakan striker pilihan kedua Sarri di Liga Inggris. Ia masih kalah bersaing dar Gonzalo Higuain. Namun ketika berbicara ajang Liga Eropa, Giroud adalah pilihan utama Sarri di lini serang The Blues. Penampilannya melawan Dynamo Kiev menjadi bukti jika dirinya masih merupakan striker dengan kualitas dunia.

Performanya tersebut pun membuat dirinya mendapatkan pujian dari sang pelatih. Sarri sangat puas dengan performa yang ditunjukkan Giroud musim ini. Sembilan gol yang telah dicetaknya di Liga Eropa menempatkan dirinya sebagai top skorer sementara. Ia berhasil mengungguli Wissam Ben Yeder dan Moanes Dabour yang telah mencetak 8 gol di ajang ini.

"Itu penampilan yang sangat, sangat bagus," ucap Sarri dikutip dari situs resmi Chelsea. "Pada periode akhir setiap kali dia ada di lapangan dia bisa bermain dengan baik. Dia mencetak sembilan gol di Liga Europa. Giroud pemain sangat penting bagi kami. Saya senang untuk hattrick-nya dan sangat sangat puas," tegas Sarri.

4. Menilai persaingan di babak perempat final Liga Eropa

Pesta Gol di Kandang Kiev, Chelsea Lolos ke Perempat Final Liga Eropatwitter.com/EuropaLeague

Delapan tim sudah dipastikan lolos ke babak perempat final Liga Champions musim ini. Terdapat beberapa kejutan dengan tersingkirnya Inter Milan dan Sevilla di babak 16 besar.

Inggris kembali mendominasi dengan diwakili dua tim asal London, Arsenal dan Chelsea. Sedangkan enam tim lainnya yang berhasil lolos adalah Napoli, Villareal, Benfica, Slavia Praha, Valencia dan Eintrach Frankfurt.

Drawing sendiri bakal diadakan pada hari Jumat (15/03) di markas besar UEFA, Nyonn, Swiss. Tim-tim dari satu negara bisa saja saling berhadapan di babak perempat final ini.

Bagi Chelsea, ajang ini menjadi satu-satunya harapan mereka bisa meraih trofi di musim ini. Saat ini Chelsea sendiri tertahan di posisi ke-6 liga Inggris. Jika ingin lolos ke Liga Champions musim depan, menjuarai Liga Eropa menjadi salah satu jalan yang harus mereka tempuh.

Maurizio Sarri sendiri bisa saja berhadapan dengan mantan klubnya, Napoli di perempat final nanti.

Baca Juga: Maurizio Sarri Optimis Chelsea Mampu Tundukkan Dynamo Kiev

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

JADWAL SALAT & IMSAK

27
MEI
2019
22 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You